www.INDONESIATRAVEL.NEWS, PALEMBANG – Perhelatan Asian Games 2018 disambut Sumatera Selatan dengan mempromosikan sejumlah destinasi wisata unggulannya.

Promosi dilakukan seluruh stakeholder terkait. Tidak terkecuali Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sumsel. Sebagai salah satu ujung tombak promosi pariwisata, GenPI Sumsel pun ikut dirangkul untuk mempromosikan pariwisata Provinsi Sumsel.

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Sumsel serta Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang, mengajak kami untuk berkolaborasi menyukseskan Asian Games 2018. Saat ini kami sedang proses menjalankannya dengan mempromosikan destinasi-destinasi yang ada di Sumsel khususnya 10 destinasi unggulan di Kota Palembang,” ujar Ketua Harian GenPI Sumsel, Nanda Dadidud, Minggu (13/5).

Palembang memang mempunyai potensi pariwisata yang cukup lengkap. Tercatat Palembang memiliki 65 destinasi wisata, yang terdiri dari wisata alam, wisata sejarah dan budaya serta wisata hasil buatan manusia.

Dan, 10 diantaranya merupakan destinasi wisata unggulan yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018. Adapun ke 10 destinasi unggulan tersebut ialah Benteng Kuto Besak. Yaitu bangunan keraton yang dibangun pada tahun 1780, yang juga pusat Kesultanan Palembang. Kemudian Museum Balaputra Dewa yang terletak di pegunungan Bukit Barisan. Tepatnya di sisi barat Sumatera Selatan. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) atau taman yang mengoleksi benda-benda purbakala zaman kerajan Sriwijaya. Kemudian Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II di Benteng Koto Lama (Kuto Tengkurokato Kuto Batu). Juga Kampung Kapitan, kawasan yang sangat kental dengan akulturasi antara budaya Palembang dan Tionghoa.

Ada juga Bukit Siguntang di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I. Bukit Siguntang dulunya adalah sebuah tempat ibadah keluarga Kerajaan Sriwijaya, sekaligus tempat pertapaan. Kemudian Pulau Kemaro yang terletak lima kilo meter dari Jembatan Ampera. Kemudian Kampung Al-Munawar. Kampung yang biasa disebut Kampung Arab oleh warga Palembang ini terletak di wilayah 13 Ulu, Palembang. Asal usul Kampung Arab Al-Munawar tak terlepas dari peran Pemerintah Belanda yang pada ratusan tahun silam. Lalu ada Museum Al-Quran Al-Akbar di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, Palembang. Destinasi ini sangat Instagramable dan menjadi salah satu wisata religi unggulan Palembang. Dan tentunya Jembatan Ampera. Nama Jembatan Ampera tentu sudah tidak asing lagi. Jembatan ini telah menjadi ikon kota Palembang selama puluhan tahun.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengakui kayanya potensi pariwisata Palembang. Dan Asian Games merupakan momentum memperkenalkan Palembang kepada dunia. Sehingga kedepan pariwisata Palembang akan semakin terangkat lagi.

“Palembang itu tidak kalah dengan destinasi-destinasi unggulan lainya seperti Bali dan Jogja. Petensinya lengkap. Dan Asian Games merupakan momentum yang baik untuk mengangkat itu semua. Silahkan datang dan nikmati pesona Palembang,” ujar Menteri asal Banyuwangi tersebut. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here