www.INDONESIATRAVEL.NEWS – Bila berencana bepergian saat Lebaran, agenda mudik Lebaran di Gorontalo jangan sampai terlewatkan. Sedikitnya ada empat agenda #PesonaMudikLebaran2018 yang ditujukan untuk warga dan wisatawan. Keempat agenda tersebut adalah Festival Beduk Takbiran, Festival Tumbilotohe, Gebyar Ketupat, dan Lomba Karapan Sapi.

Empat event ini akan dimulai saat memasuki pekan ketiga Ramadan dan menjelang lebaran. Festival Beduk Takbiran dan Festival Tumbilotohe yang digelar pada akhir bulan ramadhan. Kemudian Gebyar Ketupat serta Lomba Karapan Sapi, yang akan dilaksanakan pada hari ketujuh setelah lebaran.

“Festival Beduk akan digelar tanggal 6-8 Juni, bertempat di Lapangan Taruna Remaja. Lomba ini akan diikuti oleh peserta umum, pelajar, dan perwakilan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Nancy Lahay, Sabtu (2/6).

Sementara, Festival Tumbilatohe atau malam pasang lampu menjadi salah satu magnet yang paling banyak mengundang wisatawan domestik. Festival ini akan digelar mulai tanggal 10 Juni 2018 di seluruh kabupaten dan kota di Gorontalo.

“Untuk lokasi yang disiapkan Pemprov ada enam titik. Di antaranya Jembatan Talumolo, di lapangan IPPOT Tapa, Pendaratan Soekarno di Iluta, Kanal Tamalate-Bone dan di Isimu kompleks pertigaan Brimob,” kata Nancy.

Dua acara pariwisata Gorontalo lainnya akan digelar sepekan usai Idul Fitri. Tepatnya saat lebaran ketupat. Pada Festival Ketupat akan ada parade makanan terpanjang dari patung ketupat Isimu hingga lokasi pacuan kuda Kabupaten Gorontalo.

“Makanan itu nantinya bisa dicicipi oleh pengguna jalan yang sedang merayakan lebaran ketupat di lokasi,” ujar Nancy.

Nancy menambahkan, di lokasi yang sama, juga akan dilangsungkan lomba Karapan Sapi, Kuda Gerobak dan Pacuan Kuda. Lomba tahunan tersebut sudah menjadi tradisi masyarakat Jawa Tondano, dan menjadi salah satu acara yang paling banyak diminati warga setempat serta wisatawan.

“Lomba Karapan Sapi ini selalu dikunjungi ribuan orang baik warga sini ataupun warga yang sedang mudik atau wisatawan,” ungkapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menyambut baik kegiatan yang telah disiapkan di Gorontalo. Menuritnya, agendanya terlihat sangat terencana. Apalagi kegiatan-kegiatan itu sudah dimuat dalam Calendar Of Event Gorontalo.

“Ini membuktikan keseriusan dan komitmen pemerintah daerah untuk mengangkat pariwisatanya. Meski sudah masuk Ramadan. Selamat berlebaran di Gorontalo dan nikmati atraksinya,” ujar Menpar Arief Yahya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here