www.INDONESIATRAVEL.NEWS, BATAM – Perayaan Tahun Baru China atau Imlek 2570, semakin dekat. Buat kalian yang ingin mencari keseruan, silahkan datang ke Komplek Bumi Indah Nagoya, Batam, Kepulauan Riau. Sebab Chinese New Year Eve Celebration 2019 akan dirilis Senin (4/2). Ada beragam parade budaya hingga kuliner khas Imlek yang akan disajikan.

Kemeriahan sudah disiapkan untuk menyambut Tahun Babi Tanah. Menurut kepercayaan warga Tionghoa, ada banyak keberuntungan pada Tahun Babi Tanah ini. Apalagi, Shio Babi memiliki karakter optimistis dan mengalir menikmati hidup.

Tahun Babi juga identik dengan traveling. Bagaimana untuk tanah? Tanah memiliki makna positif. Unsur ini menyerap air dan memberikan kesuburan. Artinya, ada peluang baru, karier, dan romansa. Mengukur karakternya, Kota Batam pun memenuhi semua prasyarat destinasi yang dimaksud Tahun Babi Tanah ini.

“Kemeriahan sudah disiapkan Kota Batam untuk menyambut Imlek. Silahkan bergabung di Batam dan saling berbagi inspirasi. Pasti terasa sangat spesial bila melewatkan momen penting secara bersama-sama. Semoga semua dilimpahi keberutungan,” ungkap Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa, Selasa (22/1).

Chinese New Year Eve Celebration merupakan program reguler Kota Batam. Kemeriahan ini akan diawali dengan suguhan hidangan makan malam bersama. Event ini akan menyajikan beragam kuliner khas Batam dan Imlek. Yup, Batam memang identik dengan kekayaan kulinernya, seperti Mie Sagu, Mie Tarempa, Gonggong, Luti Gendang, Bingka Bakar, hingga Bilis Molen.

Untuk kuliner khas Imlek, biasanya disajikan Ikan, Yu Sheng, Pangsit, Telur Teh, dan Lumpia. Ada juga Kue Keranjang dengan bahan baku beras ketan, Kue Beras, Mie, Jai (Capcay), dan Tangerine (Jeruk). Untuk menyempurnakan tradisi, Kwaci biasanya disajikan dan Manisan Segi 8.

Rizki Handayani yang biasa disapa Kiki menambahkan, ada filosofi dari kuliner yang disajikan saat Imlek.

“Batam dan Imlek menjadi jaminan kuliner terbaik. Imlek ini memberikan banyak pengetahuan baru. Sebab, segala sesuatu yang disajikan punya filosofi. Hal ini tentu bagus sebagai salah satu acuan hidup. Dijamin pengunjung akan puas,” lanjut Kiki lagi.

Selain kuliner, Chinese New Year Eve Celebration akan mengajak pengunjung melakukan countdown. Ada banyak hiburan yang sudah disiapkan, seperti live music yang menampilkan artis Mandarin juga pertunjukan Barongsai. Biasanya, aksi Barongsai paling ditunggu. Selain menghibur, Barongsai juga diyakini sebagai media untuk menetralisir energi negatif.

Warna warni Imlek di Batam dikuatkan pertunjukan kebudayaan Tionghoa. Ada banyak tradisi unik yang kerap dilakukan saat Imlek, seperti membagikan Angpao. Pesta Kembang Api jadi penyempurna Chinese New Year Eve Celebration.

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengatakan, paket atraksi Imlek terbaik Batam menjadi magnet penarik kunjungan wisatawan.

“Chinese New Year Eve Celebration program Imlek terbaik yang ditawarkan Batam. Ada banyak sekali kemeriahan yang bisa dinikmati pengunjung. Menggabungkan berabagi unsur, Chinese New Year Eve Celebration menjadi daya tarik ideal untuk menarik kunjungan wisman,” kata Dessy.

Menawarkan Chinese New Year Eve Celebration, Kota Batam membidik target 300 wisatawan. Target efektif pun diarahkan ke Singapura dan Malaysia. Sebab, secara geografis kedua negara ini sangat dekat dari Batam. Aksesibilitasnya mudah baik melalui laut maupun udara. Chinese New Year Eve Celebration ini pun ideal sebagai katalis untuk menaikan jumlah kunjungan wisman di Batam.

“Batam ini destinasi favorit wisatawan Singapura dan Malaysia. Batam juga donatur besar wisman bagi Kepulauan Riau. Pergerakannya selalu bagus. Program Chinese New Year Eve Celebration ini menjadi trigger guna menaikan arus kunjungan wisman,” terang Kabid Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Diana Tikupasang.

Kota Batam memang menjadi gerbang besar wisman menuju Kepulauan Riau. Batam jadi penyuplai 1,65 Juta wisman direntang Januari-November 2018. Jumlah memiliki slot besar 71,42% dari total 2,3 Juta arus kunjungan wisman. Dominasi diperlihatkan wisatawan Singapura dengan 1,12 Juta wisatawan. Jumlah ini memiliki porsi 48,44% dari total semua. Malaysia ada di grid ke-2 dengan 273,37 Ribu orang.

“Temukan experience terbaik Batam melalui Chinese New Year Eve Celebration. Ada banyak kehangatan di sana. Suasananya sangat family dan menghibur. Jadi, mulai atur perjalanan Anda menuju Batam agar bisa berbagi kegembiraan di Chinese New Year Eve Celebration. Enjoy Batam, Gong Xi Fa Cai,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here