WONOSOBO – Beragam destinasi cantik disiapkan Wonosobo untuk sambut Lebaran. Konsepnya melalui petualangan di alam eksotis #PesonaMudik2019. Para pemudik dijamin mendapatkan experience menyegarkan selama berada di Wonosobo.

“Wonosobo memiliki karakteristik unik dengan kontur pegunungan. View Wonosobo sangat eksotis. Udara di sana juga sejuk dan menyegarkan. Wilayah ini menjadi destinasi ideal untuk beristirahat saat mudik dan libur Lebaran,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sabtu (1/6).

wilayah Wonosobo didominasi pegunungan. Mulai dari dataran tinggi Dieng hingga wilayah Gunung Sindoro.

Kawasan ini pun dikenal dengan view sunrise dan sunset luar biasa. Dengan kontur geografis bergelombang, Wonosobo juga memiliki banyak koleksi air terjun nan eksotis. Meski demikian, merekajuga kuat dalam destinasi buatan.

“Wilayah Wonosobo ini seperti surga. Setiap sudutnya indah. Bagi penikmat petualangan, maka di sini tempatnya. Adrenalin pasti terpuaskan. Meski berada di alam bebas, tapi semuanya sangat aman. Dan, yang terpenting aspek atraksi, aksesibilitas, dan amenitasnya juara. Semua destinasi juga dihubungkan dengan koneksi internet cepat,” terang Menpar Arief Yahya.

Berikut 10 Destinasi yang di Wonosobo dan bisa kalian kuknjungi.

1. Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Telaga Pengilon ini berlokasi di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga warna ini lokasinya berjejeran dengan telaga warna. Berjarak Sekitar 1 Km dari kawasan wisata candi dieng.

Diberi nama telaga pengilon juga mempunyai arti tersendiri. Pengilon merupakan bahasa jawa yang mempunyai arti tempat berkaca/kaca. Karena danau tersebut mempunyai air sebening kaca maka diberi nama telaga pengilon.

Mitos Telaga Pengilon sangat menarik untuk diketahui. Apabila anda berkaca di air telaga ini dan bayangkan yang muncul dalam air menampakan wajah yang enak dipandang berarti anda mempunyai hati yang bersih. Begitu juga sebaliknya, jika bayangan menampakan wajah yang tidak enak di pandang berarti hati anda belum sepenuhnya bersih.

2. Curug Si Karim

Air Terjun Si Karim terletak di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Kawasan ini masih terjaga asriannya dan sangat alami. Air terjunnya sangat tinggi dengan panorama sekelilingnya yang menawan. Ketinggiannya air terjun ini sekitar 24 meter. Airnya sangat jernih dan menyegarkan sekali. Suara gemercik airnya semakin membuat destinasi ini seksi.

Memiliki eksotisme luar Air Terjun Si Karim menjadi destinasi tujuan generasi milenial. Sebab, spotnya sangat instagramable dan menjadi spot terbaik berburu foto. Kawasan ini memang menjadi obyek bagi para fotografer mengeksplore hobinya.

3. Bukit Si Kunir

Berada di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Bukit Si Kunir pun sangat eksotis. Kawasan ini pun sangat diminati generasi milenial untuk menikmati sunrise. Sudah menjadi rahasia publik, sunrise di sini sangat indah. Wisatawan bisa leluasa memandang sunrise karena sisi timur tidak ada penghalang. Udaranya juga segar dengan aksesibilitas bagus.

Keunikan juga dimiliki Desa Sembungan. Sebab, wilayah ini merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Ketinggiannya mencapai 2.306 mdpl. Dan, nama si kunir juga diadopsi karena wilayah ini menjadi spot terbaik untuk berburu sunrise. Dan sinar matahari pagi di sini memang berwarna kekuningan yang menyerupai kunir atau kunyit.

4. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin merupakan keping puzzle eksotisme yang dimiliki Dieng. Lokasinya memang ada di kawasan Dieng Plateau. Saking eksotisnya, pujian sempurna pun diberikan oleh TripAdvisor. Dari 96 ulasan, sebanyak 52 responden menyatakan spot ini luar biasa. Lalu, status sangat bagus diberikan 43 responden. Eksotisme ini semakin sempurna karena tiket masuk hanya Rp10 ribu per orang.

Berada di Batu Ratapan Angin, wisatawan bisa menikmati keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon sekaligus. Lokasinya memang cukup tinggi sehingga bisa melihat di hampir di semua sisi dari dataran tinggi Dieng. Berdiri di Batu Ratapan Angin memang luar biasa, apalagi udaranya sangat sejuk. Spotnya juga sangat instagramable sehingga menjadi spot foto terbaik di kawasan Dieng Plateau.

5. Air Terjun Curug Winong

Memiliki zonasi hijau dengan kontur geografis bergelombang, Wonosobo juga memiliki destinasi air terjun. Salah satu yang direkomendasikan TripAdvisor adalah Air Terjun Curug Winong. Lokasinya ada di Desa Winongsari, Kaliwiro. Destinasi ini bisa dijangkau dalam waktu 50 menit dari pusat Kota Wonosobo. Rutenya menuju arah selatan menuju Selomerto, Balaikambang, lalu Winongsari.

View di sini sangat eksotis. Airnya jernih dan sangat menyegarkan. Nuansa menjadi lebih eksotis, sebab air yang jatuh mengikuti kontur batu padas yang membentang tinggi. Wilayah di sekitar yang rimbun hijau pun menambah kesegaran berada di sini.

6. Agrowisata Tambi

Ingin memanen oksigen sebanyak-banyaknya? Silahkan datang saja ke Agrowisata Tambi. Lokasinya ada di Garung atau rute terbaik menuju Dataran tinggi Dieng. Dengan hamparan perkebunan teh, area ini memiliki udara segar dan sangat menentramkan. Suhu rata-rata di wilayah ini berkisar 15-24 derajat celsius. Destinasi ini pun ideal untuk melepas penat para pemudik.

Selain hamparan perkebunan, di sini juga terdapat destinasi wisata industri teh. Pemudik bisa datang dan belajar bagaimana proses pembuatan teh yang nikmat. Fasilitas Agrowisata Tambi sangat lengkap. Ada pondok wisata, kebun dan pabriknya, taman bermain, lapangan tenis, kebun, dan parik teh.

7. Petak 9 Dieng

Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng juga terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng merupakan sebuah bukit kecil di area kawasan wisata Telaga Warna yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk memandang lanskap Telaga Warna dari atas.

Obyek wisata ini sangat strategis untuk mendapatkan view Telaga Warna bersandingan dengan Telaga Pengilon dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang mengelilinya. Dari puncak Bukit Sidengkeng ini warna-warni permukaan Telaga Warna yang berkilau saat disinari matahari terlihat lebih jelas, tak terhalang oleh pemukiman penduduk atau pepohonan yang rindang.

8. Telaga Cebong

Telaga Cebong merupakan sebuah telaga yang istimewa karna lokasinya yang berada di Desa Sembungan. Sebuah desa yang dipercaya sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Lokasi telaga ini berada di bawah Bukit Sikunir yang dikenal sebagai spot favorite untuk menikmati pemandangan sunrise di Dieng

Telaga Cebong merupakan sebuah telaga vulkanik yang terbentuk dari letusan Gunung Prau Purba ribuan tahun yang lalu. Pemandangan telaga ini dapat dinikmati dari mana saja. Dari arah Bukit Sikunir, dari area perkebunan penduduk yang berada di selatan telaga, atau dari Desa Sembungan itu sendiri. Dilihat dari sisi manapun, pesona Danau Cebong tetap indah

9. Wisata Alam Lubang Sewu

Wisata Alam Lubang Sewu merupakan tepian waduk di Desa Ororejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, Jawa Tengah. Lobang Sewu dibuka sebagai tempat wisata di tahun 2015. Kemunculannya di peta wisata Wonosobo bisa dibilang masih bau kencur. Namun soal popularitas, bisa dikatakan Lubang Sewu saat ini jauh melampaui tempat-tempat wisata yang sudah lahir sebelumnya.

Biasanya pelancong atau wisatawan akan menikmati keindahan waduk dengan berkeliling menyewa perahu, memancing, atau sekedar menikmati keindahannya dari tepian waduk.

Ada satu pesona tersembunyi yang ternyata tersimpan di tempat ini. Saat musim kemarau tiba dan air waduk akan surut, maka terlihatlah bongkahan batu-batu putih nan eksotik, dengan banyak sekali lubang di permukaannya. Itulah Lubang Sewu.

10. Wisata Alam Seroja

Bukit Seroja berjarak sekitar 8 kilometer dari kota Wonosobo, tepatnya di Desa Maron, Kecamatan Garung. Jalan menuju lokasi ini sudah diaspal mulus, sebagian besar jenis mobil takkan kesulitan untuk mencapainya.

Bukit Seroja punya banyak spot selfie menarik yang siap memanjakan hasrat pengunjungnya berfoto-foto. Terdapat beragam gardu pandang dengan rupa-rupa bentuk dan ketinggian. Selain itu juga ada sejumlah titik cantik untuk menghasilkan foto mengagumkan yang layak diunggah di media sosial.

Di wilayah Bukit Seroja juga terdapat hamparan kebun teh yang menawan. Biasanya lokasi ini juga sering dijadikan tempat favorit para wisatawan untuk mengabadikan kunjungan mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here