JAKARTA – Tiada yang bisa menampik keindahan Indonesia. Berbagai media dan situs wisata dunia tak pernah bosan mengulas keindahannya. Terbaru situs penyedia panduan berwisata, Rough Guides, memasukkan Indonesia di deretan 20 negara yang terindah di dunia, Senin (4/1).

Berada di peringkat Ke 6 dunia, Indonesia bahkan unggul dari berbagai negara besar dunia. Sebut saja Inggris, Islandia, AS, Slovenia, Meksiko, India, Finlandia, hingga Switzerland berada di bawah Indonesia.

“Bangga! Ini bukan merupakan pencapaian, tetapi sebuah penegasan betapa kayanya pariwisata Indonesia. Dan ini sudah diakui dunia. Sekaligus merupakan modal besar bagi pariwisata Indonesia,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (4/4).

Menurut Menpar, masuknya Indonesia ke dalam deretan negara terindah dunia akan meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia secara signifikan. Hal ini membuat seluruh stakeholder semakin solid dan percaya diri. Selain itu, hal ini membuktikan jika nama Indonesia semakin diperhitung dikancah pariwisata dunia.

Apalagi daftar tersebut dikeluarkan oleh lembaga yang kredible di bidang pariwisata. Voting ini dilakukan Rough Guides untuk membantu wisatawan memilih tempat untuk berlibur. Rough Guides sendiri merupakan media yang berpusat di London, Inggris dan telah berdiri sejak 1982. Selain itu, daftar ini dibuat berdasarkan voting atau pemilihan suara warganet dari seluruh dunia.

“Jadi artinya publiklah yang mengakui jika pariwisata Indonesia merupakan salah satu yang terbaik. Indonesia terpilih di urutan keenam karena keindahan Indonesia yang membuat para wisatawan terkesan,” imbuh Menpar Arief.

Rasa bangga juga diungkapkan Ketua Harian Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Nasional Siti Chotijah. Menurutnya, pencapaian ini menjadi cambuk untuk GenPI semakin giat lagi mempromosikan pariwisata Indonesia. Karena modal pariwisata Indonesia sudah sangat kuat.

“Bagi kami, ini semakin meningkatkan level 3C kami, yaitu confidence (kepercayaan diri), credibility (kredibilitas), dan calibration. Membuat kami makin pede dalam mempromosikan pariwisata Indonesia,” ucap wanita yang akrab disapa Mbak Jhe itu.

Jhe menambahkan, pariwisata Indonesia merupakan paket lengkap bagi wisatawan. Keindahan alamnya bersanding manis dengan kekayaan budayanya. Belum lagi kekayaan kulinernya yang juga tersoroh di penjuru dunia.

Apalagi soal wisata bahari, Indonesia adalah juaranya. Garis pantai Indonesia itu terpanjang ke dua setelah Kanada. Belum lagi dua per tiga terumbu karang terbaik dunia ada di Indonesia.

“Indonesia menjadi rumah bagi 17.508 pulau yang menakjubkan. Kekayaan budayanya ditegaskan dengan lebih dari 500 bahasa berbeda yang digunakan di Indonesia. Selain itu, daya tarik lain adalah keanekaragaman flora dan fauna yang ada,” ungkap Jhe.

Boleh dibilang, keindahan wisata yang paling menonjol di Indonesia adalah Pulau Bali dan Pulau Lombok. Kedua pulau ini dikenal karena kuil-kuilnya yang indah dan sarana berselancar berkelas internasional.

Kalimantan pun tak kalah menariknya. Pulau ini terkenal dengan orangutan yang merupakan salah satu satwa dilindungi. Belum lagi keberadaan Komodo yang hanya ada di Indonesia. Hewan prasejarah ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

“Modal kita sudah sangat kuat. Sebagai serdadu digital, kami akan semakin yang militan melakukan penetrasi pasar dan mempromosikan Indonesia. Sehingga pariwisata menjadi sumber devisa terbesar di Indonesia,” ucap Jhe.

Berikut 20 negara yang masuk dalam kategori negara paling indah di dunia versi Rough Guides:
1. Skotlandia
2. Kanada
3. Selandia Baru
4. Italia
5. Afrika Selatan
6. Indonesia
7. Inggris
8. Islandia
9. Amerika Serikat (AS)
10. Wales
11. Slovenia
12. Meksiko
13. India
14. Finlandia
15. Switzerland
16. Peru
17. Norwegia
18. Irlandia
19. Kroasia
20. Vietnam

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here