www.INDONESIATRAVEL.NEWS-Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI punya harapan besar Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) mampu menggali lebih dalam potensi Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL). Ajang itu dinilai menjadi brand baru yang potensial untuk masyarakat Kota Bitung.

Hal itu disampaikan langsung oleh Taufik Rahzen selaku Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Kebudayaan, selepas turut membuka FPSL 2018, Sabtu (6/10/2018). Bahkan Taufik menyatakan, Bitung khususnya Selat Lembeh, bisa dibilang sebagai amazon of the sea karena kaya akan lautnya.

“Bitung harus mengembangkan brand-nya yang baru. Menyesuaikan ini menjadi suatu agenda dari pasific. Jadi bukan semata-mata event dari kabupaten yang ada di Sulawesi Utara,” ungkap Taufik.

“Ini bisa dibilang amazon of the sea. Amazon kan ada di Brasil dengan hutan hujannya. Tapi amazon yang di laut ada disini sebenarnya. Itu yang harus dikembangkan,” lanjut pria yang juga dikenal sebagai budayawan tersebut.

Beberapa pesan penting juga disampaikan Dynand Fariz selaku Tim Kurator 100 Wonderful Indonesia Calender of Event (CoE). Salah satu pesan yang diharapkan Dynand bisa dilakukan penyelenggara FPSL adalah menyiapkan event tersebut lebih detail agar bisa dinikmati dengan baik oleh para pengunjung yang hadir.

“Tahun depan Festival Pesona Selat Lembeh persiapannya tidak boleh main-main lagi. Harus jauh lebih baik dari yang sekarang,” papar pria yang juga dikenal selaku Penggagas dan Pendiri Jember Fashion Carnaval (JFC) tersebut.

“Jadi bukan budaya-budaya biasa saja. Tapi harus menjadi suatu produk yang berkelas internasional. Sekarang memang menjadi sebuah festival yang ada masih kemeriahan, tapi bukan kurasi yang kuat,” sambung Dynand.

Dari lima hari penyelenggaraan FPSL tahun ini, ada beragam agenda kegiatan yang akan dilaksanakan. Seperti diantaranya pertunjukan tari tradisional kolosal, festival kuliner, parade kapal atau dikenal dengan Sail Pass.

Selain itu juga festival tuna, lomba renang, penanaman karang, lomba fotografi, dan loba lari 10 K. Tidak hanya itu, FPSL kali ini juga dipastikan lebih meriah, karena juga akan dimeriahkan oleh band ternama Tanah Air D’Masiv. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here