www.INDONESIATRAVEL.NEWS– Secara lokasi, Cirebon tidak jauh dari Jakarta. Jika lancar toll to toll, Cirebon bisa dicapai dalam 2-3 jam saja. Kota di Jawa Barat ini memiliki destinasi yang lengkap. Wajib dikunjungi dalam #PesonaMudik2018.

“Bagi yang ingin jalan-jalan ke Cirebon, wisata religi, sejarah dan budaya. Silakan kunjungi beberapa lokasi. Destinasi Cirebon sangat lengkap. Semua bisa disimak, dan dinikmati,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Jakarta, Kamis (31/5).

Nah, ini dia #Top10DestinasiLebaran2018 di Cirebon versi TripAdvisor yang bisa bikin liburan #PesonaDestinasiLebaran2018 Anda jadi mengesankan!

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Jika Anda berkunjung ke Cirebon, kurang lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan Cirebon ini merupakan sebuah keraton yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa penyebaran agama islam sekitar tahun 1529.

Alamat Keraton Kasepuhan Cirebon terletak di Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Akses menuju keraton tersebut dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dari Stasiun Kejaksan dan 30 menit perjalanan dari Terminal Bus Harjamukti.

2. Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland merupakan destinasi wisata air terbaru yang terdapat di Cirebon. Lokasi tempat wisata Ade Irma Suryani Waterlad berada di tepi pantai utara Cirebon.

Ade Irma Suryani Waterland dilengkapi 40 cottage di pinggir pantai yang turut menunjang bagi pengunjung tempat wisata tersebut. Harga sewa cottage per harinya mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2,5 Juta. Untuk fasilitas cottage fasilitas see view, pengunjung cukup membayar dengan harga Rp 1,7 juta.

Sementara untuk fasilitas cottage kelas full view sedikit lebih mahal. Sedangkan cottage kelas family pengunjung harus menyediakan uang sebesar Rp 2,5 juta. Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

3. Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin alias Pangeran Kertawijaya, pangeran tersebut bergelar Sultan Anom I, di angkat pada tahun 1678 M. Peninggalan bersejarah yang terdapat di Keraton Kanoman cukup erat kaitannya dengan syiar agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati, dikenal dengan Syarif Hidayatullah.

Alamat Keraton Kanoman terletak di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Kec. Lemah Wungkuk, tepatnya terletak dibelakang pasar Kanoman. Lokasi kerton tersebut cukup strategis karena tidak begitu jauh dari Stasiun Kejaksan Cirebon, pengunjung dapat menempuh sekitar 10-15 menit perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi, angkot atau menggunakan jasa ojek. Alamat: Jalan. Winaon Kampung Kanoman, Kanoman, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

4. Wisata Kera Plangon

Wisata Kera Plangon merupakan salah satu destinasi wisata Cirebon yang terletak di desa babakan sumber. Obyek Wisata Plangon terdiri dari bukit-bukit yang dikelilingi oleh hutan-hutan dan dijaga kera-kera liar.

Biasanya Plangon ramai dikunjungi wisatawan saat lebaran tiba. Hanya sekedar berdekat-dekatan sambil memberi makan. Atau bahkan sekedar berswafoto. Untuk lokasinya sangat mudah ditemui. Alamatnya berada di Babakan, kecamatan Sumber, Cirebon, Jawa Barat.

5. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau biasa dikenal dengan Masjid Agung Kasepuhan, merupakan salah satu masjid tua yang berada di kompleks Keraton Kasepuhan Kota Cirebon. Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan masjid tertua di Cirebon, sekaligus menjadi salah satu masjid tertua di tanah Jawa dan Indonesia. Masjid ini berada di Jalan Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

6. Goa Sunyaragi

Taman yang memiliki deretan gua ini dulunya merupakan tempat bermeditasi bagi para pemuka kerajaan atau prajurit keraton. Keaslian bangunan-bangunan batu kuno di Gua Sunyaragi bahkan masih terasa begitu murni hingga saat ini. Warga lokal juga sering menjadikan tempat wisata di Cirebon ini sebagai lokasi berburu foto.

Taman Sari Gua Sunyaragi pun sering dijadikan lokasi pagelaran musik, sendratari, hingga pembukaan Festival Keraton Nusantara yang dilaksanakan setahun sekali. Bahkan, baru-baru ini, pengelola Taman Sari Gua Sunyaragi juga meluncurkan wahana balon udara untuk menarik minat wisawatan agar semakin betah berkunjung ke sini.

Tertarik datang ke tempat wisata di Cirebon ini? Datang saja ke lokasinya di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Taman Sari Gua Sunyaragi dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 08.00-17.30.

7. Batik Trusmi

Ketika mendengar Trusmi, tentu sudah melekat dengan Cirebon. Siapa yang tidak kenal Kota Cirebon sebagai kota udang? Selain terkenal akan makanan khasnya yang berupa empal gentong dan nasi jamblang. Kini Cirebon juga memiliki daya tarik sendiri dengan adanya pusat grosir Batik Trusmi terbesar di Jawa Barat. Tidak heran sekarang para wisatawan yang sedang berada di wilayah Cirebon untuk singgah mencari oleh-oleh berupa batik.

Batik trusmi sangat mudah ditemui. Lokasinya berada di Kawasan Batik Trusmi, Kecamatan Plered, Cirebon. Di kampung itulah berjejer kuliner khas Cirebon hingga butik-butik batik sampai ke pusat toko batik terbesar dan terlengkap. Singkat cerita, adanya Desa Trusmi ini berawal dari Ki Gede Trusmi sebagai pengikut Sunan Gunung Jati mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan agama Islam. Begitulah warisan leluhur yang dijaga sampai sekarang.

8. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati sering dijadikan destinasi wisata religi bagi wisatawan yang berasal dari Pulau Jawa. Di tempat wisata di Cirebon ini Anda akan merasakan suasana khidmat berkat lantunan ayat-ayat suci yang bergema di seantero kompleks Makam Sunan Gunung Jati. Gaya arsitektur khas Tiongkok, Jawa, dan Arab pun berpadu sempurna membentuk harmoni yang menakjubkan. Beragam dekorasi porselen khas Tiongkok banyak disematkan di sekitar dinding makam.

Daya tarik lain yang dimiliki Kompleks Makam Sunan Gunung Jati adalah adanya sembilan pintu yang disusun secara bertingkat. Namun, pengunjung hanya diperkenankan untuk masuk hingga pintu ke-lima, sebab pintu-pintu selanjutnya hanya diperuntukkan bagi keturunan Sunan Gunung Jati.

Kompleks Makam Sunan Gunung Jati berlokasi di Jalan Alun-alun Astana Gunung Jati 53, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati.

9. Telaga Remis

Telaga Remis menawarkan segarnya pemandangan alam khas kaki Gunung Ciremai untuk Anda yang ingin melepas penat dari padatnya aktivitas sehari-hari. Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Cirebon, tepatnya di daerah Kaduela, Kuningan, Telaga Remis konon merupakan tempat pertapaan Raja Siliwangi pada masa lalu.

Nama Telaga Remis yang dalam bahasa Sunda memiliki arti embun berasal dari kisah Prabu Siliwangi yang memanfaatkan embun sebagai air minumnya saat bertapa di daerah tersebut yang dulu terkenal tandus. Sang Prabu pun kemudian membuang sisa embun tersebut seraya berdoa agar kelak daerah tersebut menjadi telaga yang berguna bagi masyarakat sekitar.

Nyatanya, doa Prabu Siliwangi tersebut menjadi kenyataan. Kini, Telaga Remis tak hanya mampu menjadi sumber mata air bagi warga sekitar, tapi juga telah disulap menjadi destinasi wisata yang mampu mendekatkan pengunjung pada alam. Di lahan seluas 3 hektare ini, Anda dapat menjelajahi kawasan hutan di sekitar telaga yang didiami ratusan jenis tumbuhan seperti pohon malaka, sonokeling, dan kosambi. Telaga Remis juga telah dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang seperti camping ground, kamar mandi, warung, gazebo, dan lahan parkir.

10. Alun-Alun Kejaksan

Kawasan Alun-alun Kejaksan merupakan tempat nongkrong favorit warga Kota Cirebon. Saat malam, kedai makanan dan minuman banyak buka berderet di sepanjang tempat wisata di Cirebon ini. Hiasan kelap-kelip lampu pun turut menambah semarak suasana malam di alun-alun.

Kawasan alun-alun juga sering dijadikan lokasi jogging berkat lahannya yang luas. Setiap hari Minggu, Alun-alun Kejaksan dan sepanjang Jalan Siliwangi dipadati pengunjung yang ingin menghabiskan Minggu paginya di acara car free day.

Tepat di sebelah alun-alun terdapat Masjid Raya At-Taqwa yang merupakan masjid terbesar di Kota Cirebon. Masjid satu ini pun kerap disambangi wisatawan untuk beribadah atau bahkan melihat pemandangan Cirebon dari atas menaranya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here