INDONESIATRAVEL.NEWS– Berkunjung ke Sragen memang tak afdol rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas-nya. Karena, kota kecil di Jawa Tengah ini ternyata menyimpan potensi wisata kuliner yang kaya. Serta siap mewarnai #PesonaMudik2018.

Jadi jangan remehkan Sragen, kalau makanannya sudah keluar, pasti bikin lidah bergoyang. Karena rasanya yang mantap dan khas. Beberapa diantaranya mungkin kuliner yang lumrah ada di mana-mana seperti sate dan bakso. Namun tetap saja, karena Anda berada di Bumi Sukawati, momennya jadi berbeda. Ada juga kuliner khas yang hanya bisa Anda temukan di sini.

“Sragen memang pas banget jika disandingkan dengan #PesonaKulinerLebaran2018. Anda bisa berwisata kuliner untuk memuaskan lidah. Buang rasa lapar dan sambutlah cita rasa mantap di lokasi yang tepat,” kata Menpar Arief Yahya, Sabtu (2/6).

Berikut adalah #Top10KulinerLebaran di Sragen yang siap memanjakan lidah Anda sekeluarga.

1. Soto Girin Sragen

Kuliner pertama adalah “Soto Girin Sragen”. Jika anda bersama keluarga atau teman-teman main ke Sragen, jangan lupa mampir ke sini. Sotonya sangat nikmat dan sangat memanjakan lidah. Soto ini sangat populer di Kota Sragen. Soto legendaris di Sragen ini berlokasi di di Jalan Brigjen Katamso, Sragen Kulon.

2. Rumah Makan Bu Djar

Rumah makan ini menyajikan menu khas masakan jawa. Rumah Makan Bu Djar belum terlalu lama buka. Baru sekitar 3 tahun. Tapi cita rasanya sangat recommended. Khususnya buat pecinta masakan Jawa. Selain masakan Jawa pada umumnya, makanan khas Sragen juga disediakan di sini. Rumah Makan Bu Djar berlokasi di Jl Raya Sukowati No. 470 Sragen.

3. Tengkleng & Sate Kambing Mas Mitro

Salah satu tempat kuliner yang punya reputasi di Kota Sragen adalah Tengkleng dan Sate Kambing Mas Mitro. Di tempat ini, hidangan yang banyak dicari pengunjung adalah tengkleng. Rasanya sangat menggoda. Apalagi daging kambing muda yang digunakan adalah pilihan. Tengkleng di sini benar-benar primadona di Sragen. Kedai ini berada di daerah Beloran. Tepatnya di Jl. Raya Sukowati 117.

4. Bothok Mercon Pembawa Berkah

Ingin mencoba kuliner yang pedas dan terasa panas di lidah. Pilih saja “Bothok Mercon Pembawa Berkah”. Bothok ini terasa enak saat disantap. Tapi, juga tingkat kepedasannya sangat luar biasa. Meski demikian, warung bothok yang ada di Sragen ini tidak pernah sepi dari pelanggan.

Setiap hari tempat ini selalu ramai pengunjung. Banyak orang penasaran untuk mencoba bothok mercon ini. Jangan mengaku suka pedas kalo belum pernah nyobain makan yang berlokasi di Jl. Raya Sukowati 255 Sragen.

5. Trancam Mbah Pin

Trancam Mbah Pin terkenal dengan kelezatan bumbu sambal trancam dan kesegaran sayurannya. Trancam Mbah Pin menyajikan lauknya yang serba bakar. Menunya bisa menarik para pecinta kuliner yang memperhatikan kesehatan. Warung dengan konsep lesehan ini buka setelah maghrib hingga pukul 21.00 WIB.

6. Jajanan Khas Sragen, Mbah Rajak

Mbah Rajak menjual aneka macam makanan tradisional. Antara lain Jenang, trasikan, wajik, jadah, dan aneka lauk pauk. Masakan Mbah Rajak juga bisa menjadi alternatif jika di rumah sedang tidak ingin ribet dengan kegiatan memasak. Buat yang ingin mencoba masakan Mbah Rajak, silahkan datang ke rumahnya di Jl. Kampar No. 7, RT 03 RW XI Cantel Wetan, Sragen Tengah, atau di pasar Bunder pintu sebelah utara.

7. Bakso Rusuk Palur

Bagi anda yang suka bakso yang ditambah rusuk , mampir ke sini. Kuliner yang satu ini menyajikan bakso rusuk yang sangat enak. Sangat direkomendasikan buat para penggila bakso. Ada beberapa pilihan menu seperti bakso biasa (polos), bakso rusuk ( iga sapi ) dan bakso tetelan. Pilih saja sesuai dengan seleramu. Harganya murah sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Silahkan datang ke Jl Sukowati, Sine, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen

8. Sate Kambing Widi

Sragen juga mempunyai kuliner andalan yaitu kuliner Sate Kambing Widi. Kuliner ini sangat populer dan sangat digemari oleh warga Sragen. Rasa sate kambingnya yang sangat enak. Dagingnya juga sangat empuk. Perpaduan tersebut menjadikan sate Widi andalan di Sragen. Sate Kambing Widi berlokasi di Dukuh Kajen, Desa Celep, Kedawung, Sragen. Bagi pecinta sate, silahkan datang, dijamin kalian akan ketagihan.

9. Sate Kelinci Pak Peng

Sate yang menggoda sekali. Warung Pak Peng menghidangkan daging kelinci yang disate. Warung ini memiliki bumbu spesial sehingga rasa satenya jadi istimewa. Jika datang ke sini, kalian harus membawa kesabaran. Karena biasanya antriannya panjang. Apalagi di jam makan siang. Anda yang suka sate kelinci, buruan datang. Dijamin satenya sangat enak sekali. Sate ini berlokasi di jalan Solo-Ngawi, Ngrampal, Sragen.

10. Pecel Tumpang

Inilah makanan khas dan paling dicari di Sragen. Pecel Tumpang sangat di gemari disini. Bumbu pecelnya legit dan pedas. Rasanya nendang banget di lidah. Jika anda penggemar pecel, silahkan datang ke Sragen dan cicipilah pecel tumpang di sini yang berlokasi di Kuwungsari, Kabupaten Sragen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here