www.INDONESIATRAVEL.NEWS, GARUT – Terinspirasi Kementerian Pariwisata, Kabupaten Garut meluncurkan program 10 Destinasi Prioritas. Isinya, terdiri dari destinasi paling potensial milik kota berjuluk Swiss van Java. Garut juga mengembangkan pembangunan segitiga Destinasi Unggulan.

10 Destinasi Prioritas Garut, adalah hasil sinergi Pemkab Garut, Pemprov Jawa Barat, juga Kemenpar. Muaranya adalah optimalisasi destinasi hingga efektif menarik kunjungan wisatawan.

Kepala Disparbud Garut Budi Gan Gan mengungkapkan, 10 Destinasi Terbaik versi Garut jadi formula ideal.

“Kami mencanangkan program 10 Destinasi Prioritas wisata. Istilahnya top ten. Nantinya pembangunan di 10 Destinasi Prioritas akan diprioritaskan. Destinasi-destinasi ini akan dikembangkan. Dengan begitu, kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara makin optimal,” ungkap Budi, Senin (21/1).

10 Destinasi Prioritas tersebut lebih banyak bernuansa alam. Diantaranya Objek Wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi. Kawasan memiliki paket lengkap mulai dari danau hingga pegunungan. Kawasan ini sebelumnya mendapat support penataan kawasan dari Jokowi. Situ Bagendit akan didorong menjadi destinasi dengan kelas dunia.

“Potensi Garut sangat besar. Jumlah destinasinya sangat banyak. Penetapan 10 Destinasi Prioritas akan membantu Garut memudahkan pengembangan pariwisatanya. Arahnya akan semakin jelas. Prioritasnya bisa diarahkan ke sana,” kata Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa.

10 Destinasi Prioritas Garut lainnya adalah Situ Cangkuang di Leles, Talaga Bodas di Pangatikan, Pemandian Air Panas Darajat masuk wilayah Pasirwangi, Pantai Sayangheulang (Pameungpeuk), Pantai Rancabuaya (Caringin), dan Karang Paranje.

“Destinasi yang masuk dalam prioritas Garut memang luar biasa. Alamnya sangat eksotis,” terang Rizki.

Destinasi lain yang masuk prioritas, yaitu destinasi Kawah Wisata Kawasan Kamojang, di Kecamatan Samarang. Area ini terkenal indah dan unik. Ada beberapa kawah yang bisa dinikmati, seperti Kawah Manuk, Kawah Kereta Api, juga Kawah Hujan. Pemanfaatan lainnya adalah geothermal PLN Kamojang. Deretan 10 Destinasi Prioritas Garut pun dilengkapi Kebun Binatang Cikembulan.

Di Kecamatan Kedungora, koleksi Kebun Binatang Cikembulan cukup banyak. Terdapat sekitar 159 satwa dari 40 jenis spesies. Beberapa koleksinya seperti kanguru, rusa, burung, kijang, beruang, ular buaya, hingga macan tutul dan harimau Sumatera.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung mengatakan, kebijakan terbaik telah dilakukan Garut.

“Garut akan mengalami lonjakan kunjungan wisatawan yang optimal. Aksesibilitas menuju ke sana telah dibuka besar-besaran. Mereka harus menyiapkan atraksinya secara maksimal. Penetapan 10 Destinasi Prioritas ini sangat ideal. Mereka bisa optimalkan destinasi dengan pertumbuhan pasar besar,” terang Adella.

Selain 10 Destinasi Prioritas, Garut juga merilis 3 program khusus destinasi. Ketiganya adalah Cipanas Garut, Gunung Papandayan, dan Pantai Santolo. Ketiga destinasi ini juga mendapat respons besar melalui kunjungan wisatawannya.

“Potensi alam yang dimiliki Garut sebanding dengan kunjungan wisatawannya. Penetapan destinasi prioritas ini bagus untuk pengembangan. Meski demikian, Garut tidak melepaskan potensi destinai lain di luar 10 prioritas tersebut. Mereka tetap harus memberikan porsi cukup untuk pengembangannya,” kata Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Kemenpar Wawan Gunawan.

Pergerakan wisatawan di Garut memang cukup menjanjikan. Sepanjang 2016 silam, pergerakan arus kunjungan wistawan 676.841 orang. Rinciannya, ada 4.983 wisman dan 671.858 wisnus. Mereta pun tersebar merata menikmati berbagai destinasi Garut.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberi apresiasi atas penyusunan Destinasi Prioritas versi Garut.

“Garut bisa menjadi situs besar pariwisata. Potensi alamnya luat biasa. Bukan hanya itu, Garut juga kaya dengan budaya. Perhatian besar juga diberikan oleh Presiden Jokowi dengan membuka akssibilitas luas menuju Garut. Hal ini tentu akan menjadi kombinasi terbaik dalam mengoptimalkan arus wisatawan. Dan, amenitas Garut juga sangat bagus,” tutup Menpar. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here