Humbahas – Kawasan Geosite Sipinsur dinilai memiliki karakter mirip Orchid Forest di Lembang, Bandung. Kawasan ini layak dikembangkan menjadi destinasi untuk wisatawan milenial.

Seperti itulah penilaian Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat melakukan kunjungan kerja ke Humbang Hasundutan, Minggu (28/7). Menpar menilai Kawasan Geosite Sipinsur bisa menjadi atraksi tersendiri. Atraksi untuk mendatangkan wisatawan milenial ke Danau Toba.

“Lokasi Sipinsur hampir mirip dengan Orchid Forest Cikole di Bandung. Kalau dibuat rumah gantung dan jalan gantung seperti Cikole, tentu ini konsepnya anak muda milenial banget. Apalagi ditambah dengan spot selfie,” kata Menpar Arief.

Geosite Sipinsur termasuk kawasan wisata utama di Kabupaten Humbang Hasundutan. Luasnya sekitar 2 hektare dan berada di ketinggian 1.213 meter di atas permukaan laut. Kawasan hutan pinus ini berfungsi juga sebagai camping ground. Ada juga fasilitas taman bermain untuk anak-anak.

Menpar sendiri ke kawasan Danau Toba untuk meninjau langsung kesiapan infrastruktur dan sektor pariwisata. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Sebab, Danau Toba telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi super prioritas.

Menpar tiba di Bandara Silangit, Minggu (28/7), bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimoeljono. Mereka disambut Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, dan Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo. Mereka lalu berdiskusi mengenai pengembangan Pariwisata Danau Toba.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor mengatakan Kawasan wisata Sipinsur sendiri masih dikelola oleh Pemerintah daerah. Dan akan terus dibenahi. Sipinsur akan dijadikan sebagai daya tarik untuk wisatawan ke Danau Toba. Khususnya, di wilayah Humbahas.

“Geosite Sipinsur ramai dengan wisatawan pada hari libur atau akhir pekan. Jumlahnya bisa mencapai 5 ribu wisatawan. Kami terus memperbaiki berbagai atraksi di sini sebagai daya tarik, salah satunya menyiapkan tempat musik yang biasa digunakan saat akhir pekan,” kata Bupati Dosmar Banjarnahor.

Dari Geosite Sipinsur ini, wisatawan akan langsung berhadapan dengan pulau kedua Pulau Sibandang. Pulau ini bisa dicapai dalam waktu 10-15 menit dari pelabuhan Muara, sekitar 30 menit perjalanan menuruni bukit dan jalan berkelok dari Geosite Sipinsur.

Geosite Sipinsur sangat mudah dijangkau. Hanya sekitar 18 kilometer dari Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara.

Setelah dari Geosite Sipinsur Menpar Arief Yahya bersama rombongan juga meninjau langsung destinasi-destinasi di sekitar Kabupaten Humbahas. Mulai dari pemandian Aek Sipangolu hingga Situs Cagar Budaya Istana Raja Sisingamangaraja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here