INDONESIATRAVEL.NEWS-Event promosi pariwisata selalu digelar berbagai daerah untuk menarik wisatawan. Tak ingin ketinggalan, Kota Sukabumi juga ikut bergerak. Gebyar Festival Nusantara & Fashion Show menjadi momentumnya.

Event ini dibesut oleh Sukabumi Creative Forum (SCF). Lokasinya di Komplek GOR Pemuda Cisaat, Sukabumi, 17-18 Maret 2018.

“Ini menjadi momentum Sukabumi untuk mempromosikan pariwisata lewat kuliner dan seni budaya. Sehingga, pariwisata Sukabumi juga ikut terangkat. Apalagi Sukabumi merupakan penyangga Ibukota Jakarta. Potensi Sukabumi sangat besar,” kata Ketua SCF Kohar Aripin.

Menjadi promosi pariwisata, sejumlah keseruan dihadirkan. Ada Festival Kuliner, Festival Fashion Show, Lomba Memasak, Jalan Santai, Seni dan Budaya. Melengkapinya ada Talk Show serta demo masak dengan menampilkan juru masak nasional, Chef Galih.

“Event ini bukan sekadar gaya-gayaan. Semua kita set menonjolkan potensi pariwisata Sukabumi. Festival Kuliner dan Fashion Show misalnya kita angkat Batik di dalamnya. Atau jalan santai, yang kita gunakan sebagai media memperkenalkan destinasi wisata Sukabumi,” terangnya.

Potensi besar pariwisata Kota Sukabumi memang tidak diragukan lagi. Destinasi alamnya juara, dengan sejuknya udara khas pegunungan. Makanya Kota Sukabumi pun menjadi salah satu destinasi favorit warga Jakarta. Ada Goa Buniayu yang eksotis dan menanti untuk ditelusuri. Kawah Ratu yang fenomenal. Serta puluhan air terjunnya yang selalu diburu wisatawan.

Menurut Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati, pariwisata saat ini merupakan program utama pemerintah. Maka dari itu seluruh lapisan masyarakat harus mendukungnya. Pariwisata pun sudah terbukti telah menjadi core ekonomi bangsa.

“Pariwisata adalah sektor yang paling menguntungkan, kenapa? Karena modal kita sudah kuat. Punya alam yang bagus dan budayanya kuat. Sukabumi punya itu semua. Event ini sangat strategis untuk mengangkat Sukabumi,” kata Reni.

Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, sependapat dengan Reni. Ia pun langsung mendukung event tersebut melalui Bidang Pemasaran Pariwisata 1.

Pitana berharap melalui event ini pariwisata Sukabumi semakin terbang tinggi lagi. Sehingga nantinya pariwisata dapat mengangkat perekonomian masyarakat.

“Kami punya kewajiban mengangkat pariwisata Indonesia. Kami ingin pariwisata Sukabumi semakin terdengar. Yang nantinya meningkatkan kunjungan wisatawan,” ujar Pitana diamini Asisten Deputi Pemasaran Regional II Sumarni.

Menurut Pitana Sukabumi sangat diuntungkan karena dekat dengan Jakarta. Sehingga akses pun semakin mudah. Apalagi amenitas Sukabumi semakin meningkat.

“Ini sebetulnya merupakan sebuah keunggulan. Aksesnya mudah, via tol Jagorawi dari Jakarta. Sekarang tinggal komitmen dari daerahnya untuk terus mengembangkan pariwisata,” kata Pitana.

Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Wawan Gunawan juga seirama. Event ini adalah momentum bagus untuk membangkitkan semangat masyarakat Sukabumi. Sehingga masyarakat sadar jika Sukabumi mempunya potensi pariwisata yang berkelas.

“Sukabumi itu satu kesatuan utuh gambaran kecantikan alam yang dibalut kekuatan budaya. Sangat potensial untuk dikembangkan. Makanya kami akan terus mendukung event-event di Sukabumi. Sehingga nama pariwisata Sukabumi akan semakin diperhitungkan,” kata Wawan Gunawan yang juga dalang Wayang Ajen tersebut.
Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengapresiasi gelaran tersebut.

Menurutnya atraksi merupakan cara efektif untuk mempromosikan destinasi pariwisata.Contoh konkritnya Banyuwangi. Banyuwangi telah bertransformasi menjadi destinasi unggulan berkat atraksinya. Disamping itu pemimpin daerahnya juga mempunyai komitmen yang kuat untuk memajukan pariwisata.

“Konsepnya selalu sama 3A. Aksesnya baik, amenitasnya baik lalu didukung dengan atraksi yang berstandar global untuk mengundang wisatawan datang. Itu semua harus didukung oleh komitmen kuat pemimpin daerahnya. Sehingga potensi pariwisata Sukabumi yang begitu luar biasa akan makin nge-hits lagi,” kata Menpar yang juga mantan Dirut Telkom itu. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here