INDONESIATRAVEL.NEWS–Generasi Pesona Indonesia (GenPI) adalah garda terdepan promosi pariwisata Indonesia di dunia digital. Untuk itu, konsolidasi terus dilakukan. Salah satunya melalui kunjungan GenPI Nasional ke Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali, Rabu (28/3).

“Ini sebuah silaturrahmi sekaligus konsolidasi ke GenPI STP Bali. Selain itu untuk memperkenalkan GenPI ke siswa-siswi STP Bali,” kata Staf Khusus bidang Komunikasi Kemenpar Don Kardono.

Perlu diketahui, Genpi STP Bali dideklarasi langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Genpi STP Nusa Dua Bali dilaunching saat Rakornas Pariwisata 1 di Bali, Kamis (22/3).

Dijelaskan Don Kardono, GenPI merupakan motor promosi pariwisata. GenPI dihuni anak-anak muda yang aktif melakukan penetrasi pasar. Eksekusinya memakai konsep go digital. Fokusnya, mengoptimalkan peran medsos agar promosi pariwisata menjadi lebih efektif. Termasuk untuk menjual destinasi yang ada di Indonesia.

“GenPI merupakan komunitas yang bersifat sosial atau volunter. Menjadi bagian GenPI tidak ada ruginya. Yang ada justru keuntungan. Anggota mendapatkan Creative Values melalui trending topic dan bermedia sosial secara berkualitas. Dan, yang menggiurkan tentu adanya Commercial Values. Keuntungannya mulai OTA Join dengan ITX dan content dari Genpi.co. Lainnya tentu keuntungan finansial dari Destinasi Digital,” ujar Don Kardono.

Ketua STP Bali Dewa Gede Ngurah Byomantara sangat mendukung terbentuknya GenPI STP Bali. Menurutnya, GenPI sejalan dengan komitmen STP Bali. Sebab, STP Bali ingin ikut serta mengembangkan jiwa dan keterampilan wirausahawan muda dengan program Inkubator Bisnis.

Target jangka pendeknya, minimal 10 persen lulusan STP Bali telah memiliki bisnisnya sendiri ketika diwisuda. Dan 20 persen mahasiswa STP Bali telah menginisiasi bisnisnya sendiri saat masih menempuh studi.

“Mengenal dunia digital saat ini menjadi keharusan. Untuk itu fokus pembelajaran di STP Bali juga kami giring ke arah digital. Dengan adanya GenPI, para siswa mendapat ilmu baru sekaligus membuka cakrawala. Kami ingin membangun jiwa interpreneur siswa. Mereka akan mendapatkan itu di GenPI,” ujar Byomantara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun angkat suara. Menurut Menpar, saat ini pelaku pariwisata harus segera mengubah haluan, yakni bertransformasi menuju platform digital.

“Travellers sekarang terus bergerak dan makin cepat beralih ke digital lifestyle. Jemput perubahan dengan go digital jika ingin winning the future customers,” kata Arief Yahya.

Menpar mengatakan, penggunaan digital itu akan membuat pariwisata Indonesia melompat lebih tinggi. Tanpa ragu Menpar mengajak anak-anak muda untuk bergabung kedalam GenPI.

“Jadi ingat, more digital more global, more digital more personal, more digital more professional. Makanya segera gabung GenPI agar makin maju. Caranya mudah kunjungi www.genpi.co nanti ada tombol hijau gabung genpi. Klik lalu isi dan lengkapi datanya. Sangat mudah dan simple,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here