INDONESIATRAVEL.NEWS-Roadshow Menteri Pariwisata Arief Yahya ke 3A (Authorities, Airports dan AirNavigation, Airlines) Februari lalu, membuahkan hasil. Sejumlah penerbangan internasional akan dibuka.

Salah satunya dilakukan maskapai Wings Air. Maskapai di bawah naungan Lion Air Group ini, membuka rute baru dari Pontianak menuju Miri Serawak di Malaysia, mulai Kamis (15/3).

Managing Director Lion Air Group, Daniel Putut Kuncoro Adi, mengungkapkan, rute Pontianak-Miri Wings Air dibuka untuk mendukung target mendatangkan wisatawan. Selain itu, akan membantu aktivitas masyarakat. Baik mahasiswa, pelajar, tenaga kerja, pebisnis, dan lainnya.

“Wings Air akan menggunakan armada dengan tipe ATR 72-600 yang dapat menampung 72 penumpang. Penambahan rute tersebut untuk ‎mendukung program pemerintah untuk mendatangkan wisman sebanyak 20 juta turis sampai 2020,” ujar di Pontianak, Kamis (15/3).

Daniel menyebut, penerbangan dari dan ke wilayah Malaysia bukan kali pertama dilakukan. Sebelumnya, maskapai berbiaya murah itu, juga menerbangkan armadanya dari Pontianak menuju Kuching, Sarawak, pada Januari 2018 lalu.

Penerbangan Wings Air dari Bandara Supadio, Pontianak, ke Bandara Miri, Serawak menggunakan jadwal reguler, yakni satu kali penerbangan per harinya.

Dari ‎Bandara Supadio, berangkat pada pukul 15.30 WIB dan tiba di Miri pada pukul 18.20 waktu setempat. Sebaliknya akan dilayani dari Bandara Miri pada pukul 18.50 waktu setempat dan tiba di Pontianak pada pukul 19.40 WITA.

Dengan terbukanya akses dari Pontianak menuju Miri ataupun sebaliknya, lanjut Daniel, pelanggan dapat merasakan perjalanan dengan waktu yang lebih efisien. Waktu tempuh rute ini hanya sekitar dua jam. Untuk harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yang dimana untuk satu kali perjalanan hanya dibandrol sekitar Rp 700 ribu.

Tersedianya akses dari maupun menuju Ibukota Kalimantan Barat itu, memberikan kontribusi lebih bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi daerah.

“Begitupun bagi warga Miri dan sekitarnya yang kini akan semakin memiliki pilihan untuk dapat berkunjung ke Indonesia ke berbagai kota melalui Pontianak yang dapat menghubungkan menuju Jakarta, Batam, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Ujung Pandang, Bandung, Ketapang, Sintang, dan Putus Sibau,” ungkapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui itu akan memperkuat konsep crossborder tourism yang akan semakin digenjot di tahun 2018 mendatang. Menpar mengatakan, di tahun depan wisman crossborder ditargetkan mencapai 3,57 juta wisman.

“Akan ada 220 event yang akan digelar di 31 area yang tersebar di delapan wilayah perbatasan,” ujar Menpar Arief Yahya.

Lebih lanjut, Menteri Berdarah Banyuwangi itu menyebut, penerbangan Wings Air ke Miri Serawak, selain pasar potensial, maskapai harus jeli dan terbuka melihat momen saat low season.

“Mengusung konsep sharing economy, low season bisa disikapi dengan discount. Besarannya adalah 30%-40%. Dan, penurunan harga ini berlaku menyeluruh. Berlaku untuk maskapai, akomodasi, bahkan destinasi,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here