JAKARTA – Semangat Indonesia Incorporated akan bergema di Pacific Expisition. Berbagai sektor akan hadir di sana. Begitu juga dengan lintas kementerian. Semua akan bergerak dan menjadi satu buat Indonesia.

Pacific Exposition adalah pameran dagang, investasi, dan pariwisata. Event ini akan berlangsung di Skycity, Auckland, Selandia Baru. Tepatnya pada 12-14 Juli.

Sektor-sektor yang akan tampil adalah Menteri Pariwisata Arief Yahya. Beliau akan mejadi keynote speaker dalam Tourism Forum, 11 Juli. Sedangkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, akan membuka event ini pada 12 Juli. Ia akan didampingi Menlu Australia dan Menlu New Zealand.

Di tanggal 12, Ketua Kadin Risan Roslani juga menjadi keynote speaker dalam Business Forum. Sementara Menko PMK Puan Maharani juga menjadi keynote speaker pada 13 Juli. Atau saat Pacific Cultural Forum.

Buat Menteri Pariwisata Arief Yahya, Indonesia Incorporated sangat penting. Karena ego sektoral akan dihapus. Semua bergerak untuk memajukan nama Indonesia di kancah mancanegara.

“Dengan satu komando, maka pekerjaan rumah soal “incorporated” itu bisa dilalui lebih mudah, cepat, dan terintegrasi dalam satu misi. Kuncinya adalah harmoni dan sinergi di antara seluruh unsur pentahelix dalam kerangka Indonesia Incorporated,” papar Arief Yahya yang pernah didaulat menjadi menteri pariwisata terbaik di Asia Pasifik.

Dijelaskannya, harmoni dan sinergi sangat ditentukan oleh stakeholder. Hal ini juga yang dilakukan Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan sektor pariwisata Indonesia.

“Dalam buku Great Spirit, Grand Strategy, saya menulis bahwa untuk menjadi yang terbaik seorang pemimpin harus bisa menciptakan harmoni dan sinergi dalam praktek kepemimpinannya. Apalagi pemimpin di Kemenpar dimana sukses pariwisata ditentukan oleh orkestrasi dari seluruh stakeholders yang ada,” papar menteri lulusan Telematika University of Surrey Inggris.

Sedangkan Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga Tantowi Yahya, menjelaskan, Pacific Exposition adalah manifestasi untuk meningkatkan presensi. Terutama di kawasan yang selama ini belum mendapatkan perhatian penuh.

Tantowi yang juga Ketua Panitia Penyelenggara, menambahkan, berbagai produk dan peluang investasi serta keelokan masing-masing negara akan dipamerkan selama 3 hari di pameran paling komprehensif yang pernah diadakan ini.

“Dengan berbagai atraksi dan pertunjukan yang akan kami gelar sepanjang Expo, kami targetkan paling sedikit 5.000 pengunjung akan hadir di Skycity, tempat Expo diselenggarakan,” kataTantowi.

Di Pacific Exposition, Indonesia akan diwakili oleh 5 provinsi yang posisinya di Pasifik yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here