INDONESIATRAVEL.NEWS–Wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo, akan semakin dimanjakan. Sebab, akses menuju Labuan Bajo kini semakin mudah dan murah.

Hal itu diketahui setelah PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, menyiapkan ferry khusus. Ferry itu akan mengangkut wisatawan ke Labuan Bajo, pintu masuk ke TN Komodo.

“Dalam waktu kurang dari tiga bulan ini, sudah akan terealisasi program pengadaan kapal ferry. Tapi untuk harga tiket masih kita dalami. Yang pasti lebih murah,” kata Dirut PT (Persero) ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi, Kamis (8/3).

Ferry yang nantinya bernama KMP Komodo, memiliki desain khusus. Ciri khas Nusa Tenggara Timur dengan kekayaan budaya, menjadi ornamen pelengkapnya.

Ferry tersebut berkapasitas besar. Sekitar 200 penumpang dapat ditampung. Kenyamanannya pun terjamin dengan menggunakan sistem Roll and Roll Off (RoRo). Ferry tersebut nantinya akan berlabuh di Pelabuhan Labuan Bajo.

“Fasilitas ferry ini cukup lengkap. Sistem keamanannya juga sudah didesain bagus. Bukan hanya aman, tapi sangat nyaman bagi wisatawan,” terangnya lagi.

Untuk sementara, ada 3 rute yang disiapkan. Yaitu start dari Pelabuhan Labuan Bajo, menuju Pulau Padar, Komodo, dan juga pulau Rinca.

“Komposisinya rencana rutenya kurang lebih demikian. Potensi berkembang masih terbuka. Kami terus memikirkan alternatif-alternatifnya. Yang jelas, peran dan fungsi dari ferry ini harus dimaksimalkan,” terang Ira.

“Ferry ini harus mendukung pariwisata di sini. Untuk saat ini, KMP Komodo sedang dalam proses servis, dan dipastikan akan langsung dikirim ke Labuan Bajo dalam waktu dekat ini jika sudah siap digunakan,” sambungnya.

Mendengar hal tersebut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sumringah. Menpar semakin pede untuk mendorong Pulau Komodo dan Labuan Bajo sebagai destinasi prioritas.

Sebab, untuk urusan atraksi Labuan Bajo sudah tidak diragukan lagi. CNN International travel sudah menempatkan Labuan Bajo sebagai peringkat dua snorkel site terbaik dunia setelah Raja Ampat, mengalahkan Kepulauan Galapagos.

“Ini namanya Indonesia Incorporated. Semuanya maju mendukung pariwisata. Semuanya setuju pariwisata merupakan core ekonomi bangsa. Wisatawan semakin dimanjakan. Labuan Bajo dengan TN Komodo-nya akan makin mudah dan murah untuk dikunjungi,” ujar Menpar Arief Yahya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here