INDONESIATRAVEL.NEWS– Tak hanya objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, Purbalingga juga punya sejumlah kuliner yang sudah melegenda. Yang pasti tak boleh dilewatkan saat #PesonaMudik2018.

“Purbalingga memang kaya. Kaya akan nature yang indah, serta kaya akan kuliner. Banyak kuliner yang patut dicoba jika mampir ke Purbalingga. Sayang sekali jika terlewatkan,” papar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Minggu (3/6).

#PesonaKulinerLebaran2018 di Purbalingga memang luar biasa. Banyak ragam dan bisa menjadi pilihan. Berikut #Top10KulinerLebaran2018 yang bisa ditemui di Purbalingga.

1. Gulai Melung Bu Hadi

Purbalingga punya satu olahan daging kambing yang sudah terkenal ke pelosok kota. Namanya Gulai Melung. Bagi kamu penggermar olahan daging kambing, kamu harus coba gulai yang satu ini. Warung Gulai yang dirintis oleh Ibu Mariyanti atau dikenal dengan nama Bu Hadi berdiri sejak tahun 2007.

Berbeda dengan gulai ditempat lain, Gulai Melung Bu Hadi memiliki cita rasa yang khas. Dagingnya yang empuk dan sajikan terpisah dengan kuah yang kaya rempah. Warung yang berlokasi di dusun Melung Desa Larangan Kec. Pengadegan ini buka mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Walaupun jauh dari pusat kota, jangan salah! Pengunjung di Warung Gulai Melung selalu ramai.

2. Es Durian Pak Kasdi

Berlokasi di sebelah timur alun-alun Purbalingga, sekitar 1 km. Bagi kalian pecinta durian wajib banget mampir geng, cobain seger dan legitnya es durian Pak Kasdi yang sudah berdiri sejak 1969.

Harganya sangat terjangkau, cuma Rp 16. 000. Dengan uang segitu kalian bisa menikmati semangkuk penuh daging durian yang tebal dan legit disiram dengan gula merah cair, santan segar. Ditambah dengan serutan es batu yang menggunung, pplus lelehan susu kental manis dan satu sendok coklat panas.

3. Soto Bu Hj. Misdar

Jika ke Purbalingga, Anda tidak perlu khawatir kelaparan. Kulinernya bakal manjain perut Anda. Salah satunya Soto Misdar. Terletak di Jl Letnan Ahmadi, tepatnya di depan Kantor Pengadilan Negeri, dekat perempatan Bancar, Kota Purbalingga. Soto ini paling hits di sana.

Tidak perlu bingung nyari warung yang satu ini, karena terpampang spanduk besar di depannya. Di spanduk tersebut terdapat tulisan “Asli, Puas, Nikmat, Mantap”, wah makin yakin kan buat mengisi perut kalian di tempat ini? Sebagai ciri khas soto di Sokaraja, Purwokerto dan Purbalingga, soto Bu Hj. Misdar juga menggunakan bumbu kacang yang ditumbuk kasar dan kecap sebagai pelengkap kuahnya.

4. Sate Blater

Sesuai dengan namanya, warung sate ini terletak di Desa Blater, Kecamatan Kalimanah. Nah, Anda harus coba juga makanan khas Purbalingga yang satu ini geng. Ah, palingan sama aja kayak sate ayam pada umumnya. Eits, jangan salah. Sate ini beda sama sate madura atau sate ayam lainnya.

Bedanya pada cara memasaknya. Umunya sate dibakar saat daging masih mentah, tapi kalau satu Blater sebelum dibakar harus direndam dalam racikan bumbu rahasia khas orang-orang Desa Blater. Nggak Cuma sebelum dibakar aja, pas dibakar juga berkali-kali dilumuri bumbu tersebut sehingga gurihnya meresap hingga ke dalam.

5. Melung Bu Hadi

Gulai Melung Bu Hadi yang terletak di Dukuh Melung, Desa Larangan, Kecamatan Pengadegan, Purbalingga. Gulai ini merupakan gulai daging kambing. Selain dagingnya, ada juga balungan, jeroan, sumsum, babat, dengkil (kaki kambing), dan kepala kambing. Ketupat, daging, dan kuah disajikan secara terpisah di mangkuk.

Dengan penyajian yang demikian, kalian bisa pilih nih geng, mau makan gulai kering, setengah basah/nyemek, atau bisa juga full kuah. Begitu mencium kuahnya, aroma bumbu khas, daun salam, bawang, sereh, dan kecombrang akan menusuk hidung.

6. Nasi Goreng Flamboyan

Jika malam hari kamu melewati Jalan Jend. Soedirman dari arah alun-alun ke Tugu Bancar, kamu akan menemukan warung dengan kerumuman warga yang antri sembari melihat koki memasak dengan api yang menyala-nyala. Kira-kira apa ya? Yap benar sekali, Nasi Goreng Flamboyan. Warung Nasi Goreng yang terkenal dengan julukan “porsi kuli, harga kaki lima, rasa bintang lima” adalah salah satu kuliner Purbalingga yang sudah meleganda dan terkenal dimana-mana.

Di sini Anda bisa menikmati berbagai varian menu seperti nasi goreng flamboyan, nasi goreng balado, nasi goreng ayam mentega, nasi goreng ayam bakar karamel, mie goreng rendang ayam, nasi goreng ayam rica-rica, flamboyan pasta, capcay, mie kuah dan berbagai olahan lainnya. Dengan bumbu khususnya, Nasi Goreng Flamboyan akan menggoyang lidah kamu, dan porsi yang luar biasa banyak akan membuat mu kenyang luar biasa.

7. Sate Yani

Kuliner sate memang sudah menjamur dimana-mana, bahkan disetiap sudut kota di Pulau jawa memiliki warung sate dengan ciri khas masing-masing. Di Purbalingga ada warung sate yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Warung sate ini bernama Sate Yani. Sate Yani berlokasi di Desa Bojong, Kec. Mrebet, kab. Purbalingga, lokasi warung Sate Yani berada di pinggir jalan Desa Bojong.

Walaupun jauh dari pusat kota, tapi kelezatan Sate Yani selalu mengundang penasaran penikmat kuliner. Sate Yani selalu menggunakan kambing muda yang berumur kurang dari 3 bulan yang diolah dengan bumbu khusus dan disajikan di atas hot plate.

8. Soto So Purbalingga

Kawasan Banyumas memang memiliki banyak sekali varian soto yang lezat dengan ciri khas bumbu kacang yang gurih, salah satunya ada di Purbalingga. Soto So adalah satu varian soto yang terkenal di Purbalingga. Pelanggannya pun tak hanya dari Purbalingga, tapi dari luar kota juga ada yang menggunjungi warung soto yang satu ini.

So dalam bahasa jawa atau bahasa banyumasan berarti daun mlinjo. Soto So memang menggunakan daun mlinjo sebagai sajian khasnya. Daun mlinjo yang masih muda direbus dengan kuah soto akan memberikan kesegaran dan aroma khas yang tiada duanya.

Isi dari Soto So berupa ketupat, kerupuk, kecambah, soun, muncang, dan tentu saja daging ayam atau sapi dimana pelanggan bisa memilihnya sesuai selera. Ketika disajikan, pelanggan akan mendapati satu mangkuk daun so yang telah direbus tadi, tentunya rasa Soto So ini tak diragukan lagi. Soto So berlokasi di RT 02/03. Kec. Bojong, Kab. Purbalingga sekitar 200 meter dibelakang kantor kelurahan Bojong.

9. Ayam Goreng Mbok Sarun

Purbalingga juga punya satu kuliner ayam yang sudah melegenda, bahkan memiliki beberapa cabang di kota lain seperti Purwokerto, Solo, dan Tegal. Kuliner ini bernama Ayam Goreng Mbok Sarun. Ayam Goreng Mbok Sarun Berlokasi di Bobotsari, tepatnya di Jalan Menur B1/C33 Desa Majapura, Bobotsari.

Ayam Goreng Mbok Sarun memiliki ciri khas daging yang sangat empuk dan tulang yang lunak. Ayam disini dimasak dengan cara diungkep dan menggunakan ayam kampung yang dimasak dengan bumbu khusus. Kremesnya pun sangat renyah, menambah kelezatan daging ayam yang begitu empuk dan tulang yang lunak.

Namun, guna mendukung selera pelanggan disini kamu bisa memesan menu yang menggunakan ayam kampung atau ayam potong. Warung Ayam yang didirikan sejak 1961 ini memang memiliki rasa yang begitu melegenda.

10. Caramello Cafe

Berada di Jalan MT Haryono care ini menjadi destinasi wajib bagi Millenial di Purbalingga. Tempat enak, makanannya enak. Terlebih zupa dan sama spaghetti. Yang paling penting bagi millennial adalah tersedia wifi untuk keperluan medsos. Dan ada pula layar besar untuk komunitas yang mau kumpul bareng.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here