INDONESIATRAVEL.NEWS-Kota Tegal memiliki pesona nature dan manmade yang luar biasa. Kota Bahari siap memberikan ‘fantasinya’ dalam #PesonaDestinasiLebaran2018 sekaligus #PesonaMudik2018. Dengan potensi besarnya, wajar bila TripAdvisor sangat merekomendasikannya.

“Wilayah Tegal merupakan situs besar destinasi pariwisata. Nature, culture, juga buatannya sama-sama juara. Kota Tegal akan memberikan kesan dan pengalaman layaknya berada di negeri dongeng. Dijamin liburan dan perjalanan mudik Lebaran menjadi semakin luar biasa,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (31/5).

Surga di Kota Bahari Tegal ditawarkan melalui beberapa destinasi wisata. Ada Pemandian Air Panas Guci, Pantai Alam Indah, atau destinasi buatan Rita Park Tegal. Rita Park ini bahkan dinobatkan sebagai area bermain paling luas di Jawa Tengah. Memiliki sejarah besar pluralisme, Kota Bahari juga memiliki situs wisata religi dalaam eksotisme bangunan Klenteng.

“Kota Tegal selalu memberikan inspirasinya. Semangat keberagaman mereka itu luar biasa. Semua latar belakang bisa berdampingan dan bahu membahu dengan baik. Saling menghormati. Semoga liburan dan perjalanan mudik semakin nyaman dengan destinasi wisata terbaik di Tegal. Enjoy Tegal,” katanya.

Menambah kenyamanan, kecanggihan piranti Waze atau Google Maps siap membantu. Tinggal klik saja melalui gawai masing-masing. Tunggu instruksi. Lalu, akan dibawa menuju lokasi dengan rute tercepat. Berikut #Top10DestinasiLebaran2019 di Tegal dengan ragam eksotismenya versi TripAdvisor.

1. Pemandian Air Panas Guci

Menikmati eksotisme alam plus melepas lelah, maka Pemandian Air Panas Guci tempatnya. Pengunjung bisa berendam dihangatnya air panas alami dari Gunung Slamet. Hanya membayar tiket Rp5 ribu saja, pengunjung bisa berendam sepuasnya. Ada banyak khasiat dari air panas ini, seperti terapi penyakit tulang dan kulit. Tidak perlu risih, sebab kolam berendam ini sudah dikelompokan menurut gender.

Agar fresh, segera arahkan perjalanan menuju Desa Guci, Bumijawa, Tegal. Selain bugar, rasa penat juga hilang setelah menikmati udara sejuk dan eksotisme alamnya yang luar biasa. Bila ingin menginap, di sini disediakan beragam guest house dengan harga miring. Pastikan fasilitas rekomendasi TripAdvisor ini tidak terlewatkan begitu saja. Kalau bingung, klik saja Waze atau Google Maps-nya.

2. Rita Park Tegal

Menjadi kepingan puzzle negeri dongeng Kota Bahari, Rita Park Tegal menawarkan sensasi lebih. Model petualangan hingga family tersedia lengkap di sini. Piranti yang ditawarkan luar biasa canggih. Ada 22 wahana yang bisa dinikmati publik. Diantaranya Circus Travel, Pulau Hiu, Kincir-Kincir, Mini Coaster, dan Flying Tiger. Terdapat juga 5D Cinema, Sky Drop, Circle 360, Mini ATV, hingga Space Travel.

Memiliki fasilitas lengkap, Rita Park Tegal bisa dijangkau dengan tiket murah. Ada 2 opsi tiket. Pertama, membayar tiket Rp25 ribu plus deposit Rp10 ribu. Unntuk menikmati wahana, harga tiket direntang Rp10 ribu-Rp15 ribu. Kalau tidak mau repot, pakai opsi kedua. Beli saja tiket terusan Rp75 ribu. Lalu, bisa berkeliling sambil mencoba beragam wahana.ss

Kalau penasaran kunjungi saja Rita Park Tegal. Lokasinya strategis di poros Jalan Pantura. Atau, klik saja Waze atau Google Maps-nya.

3. Waduk Cacaban

Memiliki kekuatan nature luar biasa, Waduk Cacaban ini sejatinya buatan Belanda. Berfungsi menjamin pasokan air bersih dan irigasi pertanianwaktu itu, waduk ini sudah berumur ratusan tahun. Situs ini masih terjaga keotentikan bangunan dan detail ornamennya. Kawasan di XXXX ini pun ideal untuk bernostalgia.

Ada beragam keseruan yang ditawarkan Waduk Cacaban. Pengunjung bisa mengeksplore keindahan hijau alam dan Gunung Semar yang eksotis. Nuansa semua masih sangat alami. Sembali tracking, para pengunjung bisa mengabadikan moment dalam foto lalu langsung diunggah melalui media sosial. Bila ingin lebih, sewa saja perahu dengan kapasitas 4-8 orang untuk mengelilingi area waduk.

4. Klenteng Tek Hay Kiong

Menegaskan eksotisme keragaman, Klenteng Tek Hay Kiong pun dihadirkan TripAdvisor. Lokasinya di Jalan Gurame No. 4, Tegal. Menjadi situs wisata religi, Klenteng ini memiliki sejarah panjang. Berusia 305 tahun, kawasan ini memiliki luasan 4.500 meter persegi. Klenteng ini menjadi pemujaan Konco Tek Hay Cin Jien atau Dewa Pelindung.

Bagi masyarakat Tegal, Klenteng ini sangat familiar. Sebab, detail ornemen arsitekturnya unik. Semua masih otentik, meski restorasi pernah dilakukan pada tahun 1873. Perbaikan ini dilakukan oleh Kapiten Tan Koen Hway dengan tidak mengubah filosofi dan keaslian arsitekturnya. Bila penasaran, Klenteng Tek Hay Kiong bisa menjadi destinasi menarik. Ada banyak inspirasi untuk ditarik benang merahnya.

5. Klenteng Hok Ie Kiong

Menambah warna pluralisme Kota Bahari Tegal, inspirasi pun dihadirkan TripAdvisor. Kali ini melalui eksotisnya Klenteng Hok Ie Kiong. Lokasinya ada di Jalan A Yani No. 9, Slawi, Tegal. Yang spesial, disini budaya gotong royong Toapekong masih dipertahankan. Klenteng ini juga aktif dalam beragam acara Cap Go Meh hingga Ulang Tahun Kongco.

Klenteng ini memiliki grup Barongsai yang paten. Di sini memang memiliki Toapekong. Yaitu sebutan untuk patung leluhur. Biasanya Toapekong ini diarak keliling kota, terutama pada agenda Cap Go Meh. Dan, culture Klenteng Hok Ie Kiong ditegaskan dengan eksotis arsitekturnya. Detail dan ornamennya pun masih original. So, pengunjung bisa mendapatan banyak inspirasi di sini.

6. Pantai Alam Indah

Menguatkan rasa Tegal sebagai Kota Bahari, Pantai Alam Indah pun direkomendasikan TripAdvisor. Lokasinya ada di Jalan Bali, Martoloyo, Tegal. Kawasan ini menjadi destinasi ramah bagi keluarga. Lalu, aktivitas yang bisa dilakukan adalah berenang dan bermain pasir. Kawasan ini biasanya buka mulai pukul 06.00-18.00 WIB dan dilengkapi berbagai piranti keselamatan.

Pantai Alam Indah juga menjadi spot terbaik untuk menikmati golden sunset. Wajar saja bilaarea ini menjadi spot favorit pada penghobi fotografi. Selain itu, di sini juga tersedia beragam kuliner lengkap. Lebih spesial lagi, pengunjung bisa menikmati kuliner persis di bibir pantai.

7. Taman Rakyat Slawi Ayu

Kalau ingin sekedar nongkrong, Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA) ini lokasi yang ideal. Tempatnya ini strategis di Jalan A Yani, Procot, Slawi, Tegal. Atau, di jalur utama Tegal-Purwokerto. Diresmikan 2013, TRASA menjadi ruang bagi publik Tegal berekspresi. Diantaranya, aktivitas sosial, pentas seni, olahraga, dan sebagainya dengan infrastruktur pendukung terbaik.

Secara fisik, TRASA terbagi dalam tiga bagian utama. Pada shelter utara menjadi lokasi penjual produk atau oleh-oleh khas Tegal. Untuk shelter tengah dikhususkan bagi kegiatan masyarakat. Ada stage yang berjenjang dengan lantai khusus sehingga ideal untuk beragam pertunjukan seni budaya. Lalu, shelter selatan menjadi lokasi PKL berjualan.

8. Bangunan Universitas Pancasakti

Berlokasi di Jalan Pancasila 2, Tegal, Bangunan Universitas Pancasakti ini sangat familiar. Desain dari arsitekturnya Eropa klasik. Gedung ini menjadi peninggalan zaman kolonialisme Belanda. Historisnya pun dikuatkan bersama sejarah Perkereta Apian. Lebih luar biasa lagi, fisik bangunan ini masih terawat baik di sisi luar dan dalamnya.

Kental bernuansa klasik, Bangunan Universitas Pancasakti ini pun sangat instagramable. Bagi penghobi fotografi, maka zonasi ini menjadi surga bagi mereka. Ada banyak spot foto dengan angle terbaik yang siap dibidik. Lalu, opsi berikutnya adalah mengunggahnya di media sosial demi mendapatkan banyak like dari netizen.

9. Rihan Turisma

Berada di wilayah Guci, Bumijawa, Tegal, Rihan Turisma menjadi surga tersembunyi. Dikelola secara profesional, Rihan Turisma menjadi destinasi pariwisata kelah wahid. Ada dua opsi penawaran, seperti villa dan kolam renang air panas. Lokasinya yang strategis pun semakin memanjakan pengunjung bisa menikmati view eksotis Gunung Slamet secara leluasa.

Dengan nuansa kekinian, Rihan Turisma pun melengkapi pilihan destinasi instagramable di Kota Tegal. Di sini pengunjung juga bisa memuaskan hobi fotografi dengan dominasi background alam. Lalu, bisa langsung mengunggahnya di media sosial. Sebab, dukungan internet terbaik telah tersaji di destinasi ini.

10. Toko Batik Semar

Destinasi wisata Tegal pun semakin lengkap dengan Toko Batik Semar. Berada di Jalan Raya Banjaran, No. 103, RT.003, Mangkukusuman, Tegal, destinasi ini menjadi surganya batik. Dengan beragam jenis koleksi unik terbaik, dijamin hasrat shopping pengunjung akan terpuaskan. Sangat kreatif dan inovatif, ada banyak ragam jenis batik dan modelnya yang bisa menyemarakan momentum Lebaran tahun ini.

Batik Semar juga merupakan brand kuat. Inovasi mereka menghasilkan batik model slim fit bagi kids zaman now. Demi memanjakan pengunjung, ada beragamukuran yang ditawarkan. Kalau butuh size khusus, maka ukuran XS dan 5L pun siap diberikan. Demi menjamin keawetan batik, toko ini pun juga menyediakan lerak. Lerak adalah produk pembersih batik agar motif dan warnanya tetap awet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here