www.INDONESIATRAVEL.NEWS– Sekitar 2.000 wisatawan membanjiri Pulau Bintan, Sabtu (7/7). Para wisatawan ini datang bersama kapal pesiar mewah Genting Dream Cruise. Seharian di Bintan, para wisatawan menikmati berbagai destinasi eksotis di Bintan.

Kehadiran Genting Dream Cruise, membuat Pelabuhan Bandar Bentan Telani sibuk sejak pagi. Maklum, ini adalah kunjungan perdana Genting Dream. Sebanyak empat kapal ferry dengan kapasitas 240 orang, terlihat hilir mudik. Mereka menjemput wisman Dream Cruises yang lego jangkar di perairan internasional.

“Ini menjadi momentum besar bagi Bintan. Sebab, kapal pesiar raksasa ini akhirnya datang ke Bintan. Mereka datang dengan membawa ribuan wisman. Kehadiran mereka semakin menghidupkan industri pariwisata Bintan,” ungkap Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari Indroyono Soesilo, didampingi mantan Kepala Staf Angkatan Laut RI Laksamana TNI (Purn) Marsetio.

Para tamu mancanegara ini disambut dengan Tari Sekapur Sirih. Lalu, dilakukan pemasangan Tanjak atau ikat kepala khas setempat. Selanjutnya, para turis mengantri untuk mengurus administrasi. Setelah itu, para wisman bergegas menuju bus-bus yang sudah disiapkan.

“Secara prinsip, teknisnya sudah bagus. Fasilitas pelabuhan ini luar biasa bagus dan nyaman. Sekarang fokus kami adalah bagaimana mendekatkan Dream Cruise ke darat. Harapannya, agar waktu kegiatan penjemputan ini di bawah 10 menit,” terang Indroyono lagi.

Genting Dream Cruise memang layak dimanjakan. Sebab, kapal pesiar ini membawa total 4000 penumpang. Setengah diantaranya menjejakkan kaki di Pulau Bintan.

Menurut President of Dream Cruise Thatcher Brown, mayoritas penumpang Genting Dream Cruise berasal dari berbagai negara Asia Tenggara. Seperti Singapura dan Malaysia. Ada juga wisman dari Tiongkok, India, Australia, bahkan Eropa.

“Bintan ini fantastis. Infrastrukturnya standard internasional. Tapi, kami baru bisa masuk Bintan saat ini. Sebab, perencanaan untuk cruises ini lebih lambat. Ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Bintan sebenarnya sejak lama sudah masuk dalam prioritas kami,” terang Brown.

Genting Dream Cruise sebelumnya memiliki 10 rute reguler. Diantaranya Thailand, Surabaya, Bali (Celukan Bawang), Hong Kong, hingga Okinawa (Jepang). Dengan bergabungnya Bintan, kini rute pun bertambah menjadi 11 destinasi.

Brown menambahkan, kedatangan Genting Dreams Cruise membuka peluang bagi hadirnya kapal pesiar lain di Bintan.

“Potensi yang dimiliki Bintan ini besar. Bintan ke depannya akan menjadi destinasi utama kapal pesiar. Dream Cruise ini memang yang pertama, tapi setelah ini pasti akan datang lebih banyak lagi. Entah itu kapal dari Genting Group atau yang lainnya,” lanjutnya.

Sedangkan Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira, pihaknya sudah siap menyambut kehadiran para wisatawan asal Genting Dream Cruise.

“Transportasi di sini sangat bagus. Semua dilayani dengan nyaman. Selama di Bintan, mereka diajak mengunjungi beberapa destinasi. Kami sejak awal sudah menawarkan beberapa desinasi pada mereka,” jelas Luki.

Selama di Bintan para wisatawan dimanjakan dengan 30 unit bus. Masing-masing bus berkapasitas 25 penumpang. Bus ini dilayani oleh Bintan Resorts Tur, Trikora Tur, juga Tanjungpinang City Tur. Ada juga Private Tur yang mengoperasikan 18 kendaraan dengan kapasitas berbeda mulai 7-13 penumpang.

Berdasarkan zona, ada dua paket destinasi yang disiapkan bagi penumpang Dream Cruises. Dalam area Bintan Resorts, destinasinya terdiri dari Lagoi Bay, Safari Lagoi, Mangrove, BBT, hingga Treasure Bay Bintan. Kawasan luar resorts terdiri dari Tanjung Uban, Gunung Bintan, Trikora, Tanjungpinang, Senggarang, hingga Penyengat.

Selain itu, ada juga destinasi potensial lainnya seperti Coral Kepri. Untuk menjangkaunya, diperlukan kapal ferry. Destinasi ini unik karena berkonsep resorts. Kawasan ini memiliki ombak tenang sehingga ideal untuk berbagai permainan air. Fasilitasnya mulai speedboat hingga amphibi. Ada juga restoran dengan akuarium bawah airnya. Fasilitas di pulaunya pun wow, lengkap dengan kebun binatang mini.

“Yang jelas, ke depannya akan dibangun berbagai infrastruktur baru di area Bintan ini. Saat ini sudah ada cruises-cruises lain yang juga siap datang ke Bintan. Komunikasi dengan mereka sangat intesif dan mereka juga tertarik dengan destinasi Bintan,” kata Luki lagi.

Kedatangan Dream Cruises pun diapresiasi oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Masuknya kapal pesiar raksasa ini menjadi momentum sejarah bagi pariwisata Bintan.

“Kami ucapkan selamat datang bagi Dream Cruises di Bintan. Destinasi ini luar biasa eksotis. Nature, culture, dan man madenya bagus. Infrastruknya juga luar biasa. Ini menjadi momentum yang bagus, sekaligus sejarah,” tutupnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here