INDONESIATRAVEL.NEWS-Lebaran ini kamu mudik ke Jember? Kota kecil yang jaraknya 199 km dari Surabaya ini punya segudang hal menarik yang bisa mengisi liburan #PesonaMudik2018 kamu. Destinasi wisatanya banyak, demikian pula dengan sajian kulinernya. Jember punya banyak menu kuliner khas yang nggak bisa kamu temukan di tempat lain. Kalau pun ada yang sama, tentu saja sudah ada ciri khusus Jember yang ada di dalamnya.

“Jember itu hebat. Kota kecil ini menjadi pelopor dari atraksi fashion carnival yang kemudian diikuti oleh banyak daerah lain di Indonesia. Namun bukan itu saja yang bisa Anda dapatkan dari Jember. Kulinernya juga juara,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sabtu (2/6).

Menpar Arief pun mengajak kita memburu #PesonaKulinerLebaran di Jember pada liburan panjang lebaran ini. “Dijamin Anda tak akan menyesal bertandang ke Jember. Sajian kulinernya menggugah selera. Semuanya enak. Ayo ke Jember,” ajak Menpar Arief.

Tertarik terima tantangan Menpar Arief untuk menjajal kuliner Jember? Berikut #Top10KulinerLebaran Jember yang wajib kamu coba.

Pecel Gudeg

Mau tahu bagaimana rasanya paduan pecel dan gudeg? Jember bisa menyajikannya buat kamu. Kuliner ini unik karena merupakan kolaborasi antara nasi pecel dengan gudeg, cecek, potongan daging, rempeyek, kacang panjang, dan sambal pecel yang khas. Kuliner Jawa Tengah dan Jawa Timur berpadu apik menjadi Pecel Gudeg yang sudah pasti menggugah selera.

Nggak ada tempat khusus di Jember yang menyediakan kuliner ini.  Pecel gudeg ini dapat dengan mudah kamu temukan di setiap warung makan yang ada di Jember.

Suwar Suwir

Suwar suwir merupakan sajian kuliner yang dibuat dari tape yang sudah diproses dengan cara khusus dan bertekstur sedikit keras meskipun tampilannya mirip dodol. Suwar suwir dibuat dari tape singkong yang dicampur dengan gula. Ada banyak rasa yang bisa kamu pilih. Rasa sirsak menjadi rasa original dari Suwar Suwir ini. Selai itu ada pula rasa kacang, susu, strawberry, dan bahkan rasa coklat.

Suwar Suwir adalah buah tangan khas Jember. Karena itu setiap toko oleh-oleh yang ada di kota itu pasti menyediakan kudapan ini.

Prol Tape

Ini adalah inovasi masyarakat Jember sebagai cara menanbah nilai produk tape. Saat ini, prol tape terdiri dari rasa coklat, kismis, keju, dan original. Prol tape pas disajikan saat kamu sedang berkumpul dengan keluarga. Bahan yang digunakan dalam membuat prol tape diantaranya tepung terigu, tape singkong, susu, margarin, dan juga telur. Paduan antara manis, kecut, dan gurih Prol Tape membuat liadah ingin mencicipinya lagi dan lagi.

Mie Rama

Mie rama dijual di resto mie rama yang terletak di Jalan Diponegoro Nomor 28, Jember. Meskipun dari luar resto ini terlihat sangat sederhana dengan nuansa vintage tempo dulu yang sangat kental, namun rasa dari sajian olahan mienya sangatlah menggoda. Resto mie ini buka mulai sore hingga malam hari sampai porsi mie dalam sehari habis. Beberapa menu dari resto mie rama adalah mi pangsit ayam, pangsit kuah, yong tahu (tahu isi daging), bakwan, dan beberapa menu lainnya yang nggak kalah enak.

Bebek Galak

Mau merasakan serangan pedas di lidah kamu? Coba saja Bebek Galak. Sesuai namanya, olahan bebek ini memiliki sensasi pedes yang galak. Tampilannya saja sudah bikin keringatan. Bebek goreng bertekstur empuk dengan baluran bumbu berwarna merah menantang. Kuliner bebek galak ternyata dijual di kedai Bebek 88 yang merupakan kedai spesial bebek yang berlokasi di Jalan Jawa No 13A, Jember.

Rumpi Rumpi Home Bistro

Ini adalah tempat makan berkonsep modern dan kekinian di Jember. Lokasinya di Jl. Tidar No. 21 Sumbersari, Jember. Menu andalannya adalah Ayam Rica rica with Sambal Matah. Sensasi pedesnya yang sadis cocok buat kamu yang menggilai cabe. Pesan menu ini siap-siap merem melek.

Kalau kamu nggak suka lidah kamu terbakar, ada menu nasi bakar tuna yang bisa kamu coba. Enak, sudah pasti.

Martabak & Terang Bulan King Jember

Ini adalah tempat paling ngehits di Jember untuk mendapatkan kudapan martabak dan terang bulan bercita rasa tinggi. Kelebihannya adalah, kamu bisa mendapatkan toping yang berbeda di setiap slice Terang Bulan. Itu membuat setiap kunyahan memiliki sensasi yang berbeda. Martabaknya telornya juga enak. Kamu pasti suka.

Kamu bisa menemukan martabak spesial ini di Jl, karimata No. 50, samping Hotel Royal, Jember. Gerainya buka dari pukul 15.00 hingga 22.00.

Soto Ayam Dahlok Jember

Ini kuliner legenda di Jember. Gerainya sudah ada sejak kamu belum lahir, yakni 1958. Opsi sotonya ada tiga macam: ada soto biasa, istimewa, serta jeroan. Satu porsi istimewa hanya dihargai Rp 10 ribu.

Alamat Soto Ayam Dahlok di Jl Fatahilah No 1 Jember. Gerainya buka sepanjang hari.

Pia Tape

Pia dengan isian kacang hijau mungkin sudah biasa. Tapi Pia Tape? Belum pernah cobain yah? Makanya ke Jember. Rasanya juara. Kulit luarnya yang renyah namun lembut berpadu dengan isian tape yang diperkaya dengan keju dan pisang. Semuanya langsungl lumer sempurna di dalam mulut kamu. Ada pula isian yang merupakan kombinasi tape dan coklat. Rasanya nggak kalah menggoda

Pia tape ini dapat dibeli di jalan Trunjoyo serta Gajahmada Kota Jember.

Angkringan Joglo 130 Jember

Ngangkring nggak hanya bisa dilakukan di Jogja atau Solo. Di Jember juga bisa. Datang saja ke Angkringan Joglo 130 Jember di Jl. Letjen Pandjaitan No. 130 Sumbersari. Banyak pilihan menu yang bisa kamu coba. Menu andalannya tentu saja nasi kucing. Lalu untuk pelengkap tersedia beragam gorengan dan sate-satean. Karena buka malam sebagaimana angkringan pada umumnya, di sini juga tersedia minuman penghangat badan. Dari teh hangat hingga wedang jahe lengkap tersedia. Tinggal pilih mana yang kamu suka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here