BANJARMASIN – Pasar Wadai bakal lebih meriah dengan hadirnya Fida D Academy. Penyanyi hasil ajang pencarian bakat tersebut akan membawakan beberapa lagu untuk menghibur para pengunjung. Saksikan langsung penampilannya di lapangan Taman Kamboja Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (18/5) nanti.

Fida akan hadir menyapa pengunjung Pasar Wadai selepas sholat tarawih. Event tersebut juga didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kehadirannya pada acara tersebut menguatkan ekspektasi masyarakat bahwa Pasar Wadai benar-benar menjadi fenomena Ramadhan di Banjarmasin. Ini acara tahunan yang selalu ditunggu masyarakat setempat.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telang mendukung acara di Pesona Ramadan ini. Terutama Kementerian Pariwisata. Setelah ibadah shalat tarawih silahkan hadir ke Pasar Wadai ya. Ini udah jadi atraksi yang menarik untuk wisatawan. Silahkan datang ya,”ajak Difa kepada wartawan.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung mengatakan, Wadai berarti Kue. Sesuai namanya, Pasar Wadai banyak menawarkan beragam jajanan buka puasa. Ada lebih dari 40 jenis kue khas Banjarmasin yang dijajakan.

“Tak hanya menawarkan jajanan buka puasa atau beragam kue favorit, Pasar Wadai juga menyajikan hiburan bagi pengunjung. Ada 4 konten besar yang dihadirkan panitia. Yaitu Ngabuburit, Bakunjangan, Jumat Berbagi, dan Weekend Ceria,” ujarnya, Rabu (15/5).

Ngabuburit berisi acara musik religi dan band lokal. Ada Parade Seni Budaya, Fashion Show, dan Kultum menjelang berbuka. Sedangkan Bakunjangan merupakan stand kue. Di sinilah puluhan kue khas Banjar dijajakan. Ada pula stand promo produk, warung kopi, hingga UMKM. Total ada 150 stand yang disiapkan di acara ini. Jumlah itu masih ditambah sekitar 100 lapak pedagang kaki lima.

Untuk konten Jumat Berbagi, ini adalah aktivitas makan bersama anak yakin. Dengan kata lain, pengunjung juga beramal di sana. Sementara pada konten Weekend Ceria, pengunjung bisa berbagi pengetahuan melalui Cooking Class bersama Chef Agus Sasirangan. Digelar juga Lomba Fashion Show, Parade Hadrah, hingga Lomba Lagu Religi.

Kabid Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono menambahkan, hadirnya Fida D Academy diharapkan mampu menarik lebih banyak pengunjung. Secara penampilan, penyanyi asal Gresik, Jawa Timur, ini juga pas dengan suasana Pasar Wadai yang lebih ke religi.

“Pasar Wadai layak didukung dan diapresiasi. Gelaran ini bukan sekadar berbagai kemeriahan, tapi ada aksi sosial di dalamnya. Pengunjung pun bisa beramal melalui Jumat Berbagi. Jadi, momentum ini harus dimanfaatkan,” kata Sapto.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, Pasar Wadai banyak menawarkan value terbaik bagi pengunjungnya. Bahkan, panitia menawarkan doorprize menarik. Tak tanggung-tanggung, hadiah utamanya paket umroh. Untuk hadiah hiburan ada beragam barang elektronik. Semua doorprize akan diundi pada akhir event.

“Pasar Wadai sangat luar biasa. Atraksinya fantastis dengan nuansa tradisional hingga Islami. Ada juga aktivitas sosial. Hadiahnya menarik. Semua momentum ini jangan sampai terlewatkan. Sebab, ada banyak value yang ditawarkan event ini. Selain ekonomi, Pasar Wadai juga menjadi media pencerah. Enjoy Banjarmasin,” tandasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here