www.INDONESIATRAVEL.NEWS-Orang Sumatera Barat itu suka merantau. Jadi jangan heran jika saban jelang Lebaran, tiket transportasi  darat, laut maupun udara ke kota-kota di propinsi itu cepet banget ludes. Yang domisili di Jakarta banyak juga yang nyetir mobil sendiri. Memacu kendaraan dua hari dua malam rela dilakukan agar bisa pulang ke kampung halaman.

Pada #PesonaMudik2018 ini, rutinitas itu kembali berulang. Apa lagi pemerintah menetapkan cuti lebaran yang super panjang pada tahun ini. Kesempatan ini benar-benar dimaksimalkan. Nggak hanya sekedar berkumpul bersama keluarga, tapi juga mengeksplor beragam #pesonaDestinasiLebaran2018 yang ada di sana.

”Bagi Anda yang mudik ke Sumatera Barat, ada 10 destinasi wisata di sana yang perlu dilihat, perlu ditengok, dan dikunjungi,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya,Senin (4/6).

Pasti penasaran dong dengan #Top10DestinasiLebaran yang dikatakan pak Menteri itu. Nah berikut ulasan singkatnya untuk kamu.

Danau Singkarak

Danau Singkarak patut dikunjungi. Danau terbesar di provinsi Sumatera Barat dengan panjang mencapai 21 km ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.  Ada sampan dan perahu boat untuk menikmati pemandangan di sekeliling danau. Selain itu juga tersedia hotel sebagai tempat menginap wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di danau ini.

Danau Maninjau

Danau Maninjau dikenal sebagai danau terbesar kedua di provinsi Sumatera Barat setelah Danau Singkarak. Lokasinya berada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Meski berjarak 140 kilometer dari Kota Padang, namun danau ini menawarkan pemandangan eksotis yang sangat sayang untuk anda lewatkan.

Danau Kembar

Danau lagi, guys. Disebut kembar karena memiliki karakter yang sama dan letaknya juga berdekatan, di mana yang satu di atas dan yang lainnya di bawah. Uniknya untuk mencapai danau di atas, kamu harus melalui jalan yang menurun. Sebaliknya, untuk mengakses danau di bawah justru harus melalui jalan yang mendaki.

Ngarai Sianok

Umumnya ngarai atau lembah berada di daerah pinggiran atau perbukitan. Namun, ngarai yang satu ini berbeda, karena justru terletak di pusat kota. Keindahannya tak terbantahkan, dengan hamparan rumput nan hijau serta aliran anak sungai yang berliku-liku menyusuri celah tebing berwarna-warni, membuat tempat ini mewarkan ketenangan bagi siapapun yang datang ke sini. Terlebih lagi latar Gunung Marapi dan Singgalang yang menghijau seakan menambah pesona tempat ini.

 Gua Jepang

Gua yang memiliki panjang lebih dari 1.400 meter ini dibangun pada tahun 1942 oleh para tentara Jepang. Di dalamnya terdapat berbagai ruangan untuk memenuhi kebutuhan para tentara kala itu. Ada kantor, rumah sakit, ruang persenjataan dan ruang penyimpanan makanan. Pintu masuk gua terdapat dibeberapa tempat, seperti di Ngarai Sianok, di Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.

Pulau Cubadak

Pulau Cubadak merupakan tempat wisata yang wajib masuk dalam destinasi wisata ketika ketika berkunjung di kota Padang. Pulau yang berada di kawasan wisata Mandeh ini, adalah salah tempat yang menawarkan keindahan alam bagaikan surga.

Lembah Anai

Lembah Anai merupakan salah satu andalan pariwisata Kota Padang. Keunikan dari tempat wisata ini adalah keberadaan 3 air terjun yang masing-masing menyajikan keindahan alam tersendiri.

Dari ketiga air terjun yang ada, satu yang paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan yaitu air terjun Lembah Anai yang memiliki ketinggian 35 meter.

Ngalau Indah

Dua km sebelum memasuki kota Payakumbuh dari arah Bukitinggi, anda akan sampai ke sebuah gua alam dengan stalagtit dan stalagmit yang sangat eksotis. Di dalam gua ini anda akan mendengar suara kelelawar yang berterbangan tanpa dapat melihatnya. Di luar gua ini kita akan menikmati taman dengan pohon-pohon rindang yang menambah kesejukan dan keindahan alam.

Istana Paguruyung

Tempat wisata di Padang yang satu ini memiliki nilai sejarah  berharga. Istana Pagaruyung dulunya berfungsi sebagai kediaman Raja Minangkabau. Sebagai tempat wisata, Istana Pagaruyung menawarkan koleksi barang-barang peninggalan kerajaan yang hingga saat ini masih terawat dengan baik.

Kepulauan Mentawai

Mentawai adalah salah satu detinasi utama bagi para wisatawan dari seluruh dunia yang berkunjung ke Indonesia. Tujuanutama  para wisatawan mancanegara datang ke Mentawai  adalah untuk berselancar. Ombak  di Mentawai diyakini sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here