LABUAN BAJO – Indah. Begitulah ungkapan peserta Familiarization Trip Media & TA/TO Timor Leste saat melihat Pulau Padar, Labuan Bajo. Kunjungan ke Pulau Padar, mengawali hari kedua famtrip, Selasa (30/7).

Familiarization Trip Media & TA/TO Timor Leste diikuti 15 peserta. Terdiri dari 10 travel agent/tour operator (TA/TO), dan 5 dari media. Kegiatan ini berlangsung 29 Juli hingga 2 Agustus. Selain Labuan Bajo, NTT, peserta juga akan mengunjungi Bali.

Di hari kedua, peserta mengawali perjalanannya dari Komodo Boat Trip Labuan Bajo. Dengan menggunakan speed boat, mereka langsung dibawa menuju Pulau Padar. Tiba sekitar pukul 09.00 WITA, mereka tidak membuang waktu. Mereka langsung trekking menuju bagian atas pulau.

“Indah sekali. Pemandangannya luar biasa. Saya banyak sekali memgambil foto. Karena memang pemandangannya luar biasa. Senang sekali bisa mencapai tempat ini,” tutur Angelo Viegas de Araujo dari Lagrima Travel, Timor Leste.

Angelo mengaku selama ini sudah cukup sering mendengar dan melihat Pulau Padar melalui media sosial. Oleh karena itu, Angelo sangat antusias saat mendapatkan kesempatan mengunjungi langsung Pulau Padar.

Pujian juga disampaikan Veonita Amena Dos Santos dari Gesano Tour and Travel. Wanita yang akrab disapa Mena juga sangat excited berada di Pulau Padar. Mena yang naik hingga puncak, mengaku sangat puas.

“Pemandangan dari atas Pulau Padar lebih indah. Karena semuanya bisa terlihat dengan sangat jelas. Senang sekali saya bisa mencapai bagian atas Pulau Padar. Pengalaman yang luar biasa,” tutur Mena memuji.

Setelah puas berfoto dan menikmati indahnya Pulau Padar, tujuan selanjutnya adalah berburu pesona Komodo di habitat aslinya. Yang menjadi tujuan adalah Pulau Rinca. Di tempat ini, TA/TO dan media Timor Leste tidak kalah antusias.

Terlebih ketika melihat komodo melintas. Rombongan ini juga sangat serius mendengarkan arahan ranger. Terutama ketika sampai di sarang Komodo.

Buat Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh Ricky Fauziyani Pulau Padar dan Pulau Rinca adalah destinasi utama di Labuan Bajo. Destinasi yang menjadi pilihan wisatawan mancanegara.

“Kelasnya Pulau Padar dan Rinca ini sudah internasional. Sudah tidak perlu diragukan lagi. Peserta famtrip diajak ke sana biar mereka melihat dan merasakan langsung keistimewaan Labuan Bajo. Dan akan mempermudah TA/TO untuk membuat paket wisata,” tutur Ricky.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai famtrip menjadi cara efektif untuk memperkenalkan destinasi ke wisatawan. Khususnya wisatawan mancanegara.

“Famtrip adalah kegiatan untuk memperkenalkan atau promosi destinasi. Tujuan mengajak TA/TO adalah agar mereka membuat paket yang bisa mengajak wisatawan. Kita harapkan paket yang dijual juga bisa ditambahkan storytelling. Karena TA/TO merasakan langsung keindahan destinasi yang mereka jual,” kata Menteri Pariwisata Terbaik di ASEAN itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here