INDONESIATRAVEL.NEWS– Sebagai bagian dari Jawa Barat, Pangandaran punya tradisi Sunda yang sangat kental. Selain itu, Pangandaran juga mempunyai destinasi yang patut dikunjungi dalam #PesonaMudik2018.

Terlebih, Pangandaran menjadi jalur utama para pemudik dari Jawa Barat menuju Jawa Tengah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menyebut ada #Top10DestinasiLebaran2018 yang layak dikunjungi di sana. “Bagi yang mudik atau melintas ke Pangandaran, silakan berwisata bersama keluarga, sanak famili dan handai taulan. Ada banyak tempat keren di sana,” ungkap Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Lantas apa-apa saja tempat menarik tersebut yag bisa memberi warna pada #PesonaDestinasiLebaran2018 di Pangandaran? Berikut daftarnya.

1. Citumang

Dikalangan traveller, objek wisata Citumang adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Pangandaran. Karena, Sungai Citumang memiliki pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Selain itu, aliran sungainya jernih, sebening kristal berwarna hijau. Belum lagi pepohonan rindang yang tumbuh sepanjang tepiannya.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Citumang. Salah satunya adalah body rafting menyusuri keindahan sungai. Selain itu terapi ikan di kolam pemandian, berswafoto untuk berbagi di media sosial, dan Glamour Camping di HAU Citumang.

2. Green Canyon

Jika di Amerika ada Grand Canyon, Pangandaran memiliki Green Canyon. Sungai yang memiliki aliran air berwarna hijau toska dan lumut menggantung di stalagnit dan stalagtitnya. Objek wisata Green Canyon adalah tujuan utama wisatawan di Pangandaran. Selain objek wisata pantai tentunya.

Nama Green Canyon diberikan oleh wisatawan Perancis pada tahun 1993. Wisatawan itu kagum terhadap sungai dengan dinding bebatuan yang menjulang tinggi. Sang turis mengabadikan tempat ini dan menyebutnya dengan Green Canyon. untuk nama lokalnya sendiri Green canyon adalah Cukang Taneuh (Jembatan Tanah).

Untuk menikmati Green Canyon, teman-teman dapat naik perahu dengan membeli tiket di loket yang tersedia. Atau body rafting yang dikelola Operator Guide lokal.

Kalau penasaran seperti apa Green Canyon, kalian mesti datang ke Pangandaran.

3. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran adalah objek wisata yang bakal membuat pengunjungnya kangen dan ingin kembali lagi. Karena, pantai ini memiliki banyak sekali keunikan yang jarang ditemui di tempat lain. Salah satunya fenomena Sunrise dan Sunset. Teman-teman dapat menikmati kedua fenomena itu tanpa perlu berpindah tempat.

Mungkin banyak yang tidak percaya. Tapi, faktanya seperti itu. Posisi pantai yang bertanjung, membuat Pangandaran memiliki dua sisi pantai yang berdekatan, pantai timur dan pantai barat. Hal tersebut membuat kita dapat melihat Sunrise dan Sunset di tempat yang sama.

Selain itu Pantai Barat dan timur, pangandaran juga memiliki Pasir Putih yang berada dalam kawasan Cagar Alam Pangandaran. Pantai ini favourit untuk snorkeling dan berjemur. Perairan pantai yang jernih dan teduh membuat pantai ini sangat nyaman untuk dijadikan tempat berwisata.

4. Batu Karas

Batu Karas, adalah pantai yang tidak terlalu besar. Batu Karas berupa teluk sempit dengan pantai yang pinggirnya ditumbuhi pepohonan rindang. Yang membuat Batu Karas spesial adalah ombaknya.

Bagi para penggemar olah raga surfing, Pantai Batu Karas sudah tidak asing, karena pantai ini memiliki ombak yang sangat bagus untuk bermain surfing, baik itu pemula ataupun profesional.

Lokasi pantai Batu Karas tidak terlalu jauh dengan Green Canyon. Berjarak sekitar 5 km. Wisatawan mancanegara lebih senang mengunjungi Batu Karas, karena pantainya tidak terlalu ramai juga ombaknya bagus untuk bermain surfing.

5. Santirah

Pesona Santirah bakal membuat anda merasa sedang berada di surga dunia. Karena, Santurah memiliki aliran sungai yang jernih, sejernih batu permata. Hal ini akan membuat orang jatuh cinta. Dan tidak akan melewatkan Santirah begitu saja. Dinding sungai yang merupakan batuan yang seperti ukiran alam, akan makin membuat wisatawan betah untuk berlama-lama menyusuri sungai.

Apalagi ditambah dengan pesona air terjun yang jatuh diantara pepohonan yang tumbuh sepanjang aliran sungai, anda tidak dapat membayangkan keindahanya tanpa datang langsung ke santirah.

Adalagi kejutan yang akan kalian dapatkan saat perjalanan menyusuri Santirah. Ada terowongan alam sepanjang 100 meter. Suasananya gelap dan tanpa penerangan. Dijamin membuat adrenaline meningkat. Tapi jangan takut, karena itulah keseruan yang akan kalian dapatkan. Kalian bukannya takut malah akan takjub. Karena, di dalam gua juga terdapat mata air berupa air terjun kecil, mata air tersebutlah yang memberikan nama pada sungai ini.

Nama Santirah diambil dari mata air yang berada di dalam terowongan sepanjang 100 meter itu. Bentuk mata air tersebut sangat unik.

Selesai menyusuri terowongan wisatawan akan disuguhi kembali dengan pemandangan yang indah. Yaitu beningnya air dan rindangnya pohon-pohon yang tumbuh di atas tebing sungai. Akar nya menjulur ke sungai bersamaan dengan gemericik tetesan air yang jatuh seperti dari surga.

6. Batu Hiu

Keindahan Pantai Batu Hiu Pangandaran sudah dikenal sejak lama. Kenapa disebut Batu Hiu? Karena memiliki sebuah batu (karang) yang mirip ikan hiu.

Pantai ini berada di Kabupaten Pangandaran. Tepatnya di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Keistimewaan Pantai Batu Hiu adalah panorama alam yang sangat indah.

Pantai ini sering disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat. Untuk menikmati pemandangan, kita harus naik ke atas sebuah bukit kecil. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong (sejenis pohon palem), kita bisa menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih.

7. Batu Lumpang

Lokasinya berada di Desa Parakanmanggu Parigi. Sekitar 45 menit perjalanan dari pusat Kota Pangandaran. Destinasi wisata Batu Lumpang Garden adalah batuan yang diolah sedemikian rupa menjadi bukit.

Destinasi ini bisa untuk spot berfoto. Terdapat juga sebuah patilasan atau peninggalan. Yaitu berupa makam bernama Demang Jaya Yudha. Di bawahnya, terdapat aliran sungai yang dapat digunakan untuk beraktivitas body rafting.

Perjalanan dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tepatnya jurusan Pangandaran Cigugur. Pemandangan alam yang disajikan, masih asri. Aliran sungainya juga jernih, serta bukit yang berjuluk Grand Clift menawarkan panorama ketinggian yang cocok untuk bersantai dan berfoto.

Bagi yang senang dengan aktivitas Olahraga air, kalian mesti mencoba bermain Canoe di sungai Batu lumpang.

8. Pantai Madasri dan Legok Jawa

Pantai ini berada di Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Pantainya memiliki panorama yang tidak kalah cantiknya dengan pantai-pantai di dunia.

Pantai Legok Jawa yang merupakan pantai selatan Jawa. Sudah pasti terkenal dengan ombaknya yang eksotis. Sepanjang bibir pantai ditumbuhi pohon kelapa yang berjajar rapih dan subur, jalan yang lurus serta suasana yang tenang jauh dari hiruk pikuk kota besar.

Di Pantai Legok Jawa, terdapat mercusuar setinggi kurang lebih 50 meter. Dari atas mercusuar inilah wisatawan akan dibuat takjub dan terpesona. Karena Sejauh 360 derajat pandangan kita akan tertuju pada lautan luas dan perbukitan hijau.

Dari atas, kita dapat langsung ambil kamera dan memotretnya. Atau berfoto selfie dengan latar belakang Pantai Legok Jawa dan perbukitan hijau.

Tidak Jauh dari Pantai Legok Jawa terdapat Pantai Madasari, pantai yang memiliki pulau karang kecil di tengah laut sangat cocok untuk menjadi latar belakang berfoto. Dengan membayar retribusi terlebih dahulu, Pantai Madasari segera siap dinikmati. Oke dari sini kita akan bahas mengenai Madasari.

Berasal dari dua suku kata yakni Madang dan Nyari. Madasari yang terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, Pangandaran. Pantai ini adalah tempat mencari makan para nelayan warga. Dulu, pantai ini pernah dijadikan tempat pelarian Suku Bugis. Tepatnya saat era kolonial.

9. Pantai Karapyak

Pantai ini berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran. Selain memiliki pasir putih, pantai ini juga unik dan memiliki pemandangan yang indah. Dari Pantai Karapyak, kita dapat menikmati senja yang indah dan tenggelam perlahan. Kita juga dapat menikmati Pulau Nusa Kambangan yang sangat terkenal dengan penjaranya.

Pantai ini mempunyai terumbu karang laut yang memecah ombak Samudra Hindia. Pantai dengan jajaran pohon ketapang dan kelapa dan pemandangan bukit hijau tepi pantai membuat suasana Pantai Karapyak Pangandaran sangat teduh. Cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Kata Karapyak sendiri berasal dari bunyi bebatuan dan pasir pantai yang tersapu ombak. Untuk menuju lokasi wisata Pantai Karapyak, wisatawan dari arah bandung dapat langsung mengambil jalur ke kiri arah Desa Bagolo dengan melihat papan petunjuk jalan yang sudah lengkap.

Jarak dari pintu masuk jalan raya Pangandaran-Banjar menuju Pantai Karapyak, kurang lebih sekitar 5 km atau jarak tempuh antara 20-30 menit.

10. Lembah Putri

Lembah Putri adalah tempat wisata yang keren banget. Dari ketinggian 700 mdpl, kita dapat menyaksikan birunya Samudra Hindia menyatu dengan birunya langit selatan Pjawa.

pesisir yang ditumbuhi dengan nyiur dan pohon pinus membuat mata dimanjakan dan rasanya tenang banget. Dari ketinggian tersebut juga kita dapat melihat Pulau Nusakambangan dan Kota Pangandaran.

Lembah Putri berada 5 km sebelum masuk kawasan wisata Pangandaran. Lokasinya berada disebelah kiri jalan dari arah Bandung. Tepatnya berada di Desa Ciputrapinggan, Kecamatan Kalipucang.

Bagi para penghobi fotografi, Lembah Putri dapat dijadikan latar belakang untuk mengambil gambar. Karena, terdapat spot foto unik dan jarang ditemui.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here