SEMARANG – Beragam kuliner otentik Kota Semarang siap menyambut pemudik Lebaran 2018. Cita rasa yang diberikan juara. Ragam pilihannya sangat banyak. Rekomendasinya diberikan TripAdvisor. Apalagi, kuliner tersebut berada di spot strategis dengan aksesibilitas mudah.

“Beragam kuliner terbaik ada di Semarang. Cita rasanya nikmat dan sangat otentik. Silahkan singgah di destinasi kuliner tersebut. Silahkan nikmati ragam jenis kulinernya. Pokoknya semuanya akan memberi kesan yang berbeda dan luar biasa,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Selain nuansa klasik dengan bangunan tua, kuliner Kota Semarang juga seksi di lidah. Secara historis, kuliner kota ini dipengaruhi oleh 4 budaya. Ada Jawa, Arab, India, dan Belanda. Akulturasi budaya ini pun membuat ragam kuliner tumbuh pesat. Kota Semarang pun semakin kaya warna dengan kolaborasi kuliner daerah lain. Menpar menambahkan, Semarang adalah destinasi wisata kuliner terbaik.

“Semarang ini salah satu destinasi kuliner terbaik di Indonesia. Publik mancanegara juga sudah tahun akan hal ini. Untuk itu, saat pulang kampung nanti, Kota Semarang merupakan tempat terbaik untuk berburu kuliner nikmat dan legendaris,” tegas Menpar lagi.

Saat ini, TripAdvisor merilis 10 rekomendasi kuliner terbaik di Kota Semarang. Adapun etalase rujukan kuliner terbaik ada di #PesonaKulinerLebaran2019, #10TopKulinerLebaran2019, dan #PesonaIndonesia. Berikut ini rincian Top 10 Kuliner Terbaik Mudik Lebaran 2019 yang bisa dikunjungi :

1. Leonpia Gang Lombok

Berada di Kota Semarang kurang lengkap kalau belum menyantap lumpia. Lokasi terkenal ada di Gang Lombok, Pecinan, Semarang. Julukan Semarang sebagai kota lumpia juga berasal dari gang ini. Kuliner ini perpaduan kultur Jawa dan Tiongkok dengan rebung dan udang sebagai isiannya. Kudapan ini lalu dijual di pasar malam Olympia Park. Memudahkan penyebutan, namanya disederhanakan ‘lumpia’.

Ada 2 jenis lumpia yang ditawarkan, basah dan goreng. Untuk isian, rebung memakai bambu betung. Gang Lombok juga mengkombinasikannya dengan telur, udang, dan bawang. Karena tidak memakai bahan pengawet, lumpia basah ini hanya tahan 24 jam saja. Karena nikmat, 167 responser TripAdvisor memberi label luar biasa, lalu 168 memberi kategori sangat bagus. Total ada 405 responden.

2. Warung Soto Bangkong

Sama seperti wilayah lainnya, Kota Semarang juga memiliki soto khas yang nikat. Yaitu Soto Bangkong. Nama bangkong diambil dari lokasinya yang berada di perempatan bangkong. Salah satu kunci nikmat Soto Bangkong adalah kecapnya yang diproduksi sendiri. Mereka juga menggunakan ayam kampung sehingga membuat kuah menjadi gurih dan nikmat.

Menambah daya tarik tampilan, Soto Bangkong juga diisi irisan tomat, bihun, tauge, bawang merah, dan bawang putih. Biasanya soto ini didampingi sate ati, kerang, hingga telur puyuh. Ada juga sate tempe, tahu, dan perkedel. Rasa soto semakin nikmat bila dikombinasi dengan sate kerang. Untuk menikmati Soto Bangkong, silahkan menuju perempatan Bangkong, Semarang, mulai pukul 18.00 WIB.

3. Soto Kudus Mbak Lin

Terbuka bagi kultur lain, Kota Semarang juga memiliki koleksi Soto Kudus yang super nikmat. Gerainya diberi label Soto Kudus Mbak Lin. Lokasinya ada di Jalan Ki Mangunsarkoro, No.15, Semarang. Ada banyak varian soto yang ditawarkan. Mulai dari berkuah bening, kecokelatan, atau kuning kecokelatan. Selain itu ada juga nuansa Kudus dengan kuah sedikit keruh dan kekuningan.

Sebagai menu pendamping, ada juga sate telur puyuh, sate daging ayam, sate usus ayam, sate ampela, hingga sate telur muda. Soto menjadi semakin nikmat bila dimakan bersama bergedel. Lalu, penyajian Soto Kudus Mbak Lin ini unik lantaran memakai mangkuk porselen Tiongkok yang mungil. Masuk jadi rekomendasi TripAdvisor, gerai ini juga menyajikan sate kerang.

4. Lekker Paimo

Semarang menawarkan sisi terbaik dari kuliner Lekker Paimo. Kuliner ini sangat legendaris. Lokasinya ada di Jalan Ki Mangunsarkoro, Semarang. Aromanya sangat harum. Ada ragam varian yang ditawarkan seperti keju sosis mozzarella. Harganya sekitar Rp30 Ribu per porsi. Sensasi rasanya sangat gurih dengan topping sosis, daun bawang, dan telur ayam.

Selain itu, ada juga lekker cokelat keju yang dibanderol Rp4 Ribu per porsi. Lekker pisang cokelat keju memiliki tekstur lebih tipis. Sensasi rasanya manis dan sangat menggoyang lidah. Leeker Paimo ini buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Lekker ini juga membuka cabang di Jalan Karanganyar No. 37 atau di depan SMA Kolase Loyola.

5. Loenpia Mbak Lien

Lumpia atau loenpia adalah kuliner khas Semarang. Salah satu yang terkenal adalah Loenpia Mbak Lien. Mbak Lien adalah generasi ke-4 dari pencipta resep lumpia Semarang Tjoa Thay Yoe. Mempertahankan tradisi, Loenpia Mbak Lien dijual secara kaki lima dengan konsep kafe tempo dulu. Varian lumpia yang ditawarkannya adalah basah dan goreng.

Untuk lumpia basah, isiannya sudah matang. Rasanya otentik agak manis dengan rebung dan telur yang ada di dalamnya. Lalu, varian lumpia goreng terasa semakin gurih. Selain lumpia, pengunjung bisa menikmati minuman seperti teh, kopi, espresso, coklat, dan beragam minuman dingin lain. Lumpia ini ada di Gang Grajen, Jalan Pemuda Nomor 1, Pandansari, Semarang Tengah, Semarang.

6. Soto Selan

Warung Soto Selan sudah beroperasi 1955. Lokasinya berada di Jalan Depok Nomor 36D, Kembangsari, Semarang Tengah, Kota Semarang. Fisik bangunannya unik dengan arsitektur kuno berlantai 2. Saat ini, Soto Selan dikelola oleh generasi ke-3. Penyajiannya unik dengan komposisi nasi putih, taoge rebus, irisan seledri, suwiran daging ayam, dan taburan bawang putih goreng.

Rasa kaldunya terasa gurih dengan warna bening. Soto ini menggunakan ayam kampung dan sangat empuk. Porsinya terbagi besar, medum, dan kecil. Soto Selan juga menyediakan sate telur puyuh, sate kerang, sate kulit ayam, otak sapi, ayam goreng, tempe goreng, perkedel, dan hati ampela. Untuk cita rasa pedas ada dua pilihan sambal, seperti sambal merah dan pedas manis.

7. Tong Tji Cafe Lobby Hotel Hom

Menikmati teh hangat khas Tong Tji menjadi momentum terbaik saat berkunjung ke Searang. Aroma dan rasa teh ini sangat khas. Varian pilihannya juga beragam. Pengunjung juga bisa merasakan kenikmatan kuliner nasi goreng, tahu bakso, dan tempe mendoan. Silahkan datang ke Jalan Pandanaran Nomor 119, Mugassari, Semarang Selatan, Kota Semarang.

8. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Pak Untung merupakan spesialis Gulai Kepala Ikan. Lokasi gerainya berada di Jalan Siwalan Nomor 1, Semarang, Jawa Tengah. Setiap harinya buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Hari operasinya hanya Senin sampai Sabtu, untuk hari libur nasional tetap buka. Selama barada di sana, pengunjung bisa memilih aneka menu dengan cita rasa nikmat.

Beberapa menu yang bisa dinikmati adalah Gulai Kepala Ikan. Variannya adalah, Kepala Nila, Salmon, dan Kakap. Ada juga menu lainnya seperti Gilai Belly Nila dan Belly Nila Goreng. Untuk harganya pun sangat ramah, berkisar Rp8 Ribu hingga Rp30 Ribu. Spesial menu lainnya, Ikan Kembung Goreng, Ikan Kor Kuning Goreng, Cah Brokoli, lalu minumannya Es Siwalan Blewah.

Lokasi Gulai Kepala Ikan Pak Untung sangat strategis. Posisinya berada di Jalan Siwalan Nomor 1, Pemuda, Semarang, Jawa Tengah.

9. Ajam Goreng Lombok Idjo

Ajam Goreng Lombok Idjo merupakan destinasi terbuka bagi semua kalangan. Lokasinya berada di Jalan Gajah Mada Nomor 158, Semarang. Menu yang ditawarkannya sangat banyak. Ada paha/dada ayam goreng/bakar, kepala goreng, empal penyet sambal terasi, ati ampela goreng, tahu/tempe sambal terasi/bawang/ijo, dan sayur bening.

Ada juga varian menu balado terong, dan pete goreng, sop ataupun sayur asem. Komposisi minuman yang ditawarkan super segar. Ada soda soemringah, es sedjoek, es tipis, wedang tomat, es kelapa muda, es kejer, djoes djeruk, dan djoes semangka.

10. Super Penyet

Super Penyet menjadi lokasi terbaik hangout dan kuliner. Ada banyak keunikan yang ditawarkan, selain cita rasanya yang juara. Spot ini merupakan surganya bagi para pecinta sambal. Varian sambalnya mulai terasi segar, kalasan, dondong, dabu-dabu, juga korek. Rasanya beragam, pedas, asam, hingga manis. Varian makannya sangat banyak.

Super Penyet menyediakan sajian berisi telur penyet, tahu pletok, super ayam penyet, super bakso penyet, hingga super empal penyet. Ada juga super bebek penyet, super udang penyet, super iga penyet, super buntut penyet, juga bandeng presto. Menu ditawarkan dengan harga Rp3.500 hingga Rp30 Ribu. Untuk minuman, ada Es Fantasi Buah, Es Hijau Daun, Es Fun Jelly, Es Putri Salju, dan Es Hitam Manis.

Lokasi dari Super Penyet berada di Jalan Gajah Mada, Nomor 87 , Semarang. Cabang lainnya di Jalan Setiabudi Nomor 207, Banyumanik, dan Jalan Brigjen Katamso Nomor 22, Majapahit.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here