www.INDONESIATRAVEL.NEWS– Kekayaan kuliner nusantara terus digali untuk memperkuat pariwisata Indonesia. Terlebih kuliner laut yang menjadi kekayaan Indonesia. Hal ini yang tercermin dalam Lomba Masak Ikan Nusantara (LMIN) 2018, yang telah menyelesaikan babak final, Rabu (15/8).

Digelar di halaman Istana Negara, 10 peserta berjuang mempersembahkan olahan ikan terbaiknya. Yang membuat lomba ini seru adalah kehadiran Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Irina. Keduanya bahkan menyaksikan langsung perlombaan tersebut.

Layaknya juri, Presiden beserta Ibu Negara melihat proses masak para peserta. Satu persatu peserta didatangi. Yang pasti, kehadiran Presiden bukan hanya membuat seru. Tetapi juga membuat bangga para peserta.

Menurut Deputi V bidang Politik, Hukum, Keamanan dan Hak Asasi Manusia di Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani, lomba tersebut merupakan hasil kerja sama sejumlah lembaga terkait untuk memperkaya khasanah kuliner Indonesia.

“Ini merupakan hasil kerjasama seluruh stakeholder. Antara lain Kantor Staf Kepresidenan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Sekretariat Negara. Diharapkan dengan lomba ini masyarakat akan semakin gemar makan ikan, sekaligus memperkaya khasanah kuliner Indonesia,” kata Jaleswari usai mendampingi Presiden melihat acara memasak ikan.

Pada perlombaan kali ini Putri Ayu Martha Tilaar asal Kota Mataram terpilih sebagai juaranya. Dengan olahan tradisonal Sate Tanjung, Putri berhasil menyisihkan 9 kontestan lainnya. Sedangka juara II diraih oleh Sintje Toumahouw asal Kota Ambon, juara III diraih Wolter Mamuli asal Kota Bitung, dan juara favorit Nursila asal Kota Pontianak.

Terpisah, Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata, Sumarni mengatakan, lomba ini merupakan salah satu langkah strategis untuk mendongkrak pariwisata. Pasalnya sektor pariwisata tentunya tidak bisa dilepaskan dari yang namanya sektor kuliner.

“Kuliner dan pariwisata memang sejatinya sangat berkaitan dengan erat, karena pada dasarnya kuliner dan pariwisata memiliki simbiosis mutualisme. Di mana apabila sektor pariwisata suatu daerah atau negara tersebut, maju berkembang dengan pesat maka secara otomatis potensi kekayaan kulinernya pun bisa ikut maju dan berkembang lebih lagi,” ujar Sumarni.

Kepala Bidang Pemasaran Area I Wawan Gunawan juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya promosi pariwisata Indonesia tak hanya lewat keindahan alamnya saja, tapi juga lewat kuliner.

“Kementerian Pariwisata punya strategi yang telah dijalankan untuk memperkenalkan kuliner lokal, sembari mempromosikan pariwisata ke ranah mancanegara. Untuk itulah Kemenpar ikut mendukung perhelatan LMIN 2018 ini,” kata Wawan Gunawan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun sumringah dengan dilaksanakannya LMIN 2018. Pasalnya industri kuliner menjadi salah satu industri paling berpengaruh bagi pariwisata di Indonesia.

“Kuliner itu sangat mempengaruhi pariwisata. Sebesar 60 persen pariwisata itu ditunjang oleh cultural industry atau industri kreatif. Misal keuntungan negara kita US$ 10 miliar, maka US$ 6 miliar dari industri kreatif. Dengan semakin mendorong industri kuliner, maka perkembang industri pariwisata Indonesia akan semakin cepat lagi,” kata Menpar Arief Yahya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here