www.INDONESIATRAVEL.NEWS, BANGKALAN – Calon presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima sorban dari kyai sepuh Bangkalan, Muhammad Faisol Anwar, di Gedung Serbaguna Rato Ebuh, Madura, Jawa Timur, Rabu, 19 Desember 2018.

Sorban itu disematkan di leher Jokowi usai pembacaan deklarasi dukungan para ulama Madura untuk Jokowi – Ma’ruf.

Acara penyematan sorban tersebut dihadiri oleh Ir. H. La Nyalla Mahmud Mattalitti, putri kedua Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid, Nyai Siti Masnuri Fuad (Nyai Imas), istri mantan Bupati Bangkalan, politikus PDI Perjuangan, Pramono Agung, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy, dan politikus Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Kadir Karding.

Ulama Bangkalan yang juga Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Bangkalan, Abdul Muhaimin Makki, membacakan deklarasi dukungan para ulama untuk Jokowi – Ma’ruf.

“Kami ulama Madura bersama konsorsium kader Gus Dur menyatakan dukungan sepenuhnya kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Bapak Ir. H. Jokowi dan Prof Dr. KH. Maruf Amin,” kata Muhaimin Makki.

Adapun pertimbangan para ulama memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi – Ma’ruf, di antaranya :

  1. Kepemimpinan nasional harus memegang teguh konsep persatuan dalam konsep NKRI dan terbebas ideologi pemecah belah.
  2. Konsep persatuan dan kesatuan ini telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa sebagai fungsi nasionalis-religius, religus-nasionalis.
  3. Sudah lahirnya pasangan calon presiden dan wakil presiden kompeten dari kalangan nasionalis berprestasi dan ulama-ekonom terkemuka.

Menurut Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti, bahwa acara deklarasi akbar ini yang diselenggarakan di Bangkalan Madura, adalah momentum yang tepat bagi masyarakat Madura sebagai wadah silaturrahmi antara Presiden Joko Widodo dan seluruh Kyai se Madura.

“Saya menghadiri acara deklarasi Akbar ini, adalah bentuk dukungan saya kepada bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Prof. DR (HC) KH. Ma’ruf Amin agar beliau (Jokowi) tetap memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia, apalagi Kyai se Madura juga memberi dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin, karena itu para ulama dan Kyai adalah sumber dan pemberi tauladan atas nilai-nilai spiritual. Tauladan moral dan etik bagi kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara ini,” tutup La Nyalla yang ditemui pada saat acara deklarasi Akbar Kyai se Madura mendukung Jokowi – Ma’ruf Amin. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here