INDONESIATRAVEL.NEWS– Suasana Ramadan di Bengkulu berjalan sangat religius dan berwarna. Sebab, aksi peduli sosial juga digelar. Selama Ramadan, Bengkulu memiliki 5 event besar. Juga 1 paket wisata Ramadan.

Bengkulu sendiri sudah menggelar kegiatan sebelum Ramadan tiba. Bumi Rafflesia melaksanakan Tarhib Ramadan 1439 H di Masjid Jamik, Bengkulu, pada Minggu (6/5), pukul 12.00 WIB.

Peserta Tarhib Ramadan 1439 H dibekali bimbingan rohani. Ustaz H Ahmad Farhan diplot sebagai pembicara. Lalu, program Ngaos (ngaji on the street) juga digulirkan. Ada juga pawai Ramadan plus aksi sosial berupa penggalangan dana bagi Ghouta.

Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana mengungkapkan, Bengkulu sangat antusias menyambut Ramadan.

“Bengkulu ini luar biasa. Mereka sangat antusias menyambut Ramadan. Seminggu sebelum Ramadan, program khusus menyambut bulan puasa sudah digulirkan. Respons publik juga sangat besar. Jumlah pesertanya banyak,” ungkap Pitana, Didampingi Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni, Minggu (27/5).

Begitu Ramadan dimulai, program sosial digulirkan. Labelnya Himatesa Sampan. Atau, satu hari mengunjungi panti asuhan. Lokasinya ada di Panti Asuhan Payung Yatim, Minggu (20/5). Program ini membuka donasi uang, pakaian, Alquran, buku, alat sholat, dan sembako. Pitana menambahkan aksi sosial tersebut lagi-lagi mendapat respons besar publik.

“Apresiasi bagi publik di Bengkulu yang selalu merespons dengan baik beragam program sosial. Mereka memiliki kepekaan dan kepedulian sosial yang tinggi ini tentu luar biasa. Ramadan di Bengkulu sudah memberikan inspirasi bagi banyak orang di wilayah lain,” lanjutnya.

Program peduli sesama terus berlanjut. Yaitu melalui bakti sosial. Tema yang dipilih ‘Bujang Gadis Peduli Sesama’. Event digelar Minggu (27/5), pukul 15.00 WIB. Lokasinya di Panti Asuhan Bumi Nusantara Kebun Beler Bengkulu. Donasi yang diberikan bisa berupa uang, pakaian, dan sembako. Untuk sembako terdiri dari beras, minyak, gula pasir, mie instant, juga susu, dan lainnya. Sedekah diserahkan pada 21-25 Mei.

“Lagi-lagi respons besar kembali ditunjukan publik. Ada beragam donasi yang sudah terkumpul dari para dermawan. Donasi-donasi ini langsung diserahkan kepada panti asuhan bersangkutan. Penyerahan donasi bisa langsung atau lewat rekening beberapa hari sebelumnya,” terang Pitana lagi.

Terlepas dari berbagai warna sosial, program Ramadan Bengkulu tetap memberi space bagi kreativitas. Salah satunya lewat Instagram Ramadan Photo Contest yang digulirkan mulai 22 Mei hingga 22 Juni 2018. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yaitu follow akun instagram @hotelsantikabengkulu. Upload foto pengalaman terbaik di Hotel Santika Bengkulu dengan #ramadhanphotocontest dan #santikabengkulu.

“Bengkulu semakin banyak warna. Ada berbagai latar belakang yang menghidupkan Ramadan dengan beragam event. Selain aksi sosial, mereka juga menyelenggarakan lomba. Bagi yang suka foto, Istagram Ramadan Photo Contest ini jadi miliki mereka. Nantinya ada 2 souvenir yang disiapkan,” terang Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni.

Kompetisi juga diberikan dalam warna lain. Yaitu Kontes Puteri Campus & Pelajar-Muslimah 2018, 2-3 Juni 2018. Kategorinya adalah SMP, SMA, dan Campus Mahasiswi. Caranya, membayar biaya registrasi Rp100 ribu, fotocopy kartu identitas, lalu mengisi formulir. Pendaftaran sekaligus penyerahan administrasi peserta dimulai 1 Mei hingga 1 Juni 2018.

Pendaftaran dapat dilakukan di Office LAMODE Bengkulu di Penurunan, Bengkulu, 081268682395. Bisa juga melalui WhatsApp di nomor 089530497351 (Sary), 089523441477 (cita), atau 085767144667 (Putri). Tahapan seleksi akan dilakukan 2 Juni, selang sehari berikutnya final kontes Puteri Campus & Pelajar. Hadiahnya menarik, ada mahkota, sash, piala, prize money, beasiswa Rp10 Juta, dan sekolah model.

“Program Puteri Campus & Pelajar-Muslimah 2018 ini sangat bagus. Menampung minat dan bakat dari generasi milenial putri Bengkulu. Siapa tahu, dari nama-nama yang terpilih akan memiliki karir bagus di tingkat nasional bahkan dunia. Tentu ini menjadi prestasi dan kebanggaan tersendiri,” ujar Sumarni.

Bukan hanya event, Bumi Rafflesia juga melengkapi bulan suci dengan paket Ramadan menarik. Hotel Grage menyediakan paket Ngedang Nasi Ibek. Program ini dibenderol Rp250 ribu untuk 6 orang. Ada juga free takjil.

Menggeliatnya Bumi Rafflesia sepanjang Ramadan pun mendapatkan perhatian Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

“Respon luar biasa ditunjukan Bengkulu sepanjang Ramadan kali ini. Mereka memilki banyak event unik yang ditawarkan kepada publik. Secara konsep program-program Ramadan di Bengkulu ini sangat menginspirasi. Aksi sosial hingga beragam perlombaan yang membawa manfaat besar,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here