www.INDONESIATRAVEL.NEWS– Kekuatan nature dan culture yang dimiliki Nusa Tenggara Timur (NTT) selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Khususnya wisatawan asal Timor Leste. Kunjungan wisatawan Bumi Lorosae naik signifikan 6,11% di bulan April 2018.

“NTT tetap jadi destinasi favorit bagi wisatawan, khususnya mancanegara. Jumlah kunjungan mereka ini mengalami kenaikan pada bulan April,” ungkap Kepala BPS NTT Maritje Pattiwaellapia, Rabu (13/6).

NTT juga bertransformasi menjadi tujuan liburan para pesohor. Terbaru, adalah kunjungan bintang sepakbola asal Belanda, Arjen Robben. Superstar klub Jerman Bayern Munchen itu, berlibur ke Labuan Bajo bersama keluarganya, Rabu (13/6) hingga Jumat (15/6). Pada Januari 2017, rider MotoGP Valentino Rossi asal Italia berlibur ke NTT. Labuan Bajo juga menjadi destinasi utamanya.

Memiliki destinasi terbaik dan menjadi favorit liburan, jumlah kunjungan wisman ke NTT terkoreksi positif. Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain, Atambua, Belu, menjadi pintu masuk besar bagi wisatawan. Khususnya Timor Leste. Sepanjang April, jumlah kunjungan wisatawan Timor Leste mencapai 5.571 orang atau naik 6,11% dari bulan sebelumnya 5.250 orang.

“Posisi NTT ini strategis karena berbatasan langsung dengan Timor Leste. Dengan beragam kelebihan yang dimiliki NTT, wilayah ini menjadi destinasi menarik bagi warga Timor Leste. Kenaikan 6,11% ini menjadi progress positif, sebab kunjungan wisman terus tumbuh di NTT,” terang Maritje.

Mengoptimalkan aksesibilitas darat, PLBN Mota Ain jadi jalur yang sibuk bagi wisatawan Timor Leste. Maritje pun menambahkan, wisatawan Timor Leste menuju ke berbagai destinasi setelah berada di NTT. Selain berwisata, mereka juga beraktivitas bisnis dan agenda pemerintahan. “Ada banyak agenda selama berada di sini. Tapi, mereka tetap menikmati suasana eksotis dari NTT,” lanjutnya.

Alam dan seni budaya yang dimiliki NTT merupakan yang terbaik. NTT memiliki tradisi Pasola yang tersohor. Pasola menjadi rangkaian upacara tradisional Suku Sumba yang tersebar di Kodi, Lamboya, Wonokaka, dan Gaura. Wilayah ini juga memiliki Pantai Nihiwatu di Sumba Barat yang menjadi surga bagi para surfer.

Destinasi favorit lainnya Danau Kelimutu. Destinasi ini ada di puncak Gunung Kelimutu di Pulau Flores. Terkenal dengan Danau Tiga Warna, area ini memiliki perairan dengan warna merah, biru, juga putih. Ada juga Pulau Komodo, Rinca, Padar, juga Alor. NTT juga menawarkan Pantai Merah atau Pink Beach hingga Pantai Batu Biru. Pesona lainnya, Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala, Cunca Wulang, dan Tangedu.

“Wilayah NTT memang sangat mempesona. Ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Progress besar pun ditunjukan dari kunjungan wisatawan Timor Leste karena secara geografis menguntungkan. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya Timor Leste, masih terus diupayakan ditingkatkan. Impactnya bagus bagi perekonomian,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu.

Kenaikan kunjungan wisman berpengaruh terhadap tingkat hunian hotel. Buktinya, hunian hotel berbintang di NTT naik 62,64% pada bulan April. Kenaikannya mencapai 1,72 point dari bulan sebelumnya. Angka riil wisman yang menginap di hotel berbintang mencapai 1.525 orang. Durasi menginap mereka mencapai 3-4 hari.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menilai rapor yang dimiliki NTT bagus.

“Secara keseluruhan, rapor kunjungan wisman di NTT bagus. Waktu menginap para wisman ini cukup panjang dan tentunya bagus untuk perekonomian. Selain perhotelan, industri kuliner, transportasi lokal, kerajinan hingga UMKM pun menjadi ikut terangkat,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here