www.INDONESIATRAVEL.NEWS – Mengisi #PesonaMudik2018 dengan mengunjungi Yogyakarta adalah alternatif terbaik. Sebab Yogyakarta memiliki banyak destinasi dan kuliner menawan. Salah satunya di Bantul.

“Yogyakarta akan sangat ramai saat lebaran. Termasuk juga daerah seperti Bantul yang posisinya sangat berdekatan dengan Kota Jogja. Jika kepadatan sudah terjadi di kota, berlibur menikmati #PesonaKulinerLebaran2018 di Bantul adalah alternatif terbaik,” papar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Selasa (5/6).

Menurutnya, libur panjang Lebaran bisa dimanfaatkan dengan melakukan berbagai kegiatan di Bantul. Salah satunya berwisata ke kawasan Wanawisata Budaya Mataram yang ada di Desa Mangunan, Imogiri, DIY. Anda bisa membuang penat sekaligus mencicipi berbagai makanan yang jarang bisa ditemui di tempat lain.

Berikut #10TopKulinerLebaran2018 yang ada di sekitar Bantul, khususnya Mangunan, yang wajib Anda cicipi.

1. Griya Dahar Mbok Sum

Tempat makan ini terletak di tepi Jalan Raya Mangunan. Anda akan melewatinya apabila datang dari arah Kota Jogja ke berbagai tempat wisata di Mangunan. Restoran ini bisa menampung rombongan sehingga cocok untuk tempat makan bersama keluarga. Griya Dahar Mbok Sum menu spesial yaitu Thiwul Ayam Kampung bisa menjadi pilihan yang wajib dicoba jika berkunjung ke kawasan Mangunan. Selain itu ada juga ayam kampung goreng yang akan menggoda lidah.

2. Thiwul Ayu Mbok Sum

Tempat makan yang satu ini terletak persis di samping Griya Dahar Mbok Sum. Menu utamanya tentu saja Thiwul, makanan tradisional berbahan dasar singkong. Jika berkunjung ke Thiwul Ayu Mbok Sum para pelanggan bisa melihat secara langsung cara pembuatan dari thiwul ayu ini yang masih menggunakan tungku dari batu bara. Makanan di tempat ini diolah dengan bahan-bahan alami tanpa perasa atau pewarna buatan. Thiwul Ayu Mbok Sum berada di Jalan Mangunan KM 45, RT 15, Mangunan, Dlingo, Cempuk, Mangunan, Dlingo, Bantul

3. Bumi Langit

Ada yang belum tau tempat makan satu ini? Wah, padahal mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama saja sudah ke sini. Resto ini menyediakan berbagai olahan makanan sehat karena diolah dengan memasak sendiri dan tanpa bahan pengawet. Sungguh sehat bukan?

Di tempat ini juga terdapat sistem pengolahan limbah air, pembuatan kompos, peternakan sapi, hingga perkebunan tanaman organik. Tempat makan ini menyediakan berbagai olahan organik yang diolah sendiri oleh petani lokal dengan bahan yang mereka dapat dari hasil panen. Jadi jika Anda berkunjung ke tempat ini, sama dengan menyejahterakan petani Desa Mangunan. Posisinya di Griloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

4. Sate Klathak Pak Pong

Warung sate satu ini memiliki keunikan mengganti tusuk sate dengan jeruji sepeda. Hal inilah yang membuat Sate Klathak Pak Pong ramai dikunjungi. Jeruji yang digunakan memiliki fungsi khusus, yakni menghantarkan panas sehingga daging matang merata. Tenang, jeruji yang digunakan tetap aman dan steril.

Perpaduan potongan daging kambing yang empuk dan sambal kecap sungguh sayang bila Anda lewatkan. Selain sate, ada pula menu olahan daging kambing lainnya, seperti Tongseng, Kicik, Gulai, dan lain-lain. Penasaran kan? Langsung saja Boyong keluargamu untuk menikmatinya. Kalau ingin mencoba, kunjungi saja Jalan Imogiri Timur Km. 10, Wonokromo, Pleret, Jejeran II, Wonokromo, Pleret, Bantul.

5. Angkringan Pak Wi

Angkringan Pak Wi merupakan daya tarik kuliner angkringan di sekitar Makam Raja-Raja Imogiri Bantul. Kemasan angkringan ini sebenarnya cukup sederhana, namun cita rasa yang ditawarkan menarik selera.

Angkringan Pak Wi memiliki menu andalan berupa Wedang Uwuh. Seperti Angkringan pada umumnya, sajian kuliner itu buka menjelang malam hari hingga tutup pada tengah malam. Angkringan ini cocok bagi Anda yang pulang dari wisata di Mangunan pada malam hari dan membutuhkan kehangatan dari Wedang Uwuh. Angkringan ini berjualan di Tilamat, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

6. Tembi Rumah Budaya Restaurant

Belum lengkap bagi wisatawan berwisata ke Mangunan kalau belum menikmati menu makanan khas jawa. Salah satu rumah makan yang menyajikan menu ini ada di Tembi Rumah Budaya Restaurant. Ada berbagai menu yang ditawarkan misalnya saja Sego Abang Tembi, Sop Buntut, dan Tongseng Emprit.

Restoran ini menempati sebuah bangunan joglo yang terjaga kebersihannya. Selain bersantap, pengunjung juga bisa menginap dan berkunjung Museum Rumah Budaya Tembiyang. Kunjungi saja Jl. Parangtritis Km 8.4, Tembi Timbulharjo, Sewon, Bantul.

7. Mi Ayam Bu Tumini

Anda harus mampir di Mi Ayam Bu Tumini. Meski tempatnya sederhana, warung mi ayam ini selalu banjir pembeli yang ketagihan. Mi Ayam Bu Tumini menggunakan mi dengan ukuran yang cukup besar serta kuah yang kental berwarna kecoklatan.

Anda bisa menikmati mi ini selepas berkunjung ke Mangunan di pagi hari. Warung ini buka hanya dari jam 09.00 – 16.00. Tips untuk Anda yang ingin makan Mi Ayam Bu Tumini, datanglah sebelum atau setelah jam makan siang agar mudah mendapatkan tempat duduk. Mi ayam Tumini beralamat di Jalan Imogiri Timur Nomor 187 Umbul Harjo, Yogyakarta,

8. Mangut Lele Bu Is

Sudah pernah mendengar kuliner Mangut Lele? Mangut Lele Bu Is terletak di Jalan Imogiri KM12. Rumah Makan Mangut Lele Bu Is sudah berdiri sejak tahun 1978-an dengan menempati rumah yang sederhana, seperti rumah yang di pedesaan pada umumnya.

Rumah makan ini buka pada pukul 08.00 dan tutup pada pukul 19.30 Mangut lelenya disajikan di dalam satu baskom ukuran sedang dan jumlahnya sesuai dengan orang yang datang. Sebakul nasi putih dan beberapa jenis sayuran segar atau rebus disajikan sebagai makanan pendamping. Anda cukup membayar Rp 12.000 untuk seporsi Mangut Lele dan es teh manis.

9. Pasar Kakilangit

Pasar yang terletak di kawasan wisata Mangunan, Bantul ini merupakan pasar kuliner dan salah satu destinasi digital yang ada di DIY. Pasar yang menyuguhkan kearifan lokal ini dicanangkan Kementerian Pariwisata dan dibangun atas inisiasi Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Jogja.

Pasar kakilangit buka pada akhir pekan (Sabtu-Minggu) mulai jam 6 pagi sampai 12 siang. Keunikan pasar kaki langit antara lain menggunakan mata uang kayu, sehingga pembeli harus menukarkan uang rupiahnya ke mata uang khusus ini untuk membeli berbagai kuliner yang dijual. Untuk libur lebaran tahun ini Pasar Kakilangit mulai buka kembali pada 19 Juni 2018. Alamatnya di Jl. Mangunan, Cempuk, Mangunan, Dlingo, Bantul.

10. Soto Pak Heria

Biasanya kita menemukan Soto di pagi hari, di Warung Soto Pak Heri Anda bisa menemukannya di malam hari, bahkan ketika subuh. Warung ini mulai buka dari paukul 17.00 WIB sampai dini hari. Menu andalan di warung inadalah Soto Campur yang hadir dengan porsi yang cukup besar. Soto dengan bihun dan kuah bening dan pelengkap yang cukup meriah, mulai dari tahu, ayam, kol, daun seledri. Alamatnya di Jl. Ringroad Selatan, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here