MANGGARAI TIMUR – Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) melanjutkan rangkaian aktivasi gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) yang merupakan kegiatan padat karya sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata melalui penguatan destinasi-destinasi wisata dengan menerapkan protokol kebersihan, kesehatan, keamanan, dan ramah lingkungan (Cleanliness, Health, Safety, Environment/CHSE secara disiplin.

Adapun titik pelaksanaan kegiatan kali ini adalah di Pantai Watu Pajung, Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 15 & 16 September 2020, mengusung tema Semangat Gerakan “BISA” Menyambut Adaptasi Kebiasaan Baru di Destinasi Wisata Dengan Penerapan Protokol Kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Shana Fatina, Camat Sambi Rampas Yanuarius Halyo Rahman, Kapolsek Sambi Rampas Ipda Galus Keko, Pjs Danramil Koramil 1612-05 Elar Pelda Ramadhan Banuera, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, dan 100 orang peserta dari masyarakat desa setempat.

Direktur Utama BOPLBF, Shana Fatina yang hadir secara langsung membuka kegiatan mengatakan, kehadiran satwa Komodo di Pota menjadikan Pota sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Flores dan Manggarai Timur sendiri. Menurut Shana, selain satwa Komodo Manggarai Timur memiliki potensi wisata alam yang punya daya pikat sendiri untuk menarik para wisatawan datang berkunjung. Jaminan protokol CHSE terhadap keamanan dan keselamatan wisatawan sangat penting.

“Pota ini merupakan salah satu jalur komodo yang ada di Flores dan Manggarai Timur sangat potensial dengan wisata alamnya. Paska pandemi, berwisata alam sangat disarankan karena alam bisa menjadi tempat pemulihan (healing) melalui banyak aktivitas seperti tracking, yoga, kemping, atau fotografi. Banyak hal bisa kita masnfaatkan dengan berwisata alam”, ungkap Shana.

Shana juga menekankan pentingnya kesadaran semua pihak menjaga kebersihan melalui penerapan protokol CHSE. Karakter pariwisata Manggarai Timur dan Flores yang secara keseluruhan bertema alam harus memberikan masyarakat kesadaran untuk selalu berkomitmen terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan, karena selain manusianya juga menyangkut keberlangsungan satwa dan biodiversitas yang ada kawasan wisata alam.

“Saya mengajak masyarakat untuk kita semua sama-sama disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan. Pota ini punya kekayaan alam yang tidak dimiliki banyak tempat dan banyak wisatawan datang berkunjung kesini. Keselamatan kita semua dan para wisatawan yang datang berkunjung menjadi tanggung jawab kita bersama. Lingkungan yang bersih dan sehat juga menjamin keberlangsungan satwa dan keanekaragaman hayati di sekitar kita”, tegas Shana.

Sementara itu, Camat Sambi Rampas, Yanuarius Halyo Rahman dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kehadiran BOPLBF membuktikan bahwa potensi pengembangan wisata yang ada di Kecamatan Sambi Rampas khususnya Pota mulai menemukan titik terang.

Yanuarius juga mengatakan, Gerakan BISA menjadi momentum bagi masyarakat Pota untuk mulai menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk menaikkan posisi tawar Pota sebagai salah satu destinasi wisata unggulan baru yang ada di Flores seiring dengan dibangunnya jalur lintas utara Pulau Flores.

“Dengan adanya pandemi ini, kita harus lebih siap dalam segala aspek, selain fasilitas penunjang seperti homestay, kapasitas masyarakat juga harus ditingkatkan salah satunya dengan disiplin menerapkan protokoler kesehatan sehingga menciptakan kenyamanan bagi pengunjung”, ungkap Yanuarius.

Yanuarius kembali menekankan, pentingnya memperkuat narasi budaya masyarakat setempat sebagai salah satu cara memenuhi konten lokal yang ke depannya menjadi daya tarik wisata bagi para wisatawan.

“Wisatawan perlu kita sajikan alternatif wisata lain, karena sekarang orang berwisata tidak hanya mencari pemandangan alam, tetapi juga narasi tentang budaya setempat, dan kuliner yang bisa menciptakan kerinduan orang untuk berkunjung kembali”, ucap Yanuarius.

Setelah melakukan kegiatan bersih–bersih bersama dan simulasi penerapan protokoler kesehatan, BOPLBF juga memberikan secara simbolis beberapa peralatan pendukung untuk kelancaran penerapan protokol CHSE pada kebiasaan normal baru di destinasi wisata seperti alat pendukung kesehatan seperti Thermo Gun , masker dan Face Shield, serta alat – alat penunjang kebersihan.

Pota sendiri merupakan Kelurahan yang berada di Kecamatan Sambi Rampas, Kab. Manggarai Timur. Kelurahan Pota yang terletak di utara pulau Flores merupakan bagian dari cagar biosfer yang merupakan salah satu habitat dari Spesies Kadal Purba “Varanus Komodoensis” selain Pulau Komodo dan Rinca.

Selain sebagai tempat hidup Komodo, Kelurahan Pota juga memiliki objek wisata yang sangat potensial seperti Pantai Watu Pajung dengan bentangan pasir putih memanjang, Danau Lotus/Teratai (Victoria Amazonica) yang dalam bahasa setempat disebut ‘Rana Tonjong” yang merupakan danau yang permukaanya ditutupi tumbuhan teratai raksasa yang merupakan teratai terbesar kedua di India setelah India, dan tentu saja wisatawan juga bisa menikmati penjelajahan (tracking) di Rugu Pota/ Komodo Pota (Varanus Komodoensis).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here