www.INDONESIATRAVEL.NEWS– Meski tidak destinasinya tidak setenar Banyuwangi atau daerah lain di Jawa Timur, bukan berarti Kediri tidak punya destinasi indah. Kediri menyimpan sejuta pesona tersembunyi. Dan siap digali dalam #PesonaMudik2018.

“Destinasi Kediri memang tidak setenar Banyuwangi. Tapi, Kediri tetap memiliki potensi yang sangat luar biasa. Banyak orang belum mengetahui keindahan Kediri. Justru momen Lebaran ini sangat baik untuk memperkenalkannya,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (31/5).

#PesonaDestinasiLebaran2018 yang dimiliki Kediri sangat beragam. Mulai dari goa, situs bersejarah, spot foto, sampai air terjun yang memanjakan mata.

Berikut #Top10DestinasiLebaran2018 di Kediri yang sudah menunggu untuk dieksplor.

1. Gunung Kelud

Anak pecinta sepertinya tidak mungkin tidak mengenal Gunung Kelud. Dikalangan para pecinta alam, nama Gunung Kelud sudah sangat familiar. Nama besarnya mungkin setara dengan Gunung Gede Pangrango, Gunung Selamet, Gunung Merapi dll. Secara geografis, gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang.

2. Gunung Klotok

Selain Gunung Kelud, Kediri juga memiliki gunung yang sangat dikenal disana. Namanya Gunung Klotok. Lokasinya di Kelurahan Pojok, Mojoroto, Kediri. Atau tak jauh dari kaki Gunung Wilis. Keunikan gunung ini ada pada penampilannya. Sepintas, gunung ini menyerupai wanita yang sedang berbaring. Makanya Gunung Klotok juga dijuluki sebagai gunung Si Cantik Tidur.

Gunung ini merupakan pembatas antara Kota dan Kabupaten Kediri di sebelah baratnya. Gunung ini banyak mengandung nilai sejarah. Di gunung ini terdapat 3 Goa yaitu Goa Selomangleng, Goa Selobale dan Goa Padedean. Selain itu di gunung ini terdapat satu mata air yaitu Sumber Lo.

3. Monumen Simpang Lima Gumul

Salah satu destinasi Kediri yang mampu menyita perhatian di Indonesia adalah Monumen Simpang Lima Gumul atau lebih tenar disebut SLG. Monumen ini dibangun mulai 2003 dan diresmikan pada 2008 lalu. Monumen ini menjelma menjadi ikon Kota Kediri.

Namun yang membuat monumen ini menyita perhatian adalah bentuknya yang menyerupai Arc de Triomphe di Paris, Perancis. Tak heran jika monumen ini menjadi sasaran empuk untuk foto-foto.

4. Gumul Paradise Island  

Posisi destinasi ini ada di Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Kediri. Konsep Gumul Paradise Island adalah waterpark. Di dalamnya ada waterslide, kolam arus dan lain-lain. Namun, destinasi ini juga menyediakan tempat wisata non-air. Gumul Paradise Island adalah pilihan tepat untuk mengisi waktu Lebaran bersama keluarga.

5. Kediri Waterpark

Nama resmi destinasi ini adalah Kediri Waterpark Family Adventure. Taman ini relatif mash baru. Baru diresmikan 2014. Kediri Waterpark disebut-sebut sebagai salah satu yang terbesar di Jawa Timur. Destinasi ini sedang hits di Kediri.

Tempat ini mempunyai water slide atau seluncuran terpanjang dengan panjang mencapai 206 meter. Tempatnya juga berada di ketinggian 350 meter di atas permukaan laut.

Kediri Waterpark bisa dikunjungi di Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Semen, Kediri, Pagung, Semen, Kediri.

6. Alun-alun Kota Kediri

Alun-alun ini berada di Jl. Panglima Besar Sudirman, Kp. Dalem, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri. Alun-alun Kota Kediri ada tempat bersantai, seperti halnya di kota-kota lain. Namun, tampilan town square di Kediri ini sangat unik dan menarik.

Salah satu ciri khas alun-alun ini adalah berdirinya Monumen Patung Mayor Bismo. Alun-alun ini juga posisinya dekat dengan Masjid Agung Kediri dan pusat perbelanjaan. Jadi semua kebutuhan bisa terpenuhi tanpa harus berjalan jauh. Tempat ini juga bisa dijadikan untuk lokasi berolahraga.

7. Kampung Inggris Pare

Kalau kalian berpikir kampung ini sebagai sentra pare, salah besar! Kampung Inggris Pare adalah julukan untuk sebuah kampung yang berada di sepanjang Jalan Anyelir, Jalan Brawijaya, Jalan Kemuning di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem. Desa-desa ini berada di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Kampung ini sebenarnya lokasi untuk kursus berbahasa Inggris. Namun, suasananya dibangun seperti di luar negeri. Setiap orang didalamnya harus berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

8. Kebun Bunga Matahari

Salah satu lokasi di Kediri yang akan membuat kalian serasa di luar negeri. Ya Kebun Bunga Matahari sangat indah. Apalagi ada view Gunung Klotok di belakangnya. Sayang sekali untuk dilewatkan. Kebun ini relatif baru di Kediri. Baru dibuka untuk uum pada Lebaran 2016 lalu, atau 2 tahun lalu. Meski baru pesonanya sangat luar biasa.

Kalau kalian ingin ke Kebun Bunga Matahari Kediri, jangan lupa bawa charge HP hingga penuh dan bawa powerbank. Jika sudah, melangkah saja ke Jl. Selomangleng No.143, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri.

9. Kebun Binatang Gudang Garam

Kebun binatang ini dikenal sebagai kebun binatang mini. Tempat ini menjadi destinasi baru bagi warga Kediri. Apalagi pengunjung sama sekali tidak dipungut biaya untuk melihat-lihat koleksi hewan di dalamnya.

Namun sayangnya, pengunjung memang tidak diperbolehkan masuk kedalam area kebun binatang secara langsung. Pengunjung hanya bisa menyaksikan berbagai macam hewan dari luar pagar saja.

Tidak sulit mencari tempat ini. Karena lokasinya dekat dengan pasar. Tepatnya di Desa Dandangan, Kota Kediri.

10. Taman Hijau SLG

Taman Hijau SLG dibangun oleh Pemkab Kediri. Kehadirannya melengkapi Taman Kepala Kereta Api, Taman Skateboard, dan Taman Depo. Taman ini berada di kawasan Simpang Lima Gumul, tepatnya di sebelah selatan Taman Depo dan Taman Kepala Kereta Api.

Taman Hijau SLG diresmikan 26 Maret 2017. Taman ini tergolong unik dan berbeda dari taman-taman yang lain. Pasalnya, taman yang luasnya sekitar tiga hektar ini menyuguhkan keasrian tanaman dengan tambahan fasilitas berupa tempat duduk berwarna-warni, kolam kecil, dan menara.

Untuk Anda yang suka menikmati pemandangan dari ketinggian, dapat mencoba naik ke menara. Banyak tempat yang dapat dijadikan spot menarik untuk hunting foto.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here