INDONESIATRAVEL.NEWS, BATAM – Mengusung tagline “Untuk Generasi yang Akan Datang”, Bike to Sunset segera digelar di Nongsa, Batam, 17 Maret mendatang. Kegiatan yang baru pertama digelar ini bertujuan mendorong orang untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan menikmati fun bike bersama keluarga, teman, dan kolega.

Marketing Communication Manager Montigo Resorts Lusia Rike, mengatakan Bike to Sunset merupakan event bersepeda sembari menikmati matahari terbenam. Kegiatan ini menempuh rute sepanjang 15 km yang diselenggarakan oleh Montigo Resorts, Nongsa. Acara dimulai sekitar pukul 15.30 hingga 17.00 WIB.

“Partisipasi yang diharapkan tahun ini ditarget sebanyak 500 peserta, termasuk karyawan Montigo Resorts. Ada juga komunitas bersepeda lokal dan pengendara sepeda internasional. Selama acara, akan ada paket menginap 2D1N khusus untuk peserta. Mulai dari IDR 2.600.000 nett termasuk voucher F&B senilai Rp500.000,” ujarnya, Kamis (28/2).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari komunitas global. Tujuannya, antara lain untuk meningkatkan gaya hidup sehat dengan pola ramah lingkungan. Aktivitas bersepeda lebih disarankan. Karena selain sehat, juga tidak menimbulkan polusi apa pun.

“Event ini baru akan dimulai, sehingga belum sebesar event lain yang sejenis. Namun begitu, kita berharap kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat, khususnya pecinta sepeda,” ucapnya.

Rizky menambahkan, bersepeda menjadi aktivitas menyehatkan sekaligus hiburan karena bisa dilakukan bersama keluarga tercinta. Terlebih, Bike to Sunset menyediakan hadiah yang tak sedikit. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mendaftar.

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menyebut, panitia akan melakukan 3 kali cek point pada seluruh peserta. Cek point pertama di Simpang Tiga Teluk Mata Ikan, cek point kedua di Simpang Tiga SMPN 8, dan cek point ketiga di Simpang Tiga Montigo Resort.

“Usai kegiatan, seluruh peserta akan berkupul di Montigo Resort untuk menikmati hiburan dan perayaan. Nantinya akan ada game, doorprize dan pengumuman pemenang. Selain itu, peserta juga akan dihibur dengan musik-musik enerjik yang menghentak, yang dibawakan disc joky,” jelasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, sport tourism menjadi salah satu potensi wisata yang dikembangkan Kemenpar. Tak jauh beda dengan jenis wisata lain, sport tourism diyakini mampu menarik banyak pengunjung. Bahkan mendatangkan wisatawan mancanegara.

“Sport tourism sudah dikembangkan beberapa daerah di Indonesia. Sebagian diantaranya masuk Calender of Event (CoE) Kemenpar 2019. Kita berharap Bike to Sunset juga semakin berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara,” ucapnya.

Terlebih, Nongsa adalah bagian dari Kepulauan Riau yang selama ini digadang-gadang memiliki potensi besar untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara. Terutama wisatawan perbatasan (crossborder tourism), khususnya dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here