INDONESIATRAVEL.NEWS– Citra positif dimiliki Asian Games 2018 di media sosial. Pesta olahraga terbesar di Asia itu beberapa kali menjadi trending topic nasional di jagad Twitter. Generasi Pesona Indonesia (GenPI) jadi aktor dibalik hal tersebut.

Menurut Ketua Bidang Online GenPI Nasional Eko Nuryono, setiap hashtag Asian Games dikeluarkan, targetnya adalah menjadi trending topic.

“Untuk trending topic Asian Games, sudah dimulai pekan ini. Setiap hari satu kali hashtag selalu naik untuk menjadi trending topic,” ungkap Eko, Sabtu (12/5).

GenPI meramaikan tagar Asian Games 2018 melalui hashtag #GenpiPromosikanAsianGames, Kamis (3/5), mulai pukul 21.00 WIB. Tagar ini sukses menjadi trending topic. Eko menambahkan, dukungan tagar untuk Asian Games menjadi komitmen GenPI.

“Target trending topic terkait Asian Games menjadi komitmen GenPI. Kami harus membranding Asian Games ini agar lebih menggema. Pelaksanaannya dalam sehari memang digabung dengan isu lainnya. Tapi, tata waktunya sudah diatur sedemikian rupa. Sebab, kadang dalam sehari kami naikan 6 sampai 7 hashtag untuk menjadi trending topic,” lanjut Eko.

Beberapa hashtag sudah dihasilkan GenPI. Seperti #IndonesiaSiapAsianGames yang naik Jumat (11/5), pukul 16.35 WIB. Isu yang dikelola GenPI tersebut berada di papan atas trending topic. Hanya kalah dari isu erupsi freatik Gunung Merapi. Hashtag #IndonesiaSiapAsianGames ini mendapat 5.533 total tweet. Impresi yang dihasilkannya besar hingga 16.916.149.

Meski fokus GenPI terpecah dengan hashtag lainnya, namun respon #IndonesiaSiapAsianGames positif. Hashtag tersebut menghasilkan 34% text tweets, lalu di-retweets hingga 43%. Replies-nya mencapai 13% dengan 11% links/images. Tagar ini pun berbagai energi dengan #JogjaBaikBaikSaja dan #PesonaAsianGames18. Eko menjelaskan, GenPI memiliki formulasi untuk menciptakan trending topic.

“Hashtag #IndonesiaSiapAsianGames ini cukup positif. Sebab, traffic waktu itu memang sedang kencang. Tapi, kami mash bisa mengambil peluang dengan menaikan beberapa hashtag lainnya. Kami mendapat impresi hingga 16 juta sekian karena ada 2 hashtag yang naik dalam sehari,” jelasnya lagi.

GenPI juga cukup sukses mengelola isu #100HariMenujuAsianGames2018. Hashtag ini bisa bersaing dengan isu besar lainnya seperti Malaysia, #TindakTegasTeroris, dan momentum Kenaikan Isa Almasih. Begitu juga dengan #AyoDukungAsianGamesKita yang ada di zona atas Trendinalia Indonesia, Senin (7/5), pukul 09.24 WIB. Mereka bersaing keras dengan #HTILanjutkanPerjuangan dan #NKRIHargaMatiTolakHTI.

Meraih simpati publik, himbauan #AyoDukungAsianGamesKita tetap diapresiasi publik. Hastag ini pun mendapat total tweets 3.547. Text tweets-nya mencapai 29% dengan 41% retweets. Himbauan ini punya 27% replies dan 11% links/images. Total #AyoDukungAsianGamesKita mendapat impresi 12.871.409. Eko menerangkan, impresi menjadi isyarat informasi diterima akun Twitter.

“Impresi ini menjadi hasil dari total jumlah postingan dikalikan jumlah followers. Artinya, pesan itu bisa diiterima oleh sekiaan juta akun Twitter. Hal ini tentu bagus karena ada banyak akun yang tahu update terbaru dari Asian Games,” terang Eko lagi.

Performa GenPI menggaungkan Asian Games 2018 terus berlanjut. Hashtag #PesonaMaskotAsianGames berhasil mendatangkan impresi hingga 13.044.297. Menerangkan berbagai sisi maskot Asian Games, tagar ini mendapat 3.340 total tweets. #PesonaMaskotAsianGames pun memiliki 30%text tweets, di-retweets 30%, hingga 23% replies dan 21% links/image.

“GenPI tahu betapa pentingnya Asian Games ini untuk Indonesia. Untuk itu, GenPI sudah berkomitmen mendukungnya melalui berbagai branding dan promosi. Selain di media sosial dengan penciptaan trending topic, GenPI juga memiliki banyak dukungan riil untuk Asian Games,” tutur Ketua Umum GenPI Nasional Mansyur Ebo.

Untuk menempatkan Asian Games sebagai raja trending topic, memang dibutuhkan peran masyarakat. Sebab, traffic Twitter saat ini sedang padat. Ada beragam isu yang digulirkan guna menarik simpati dari publik.

Staff Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kemenpar Don Kardono menerangkan, soliditas dan peran aktif dibutuhkan Asian Games untuk menguatkan gaungnya.

“Kami masih menunggu peran aktif dari masyarakat secara riil. Tagar-tagar yang menyangkut Asian Games ini harus didukung. Sebab, Asian Games ini menjadi hajatan nasional. Semua harus terlibat dan ikut berperan untuk mensukseskannya. Tetap dukung Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games,” terang Don Kardono.

Mampu memberikan kesan positif Asian Games dalam perang tagar pun diapresiasi Menteri Pariwisata Arief Yahya. Sebab, Asian Games membutuhkan citra positif untuk menaikan valuenya.

“Upaya GenPI untuk mempopulerkan Asian Games harus diapresiasi. Kalau Asian Games popular, imbas positifnya sangat banyak. Value Indonesia sebagai tuan rumah akan naik,” tutupnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here