Jakarta, 23 Juni 2019 – Kementerian Pariwsata menilai peran guru sebagai tenaga pendidik dan pencetak sumber daya manusia (SDM) yang profesional untuk pengembangan potensi pariwisata di daerah.

Kepala Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan dan Sertifikasi Kompetensi Kementerian Pariwsata Reza Rahmana Kaloka, saat Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Guru di Harris Hotel Residences & Sunset Road Badung, Bali, Kamis (20/6/2019), mengatakan Bali yang sudah terkenal harus memiliki SDM yang profesional, dan peran guru dinilai mampu untuk itu.

“Serta memberikan pemahaman mengenai dampak ekonomi dari aktifitas pariwisata untuk guru yang selanjutnya diharapkan dapat menjadi kader sekaligus agen perubahan dalam pengembangan kepariwisataan,” kata Reza.

Selanjutnya guru diharapkan dapat menjadi kader sekaligus agen perubahan dalam pengembangan kepariwisataan.

“Insan guru nantinya dapat memahami alur proses dan bisnis pariwisata serta mempunyai pengetahuan yang khusus. Dan tahu dengan jelas mengenai suatu tempat atau obyek wisata sehingga dapat menerangkan lebih detil kepada wisatawan baik wisatawan nusantara ataupun wisatawan mancanegara,” kata Reza.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula, Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Ni Nyoman Ayu Andriani, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali KN. Boy Jayawibawa dan 200 orang guru sekitar destinasi wisata yang ada di Bali.

Kemenpar sendiri memiliki beberapa program yang akan dilaksanakan terkait kebijakan SDM. Selain Pelatihan SDM Bagi Guru, ada pula Pelatihan SDM Goes to Campus, Sertifikasi Kompetensi, Pendampingan Pengembangan Desa Wisata, Sosialisasi Sadar Wisata, dan Pelatihan Berbasis Kompetensi.

*Guntur Sakti*
*Kepala Biro Komunikasi Publik*

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here