INDONESIATRAVEL.NEWS– Banjarnegara adalah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Selain memiliki sejuta keindahan alam yang memesona, kabupaten ini juga mempunyai #PesonaKulinerLebaran2018 dan PesonaMudik2018 yang khas. 

“Jalan-jalan ke suatu tempat memang kurang lengkap jika tidak mencicipi kudapan khasnya. Dan masing masing daerah di Indonesia memang memiliki kekayaan kulinernya yang seolah tidak akan pernah ada habisnya. Seperti halnya Banjarnegara, #PesonaKulinerLebaran2018 di sana siap menemani libur Lebaran para wisatawan,” ujar Menpar Arief Yahya, Minggu (3/6).

Berikut referensi #10TopKulinerLebaran2018 di Banjarnegara yang dijamin mampu menggoyang lidah Anda. Karena Banjarnegara memang mempunyai makanan khas denag bumbu resep rahasia yang pastinya bakal bikin ngiler.

1. Warung Makan Soto Krandegan

Awali pagi harimu dengan soto krandegan  yang gurih! Lengkapi tetesan jeruk nipis agar menambah citarasanya.

Soto krandegan Banjarnegara sepertinya paling pas untuk persiapan energi di siang hari. Perpaduan kuah kental santan, ketupat, irisan tauge dan potongan daging sapi yang empuk akan memanjakan selera makanmu dalam sekejap. 

Tak perlu bingung mencari kuliner khas yang satu ini, datang saja ke alun-alun Banjarnegara dan kamu akan menemukan banyak penjual soto krandegan dengan raza yang lezat serta harga yang terjangkau.

Takrung ini beralamat di Jl. Kijagapati I No.33, Kutabanjarnegara, Krandegan, Kec. Banjarnegara.

2. Combro Kalipalet

Jangan terlalu kenyang kalau sarapan di Banjarnegara. Sebab ada Combro Kalipalet yang bisa memperbaiki mood perjalananmu!

Combro ini adalah cemilan khas warga Kalipalet, Banjarnegara. Makanan berbahan dasar singkong ini sangat nikmat jika disajikan dengan cabai rawit atau es teh manis, lho.

Di Banjarnegara ada begitu banyak tempat produksi combro diantaranya adalah Argasoka, Kalipalet dan Karangrengah. Yuk ngemil dulu sebelum mulai berpetualang!

3. Bakso Ketupat Belakang Polres 

Ketika menjelang siang dan perutmu mulai keroncongan lagi, segera nikmati bakso ketupat belakang Polres Banjarnegara. Rasanya gurih dan mengenyangkan.

Warung bakso yang terkenal ini, tak pernah sepi didatangi pengunjung. Dengan harga yang terjangkau, di Rp10.000, kamu sudah bisa menikmati santap siang tanpa takut kehabisan uang.

Dengan campuran ketupatnya yang cukup banyak, kamu nggak perlu khawatir akan kelaparan lagi dengan cepat. Kaldu sapi yang kental dengan rasa bakso yang enak sekali gigit ini pun menjadi ciri khas bakso ketupat belakang Polres Banjarnegara ini.

4. Es Dawet Ayu

Perjalanan siang Anda takkan lengkap jika tak mencicipi Es Dawet Ayu khas Banjarnegara. Dengan rasa yang segar dan harga terjangkau, pasti akan minta lagi.

Es dawet bercampur gula jawa ini, harganya sangat terjangkau. Sekitar Rp3.000-Rp5.000 saja. Karena minuman merakyat ini khas di Banjarnegara, Anda bisa dengan mudah menemukannya di sepanjang jalan.

5. Saung Bu Mansyur 

Tempat yang pas juga untuk destinasi kuliner makan siang Anda. Tempatnya asyik karena dikelilingi persawahan dengan saung dan kolam ikan. Lokasinya ada di Jl. Kedasih no.55 Tretek, Parakancanggah, Banjarnegara.

Menu istimewanya adalah makanan tradisonal khas Jawa. Dari mulai cah kangkung, goreng ikan hingga sambal yang nikmat ada disini.

6. Rumah Kopi 2 Banjarnegara

Rumah Kopi 2 Banjarnegara berlokasi di Jl Dipayuda 2A Banjarnegara. Atau, di tengah kota Banjarnegara. Kedai kopi ini adalah milik Kibordis band rock lawas Powerslaves, Wiwiex Soedarno.

Ornamen hitam putih yang menghiasi interior kedai, dilengkapi live musik akustik setiap hari, membuat suasana semakin nyaman dan ngopi kita semakin nikmat. Entah itu sambil bekerja, rapat atau sekadar ngobrol-ngobrol.

Di kedai kopi ini, Wiwiex mengusung tema lokal dengan menyediakan kopi organik khas Banjarnegara. Untuk jenis arabica proses full wash ada kopi Kalibening, Balun, Wanayasa, Kasmaran dan Babadan. Sedangkan jenis robustanya ada kopi Pesangkalan, Tlaga, dan juga Kalibening.

Menurut Wiwiex, kopi Banjarnegara punya kualitas yang tidak kalah dibandingkan kopi dari daerah-daerah seperti Toraja, Gayo, Kintamani, dan kopi-kopi lainnya.

7. Buntil Banjarnegara

Sore hari telah tiba, yuk cicipi citarasa khas dari Buntil Banjarnegara yang fenomenal ini.

Pernah mendengar tentang buntil? Makanan bersantan dari daun singkong yang terkenal ini sudah banyak digemari terutama oleh orang-orang penyuka makanan gurih dan pedas. Meskipun khas di Banjarnegara, Anda juga bisa menemukan buntil di daerah lain di Jawa Tengah.

Terasa hampa jika hanya berisi daun singkong, campuran lain seperti petai, ikan teri serta juhi lah yang sering dijadikan pelengkap hidangan buntil khas Banjarnegara ini. Sajikan sengan nasi hangat dan es teh supaya perut dan lidahmu terpuaskan, ya.

8. Mendoan

Menjelang malam hari yang syahdu di Banjarnegara, tak lengkap rasanya jika tak ditemani si cantik nan gurih Mendoan Banjarnegara.

Kembali mensyukuri keanekaragaman kuliner di Indonesia, kita wajib mengenal makanan khas Banjarnegara berbahan dasar tempe ini. Balutan tepung dan irisan daun bawang pada tempe ini menambah selera makan kita apabila disajikan dengan sambal kecap yang super pedas.

Sebelum malam hari datang, sebaiknya kamu bergegas mencari mendoan di warung-warung atau pedagang kaki lima di sepanjang jalan Banjarnegara. Nikmati selagi hangat agar kelezatannya tak berkurang!

9. Roman Cafe and Resto

Ingin mencoba tempat makan yang sedikit berbeda dari sekadar cafe atau resto di Banjarnegara? Di Roman Cafe and Resto, Anda bisa merasakan suasana romantis ala cafe sekaligus makan enak layaknya sebuah resto.

Tak hanya mendapatkan suasana makan yang romantis, menu-menu yang disediakan juga jempolan. Contohnya ayam bakar madu yang kata Pramudiyo, termasuk menu yang paling banyak dipesan. Harganya pun murah meriah. 

10. Mie Ongklok 

Mie Ongklok Banjarnegara lengkap dengan sate dan kuah pedasnya, sepertinya pas dijadikan pengantar tidur karena lelah seharian. Tutup petualangan kulinermu dengan mie ongklok.

Menikmati sajian mie yang berbeda dari biasanya dengan mie ongklok, yuk! Cara meraciknya anti mainstream yaitu dengan di kocok dengan bumbu-bumbu khusus membuat harga mie ini cukup mahal dibanding mie yang lainnya. 

Campuran daging sapi, ayam, ebi, sawi dan kol mampu menciptakan perbaduan yang sempurna lengkap dengan sate ayam berkuah kacang kental ini.

Jika Anda kebingungan mencari mie ongklok yang enak di Banjarnegara, datang saja ke Semampir, Kecamatan Banjarnegara, tepatnya di warung mie ongklok Pak Tugi yang sudah terkenal dan harganya yang masih wajar untuk kantong mahasiswa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here