SAMBAS – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar Festival CrossborderKabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Minggu (31/3) penyanyi dangdut Juwita Bahar menggoyang PLBN Aruk.

Festival Crossborder menghadirkan beragam hiburan. Seperti tarian khas daerah, penampilan penyanyi lokal, dan aneka kuliner akan dijajahkan. Namun, jangan lupa mengunjungi beberapa tempat wisata di sini. Dijamin indah-indah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Sambas memang punya potensi wisata yang luar biasa. Bisa dibilang, inilah permata di beranda depannya Indonesia. Bagi yang suka pantai, cobalah datang ke Temajuk. Jaraknya hanya 4 kilometer dari Telok Melano, Malaysia. Sekitar 3 jam perjalan dari Kabupaten Sambas.

“Perbatasan Indonesia Malaysia di Kalbar jika di eksplorasi, juga banyak objek wisata yang keren-keren,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya mencontohkan, Temajuk, yang memiliki garis pantai yang sangat panjang. Sekitar sekitar 60 kilometer. Saking panjangnya, tempat ini pun menjadi kawasan favorit penyu untuk bertelur. Soal penginapan? Tak perlu khawatir. Di Temajuk sudah tersedia penginapan yang memadai. Dan jika penginapan penuh, pengunjung bisa menginap di rumah warga.

“Panoramanya? Jangan ditanya lagi. Pantainya masih alami. Langit biru, pasir putihnya terhampar luas, gugusan bebatuan granit, karang yang eksotis, semua bisa dinikmati. Penggila snorkeling juga bisa ikut happy di Temajuk. Teluk Atong adalah surganya snorkeling,” kata Menpar Arief Yahya.

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung menambahkan, tujuan digelarnya festival di perbatasan Aruk ini ada dua. Pertama, menarik wisatawan asal Serawak dengan atraksi. Kedua, mempromosikan destinasi wisata yang ada di Sambas kepada wisatawan cross border.

“Atraksi pertunjukan musik untuk menarik langsung wisatawan dari perbatasan masuk ke Indonesia. Setelah mereka masuk, ini menjadi kesempatan kami bersama daerah mempromosikan destinasi yang Ada,” ujar Adella.

Selain Pantai Temajuk, masih banyak destinasi lainnya di Sambas yang jadi pilihan. Sebut saja Pantai Tanjung Kemuning, Pantai Tanjung Batu atau mengunjungi Air Terjun Riam Caggat di Desa Batang Air dan banyak lainnya.

Berikut 10 tempat wisata andalan Sambas, Kalimantan Barat selain Pantai Temajuk. Destinasi ini cocok Anda kunjungi bersama teman atau keluarga.

Pantai Tanjung Kemuning

Pantai Tanjung Kemuning adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Sambas. Letaknya di Desa Kecamatan Paloh. Pantai nan indah dengan air lautnya yang jernih ini berhadapan langsung dengan Laut Natuna.

Banyak pemandangan indah yang bisa Anda temukan di pantai ini. Dijamin akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman berlama-lama berada di pantai yang eksotis ini.

Air Terjun Riam Caggat

Air Terjun Riam Cagat adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Batang Air, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas. Air terjun setinggi 67 meter ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik dengan batu-batuan besar di dasarnya.

Bila datang ke sini, pastikan memori kamera kosong dan batre kamera atau HP penuh. Sebab kalian akan keranjingan foto-foto. Karena pemandangannya memang sungguh luar biasa.

Danau Sebedang

Danau Sebedang terletak di Desa Sebedang yang berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Sambas. Danau nan indah seluas 1 kilometer persegi ini dikelilingi pegunungan dengan ketinggian sekitar 400 mdpl.

Danau Subedang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Udara yang sejuk akan membuat Anda merasa aman dan nyaman berlibur ke Danau Sebedang. Selain itu, danau ini juga pernah dijadikan tempat peristirahatan bagi para Sultan Sambas pada zamannya.

Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu sangat layak untuk Anda kunjungi. Pantai yang terletak di Kecamatan Pemangkat ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Pantai nan indah dan menarik ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Selain itu, di Pantai Tanjung Batu Anda dapat menikmati suasana sunset dikala senja menjelang.

Di Pantai Tanjung Batu juga sudah difasilitasi dengan hotel, cafe atau restoran serta fasilitas pendukung lainnya yang pastinya akan membuat Anda tenang dan nyaman berlibur ke pantai ini.

Pantai Bukit Raya Putri Serai

Pantai Bukit Raya Putri Serai tak kalah indah dan menakjubkan. Pantai ini terletak di Desa Jawai Laut, Kecamatan Jawai, berjarak sekitar 2 kilometer dari ibukota.

Di pantai ini mempunyai sebuah Legenda Putri Serai. Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga dipenuhi bebatuan di sepanjang garis pantainya.

Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap juga patut Anda kunjungi. Air terjun ini terletak di Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas. Air terjun ini banyak juga didatangi oleh wisatawan asal Malaysia.

Dinamakan Riam Merasap karena air terjun ini mempunyai air terjun yang deras. Saking derasnya, menimbulkan kabut dingin dari percikan air yang jatuh. Sehingga masyarakat sekitar menamakan air terjun ini Riam Merasap.

Air terjun setinggi 20 meter dengan lebar 8 meter ini memiliki air jernih yang mengalir. Panorama rimba tropis khas Kalimantan membuat Air Terjun Riam Merasap semakin indah. Di sini dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti kantin, hotel, penginapan, kawasan offroad, toko souvenir, arung jeram dan budi daya keramba.

Pantai Selimpai

Pantai Selimpai adalah salah satu tempat wisata terindah di Sambas. Pantai yang terletak di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas ini memiliki hamparan pasir putih bersih yang landai. Airnya tenang, jernih sebening kristal dengan pohon pinus yang tinggi menjulang menjadi daya tarik tersendiri.

Kawasan Pantai Selimpai merupakan salah satu kawasan konservasi yang terdapat di Kalimantan Barat. Namanya Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Pantai ini merupakan tempat penangkaran hewan langka penyu. Berbagai jenis penyu seperti Penyu Sisik, Penyu Belimbing, Penyu Hijau atau Penyu Lekang dapat Anda temui di pantai ini.

Pantai Dungun Laut

Pantai Dungun Laut terletak di Desa Dungun Laut, Kecamatan Jawai atau berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota. Memiliki pasir putih bersih dengan air lautnya yang berwarna hijau tosca, tenang dengan bebatuan besar di sepanjang garis pantainya.

Di Pantai Dungun Laut Anda dapat melakukan aktivitas pantai seperti bersantai, berenang atau berselfi dengan background batu-batu besar yang banyak bertebaran disekitar pantai.

Pantai Tanjung Dato

Pantai Tanjung Dato adalah sebuah tanjung yang memiliki garis pantai terpanjang di Kalimantan Barat. Pantai berpasir putih dengan air lautnya yang jernih dan tenang ini berada di Desa Tamajo, Kecamatan Paloh. Berjarak sekitar 85 kilometer dari ibukota Kabupaten Sambas.

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona dan menakjubkan. Pemandangan Sunset di pantai ini sangat indah dan eksotis. Selain itu, di pantai ini Anda juga dapat melakukan aktivitas pantai lainnya seperti berenang atau memancing.

Tempat Wisata Pantai Tanjung Batu juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti adanya hotel, villa, restoran, cafe dan lain sebagainya.

Pantai Camar Wulan

Pantai Camar Wulan berada di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Atau berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Sambas. Pantai berpasir putih dan kuning nan lembut serta air laut yang tenang sejernih kaca.

Selain itu pantai ini juga sangat sejuk untuk Anda bersantai. Meminum es kelapa muda atau beristirahat tiduran di bawah pohon cemara yang banyak tumbuh di sepanjang garis pantai menjadikan Pantai Camar Wulan tempat yang cocok untuk Anda melepas lelah dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here