JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak kita semua untuk mengikuti periode II Lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019. Peserta bisa memanfaatkan kemudahan aksesibilitas. Sebab, sejumlah destinasi telah tersambung dengan jalan tol.

Periode II Lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019 digelar 27 Mei – 10 Juni 2019. Sedangkan pengumuman dilakukan 15 Juni. Tema yang diangkat adalah Lebaran Penuh Pesona. Kegiatan ini memperlombakan tiga kategori. Ada Pesona Kuliner, Pesona Destinasi, dan Pesona Event.

Peserta akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp150.000.000. Dengan rincian, juara Pesona Kuliner Rp1.000.000 untuk 50 Orang Pemenang. Juara Pesona Destinasi juga mendapat Rp1.000.000 untuk 50 Orang Pemenang. Begitu juara Pesona Event yang mendapat Rp1.000.000 untuk 50 Orang Pemenang.

“Kita harus memberikan apresiasi kepada Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan pembangunan jalan tol. Karena, akses ke sejumlah destinasi menjadi sangat mudah. Kawan-kawan yang ingin mengikuti Lomba Foto Instagram juga dipermudah. Karena, di rest area jalur tol sendiri banyak kuliner yang bisa diangkat,” paparnya, Sabtu (8/6).

Namun, Menpar Arief Yahya mengingatkan jika waktu perlombaan tinggal dua hari lagi. Oleh karena itu, peserta harus segera membuat konten terbaiknya.

Sementara Staf Khusus Menpar bidang Media dan Komunikasi Don Kardono mengingatkan peserta jika ada mekanisme yang harus diikuti. Seperti peserta mengirimkan konten berbentuk foto ke akun pribadi masing masing. Jangan lupa sertakan caption singkat tentang foto tersebut. Peserta juga harus follow dan mention akun @kemenpar @pesonaid_travel dan tentunya @pesonamudik2019.

Ada juga hastag yang harus disertakan. Untuk Kategori Kuliner, hastag yang harus dipakai adalah #PesonaMudik2019, #KulinerIIPesonaMudik2019, #Pesonalndonesia, #Wonderfullndonesia, #LebaranPenuhPesona.

Sedangkan Kategori Destinasi hastagnya adalah #PesonaMudik2019 #DestinasiIIPesonaMudik2019 #Pesonalndonesia, #Wonderfullndonesia, dan #LebaranPenuhPesona. Dan hastag Kategori Event #PesonaMudik2019, #EventIIPesonaMudik2019, #Pesonalndonesia, #Wonderfullndonesia, #LebaranPenuhPesona.

“Karya kalian akan dinilai oleh juri yang sangat kompeten. Ada Fotografer Senior Kompas Arbain Rambey, dan Bambang Wijanarko (Fotografer Senior Kemenpar). Ada ketentuan yang juga harus diikuti. Seperti tidak diperkenankan posting dalam bentuk slide foto, Tidak diperbolehkan menggunakan watermark, dan foto tidak mengandung unsur SARA, Politik, Hoax dan Pornografi. Untuk penilaian, Foto 70 . Story 20 – Interaksi 10,” terang Don yang juga menjadi juri.

Menurutnya, tidak sulit mencari bahan untuk lomba foto. Karena, dalam Tol Trans Jawa terdapat 224 destinasi. Dan destinasi itu membentang dari Merak hingga Ponorogo.

“Komitmen Presiden Jokowi luar biasa. Infrastruktur yang dikembangkan ini akan memberikan impact bagus bagi pariwisata dan sektor lain. Sebab, Tol Trans-Jawa ini melewati ratusan destinasi dari banyak provinsi yang dilewatinya,” ujarnya.

Diterangkannya, Tol Trans Jawa, lanjut Arief, juga bisa mengangkat potensi kuliner lokal di sekitar area tol tersebut.

“Salah satu kekuatan pariwisata adalah kuliner. Wisatawan datang ke satu tempat untuk mencari kuliner. Selain tentunya menikmati budaya, juga shopping. Dan kehadiran tol baru ini mampu mengangkat potensi kuliner lokal. Itu sungguh luar biasa,” sambung Don Kardono.

Menurutnya, pemerintahan Jokowi-JK yang getol membangun infrastruktur aksesbilitas ini memang dilakukan untuk mendongkrak perekonomian. Termasuk melalui sektor pariwisata yang dijadikan leading sector selama 4 tahun ini. Terbukti, pariwisata menjadi salah satu penyumbang devisa negara terbesar.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pembukaan Tol Trans Jawa ruas Jakarta hingga Surabaya, dan sebaliknya. Jokowi juga semakin gencar mempromosikan pariwisata di Pulau Jawa.

“Ke mana kalian berlibur di akhir tahun ini? Saya mengajak kita semua menikmati liburan di dalam negeri. Kalian yang di Pulau Jawa, misalnya, bisa bepergian antar kota dengan leluasa. Dari Jakarta ke Semarang, sampai Surabaya, misalnya, kini punya banyak pilihan rute, mulai jalur pantai selatan, pantai utara, atau lintas tengah,” ujar Jokowi.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here