www.INDONESIATRAVEL.NEWS– Festival Pesona Bahari Raja Ampat (PBRA) akan meluncur 18-21 Oktober 2018, di Waisai. Selain menikmati serunya festival, tidak ada salahnya berkunjung ke sejumlah destinasi di Raja Ampat. Pilihannya banyak. Dan pastinya keren-keren.

Deretan destinasi yang bisa dinikmati di Raja Ampat antara lain Pulau Wayag, Kepulauan Pianemo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Kri. Pulau-pulau ini adalah destinasi impian para wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Tahun 2016 lulu, mungkin tujuan utama adalah Piaynemo dan Arborek. Sekarang trennya bergeser lebih jauh sedikit ke Misool Salawati, Kri dan Wayag,” kata Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi N Lamatenggo, Rabu (10/10).

Yusdi menjelaskan, meski keempat destinasi tersebut jaraknya lebih jauh, namun banyak wisatawan yang ingin mencoba ke sana.

“Karena yang dekat sudah mainstream kali ya. Sama atraksi-atraksi wisata di yang jauh kan mulai banyak. Selain itu aksesnya juga semakin terbuka” tuturnya.

Pulau Wayag merupakan pulau spesial pertama milik Kabupaten Raja Ampat. Pulau ini dianggap sebagai surganya dunia. Dari sini, kita bisa melihat gugusan pulau yang berjajar berwarna hijau dengan warna laut yang biru bersih.

“Benar-benar indah. Bahkan karena keindahannya, Pulau Wayag dijadikan ikon wisata Raja Ampat,” ungkap Yusdi.

Pulau Wayag juga memiliki pesona keindahan bawah laut yang indah. Bahkan dinobatkan sebagai salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di Indonesia.

“Di sini wisatawan dapat melihat gugusan karang dan ratusan jenis ikan laut. Keindahannya tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata,” ujarnya.

Bagi wisatawan yang ingin menginap di sini, tak perlu khawatir. Sebab terdapat beberapa resort dan tempat menginap yang bisa disewa.

Sedangkan untuk Kepulauan Pianemo, banyak yang mengatakan miniaturnya Pulau Wayag. Karena, pemandangan di pulau ini memang sangat mirip dengan Pulau Wayag.

“Tapi bedanya di sini wisatawan harus berjuang naik ke pulau kecil untuk bisa melihat keindahan kepulauan ini,” ungkapnya.

Pulau yang berada di Distrik Waigeo Barat ini sudah bisa diakses saat pagi tiba. Sudah ada banyak speedboat di Waisai pukul 06.00 WIT.

“Menuju Kepulauan Pianemo tidak butuh waktu lama. Di sini kita bisa melihat gugusan pulau berwana hijau di atas birunya air laut,” tambahnya.

Sementara Pulau Misool termasuk daerah segitiga karang dunia. Jadi tak heran jika di sini banyak ditemui ikan-ikan yang begitu cantik. Banyak wisatawan yang memburu pemandangan dasar laut.

“Apalagi Misool bagian selatan terdapat laut lepas yang memiliki fauna laut yang banyak. Seperti lumba-lumba, paus dan pari manta,” sebutnya.

Tempat-tempat yang tak boleh terlewat di Misool adalah Puncak Harfat yang terkenal dengan pemandangan yang sangat indah. Tak jauh dari Puncak Harfat juga terdapat tempat yang cukup indah namanya Puncak Love.

“Di sini wisatawan juga bisa berwisata sejarah. Yaitu dinding batu karang yang terdapat cap tangan yang diperkirakan berusia 50 ribu tahun. Jejak ini memiliki rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia di Nusantara,” paparnya.

Pulau Salawati merupakan pulau terbesar di Kabupaten Raja Ampat. Dengan pasir berwarna putih, pulau ini banyak diminati oleh wisatawan. Apalagi di sini adalah tempatnya ikan pelangi yang jarang ada di dunia.

Selain itu, masyarakatnya juga memiliki adat istiadat yang kental. Tarian Wor adalah salah satu tarian yang selalu menjadi salah satu tarian penyambut para wisatawan yang datang ke sini.

“Wisatawan akan betah dengan masyarakat yang ramah selama di tempat wisata Raja Ampat ini,” tambahnya.

Jika ditanya tempat menyelam paling sempurna di Raja Ampat, maka jawabannya adalah Pulau Kri. Di sini wisatawan dapat menemukan 374 spesies ikan dalam satu penyelaman saja.

Di sini ada banyak barakuda, jacks, batfish dan kakap yang hidup berdampingan dengan ikan kecil karang kecil, hiu, ikan kerapu, hingga kura-kura.

“Arusnya tidak begitu kuat dan karangnya sangat indah. Di pulau ini juga terdapat beberapa resort. Salah satunya adalah Kri Eco Resort Raja Ampat,” pungkasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2018 akan memberikan petualangan yang spektakuler. Anda akan melihat keindahan yang menakjubkan dari Kepulauan Raja Ampat.

“Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar tak terlupakan di festival ini. Ayo berwisata ke Raja Ampat,” ujar Menpar Arief Yahya.

Untuk sampai ke Raja Ampat Anda harus terlebih dahulu mengambil penerbangan dari Jakarta atau Makassar ke Sorong. Ada pesawat kecil untuk membawa Anda ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Atau Anda bisa naik kapal feri dari pelabuhan Sorong ke pulau-pulau. Lokasinya bisa ditempuh dalam waktu 3 jam jika naik speedboat dari Kota Sorong.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here