JAKARTA – Respons positif ditunjukkan millenial pada lomba Foto Instragram Pesona Mudik 2019. Sejak diluncurkan Menteri Pariwisata Arief Yahya sejak 1 Mei 2019, hingga penutupan periode pertama, 26 Mei 2019 postingannya terus meroket. Bahkan sudah lebih 10 ribu posts yang masuk dengan hastag #PesonaMudik2019 di IG.

“Respon netizen sangat luar biasa. Sesuai target kita, 10 ribu postingan di periode awal pun terpenuhi. Maka selanjutnya kita menaikkan targetnya jadi 20 ribu postingan di periode kedua. Baik itu kuliner maupun destinasi wisata,” ujar Arief Yahya, Senin (27/5).

Menpar Arief menambahkan, respons luar biasa dari netizen tak lepas dari tren wisata saat ini. Bagi generasi millenial, traveling telah menjadi gaya hidup. Selain itu wisatawan dalam melalukan perjalanan (travelling) tak lepas dari digital; mulai dari mencari dan melihat-lihat informasi (look), kemudian memesan paket wisata yang diminati (book) hingga membayar secara online (pay).

“Bahkan mereka tak segan memposting perjalanan seru mereka. Ini yang kemudian membuat mereka memiliki stok foto yang bagus. Dan tentunya apa yang mereka posting, bisa memberi guidance buat para mudikers untuk menentukan pilihan dan merencanakan liburan mulai H-7 sampai H+5 Lebaran 2019,” papar Menpar Arief.

Mengacu regulasi lomba, games itu dibagi dalam 2 periode, pertama 1-26 Mei 2019, dengan melombakan kuliner dan destinasi. Hastag tambahannya, adalah #RamadanPenuhPesona. Ada 150 pemenang dengan hadiah masing-masing @Rp 1 juta-an. Tentu pajak ditanggung para pemenang.

Status pemenang games pun mudah. Konten foto yang dishare di IG tidak harus foto dengan kamera profesional. Dengan kamera handphone pun bisa. Asalkan ada caption yang menarik serta harus ada interaksinya.

Don Kardono, Stafsus Menpar Bidang Komunikasi dan Media mengatakan lomba kali ini sangan kompetitif. Banyak postingan yang diramu dengan sangat baik. Komposisi foto dan caption sangat memikat, membuat interaksi semakin ramai.

“Ini yang kita inginkan. Jadi postingan yang ada tidak hanya mendapat jumlah like yang banyak, tetapi ada interaksi di dalamnya. Namanya juga medsos, fungsinya ya berinteraksi,” ungkap Don.

Don menambahkan, untuk pengumuman pemenang periode pertama akan diberitahukan lima hari setelah penutupan waktu perlombaan. Yang artinya akan diumumkan pada 31 Mei 2019. Sedangkan, periode kedua digelar dari tanggal 26 Mei-10 Juni dan temanya ada tiga yaitu kuliner, destinasi ada event. Hastag tambahan di periode ke-2 adalah #LebaranPenuhPesona

“Untuk lebih jelasnya mengenai ketentuan lomba, silakan dilihat di Instagram Official Lomba, @PesonaMudik2019. Jangan lupa untuk terus memposting karena masih ada periode kedua yang saat ini berlangsung. Siapa tau kamu menjadi pemenang di periode pertama dan juga kedua,” ajak Don Kardono. (****)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here