INDONESIATRAVEL.NEWS–Pelaksanaan Triathlon Sibolga Nauli 2018 berjalan sukses. Event untuk memeriahkan hari jadi ke-318 Kota Sibolga, diikuti 262 peserta. Lomba difokuskan di Pelabuhan Lama Kota Sibolga, Minggu (25/3) pagi.

Acara ini dibuka Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk, dan Direktur Utama Otorita Danau Toba (BPODT) Ari Prasetyo. Pembukaan juga dihadiri Perwakilan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Andhy Marpaung, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Sekretaris Daerah Kota Sibolga Yusuf Batubara, anggota DPRD Kota Sibolga, para pimpinan OPD Kota Sibolga.

Turut hadir juga Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani, beserta Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul.

Triathlon Sibolga Nauli 2018 menggabungkan tiga jenis aktivitas. Yakni berenang, bersepeda, dan lari. Andi Gumilang asal Makasar tampil sebagai juara kategori putera. Di sektor putri, Asita asal Surabaya menjadi juaranya.

Juara lomba triathlon nasional mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan senilai total Rp128 juta.

Kadisparpora Sibolga Haslan Efendi mengatakan, event ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas atlet muda.

“Triathlon nasional ini diikuti sejumlah Federasi Triathlon Indonesia (FTI), diantaranya Kota Surabaya dan Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Makasar, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kota Medan, Karo, Batubara, Tapsel dan Kota Sibolga,” ungkap Haslan yang juga ketua panitia.

Dijelaskan Haslan menambahkan, selain triathlon ada juga kegiatan lain. Yaitu lomba renang perairan terbuka. Event ini memberikan total hadiahnya sebesar Rp20.700.000. Serta lomba lari 5K dengan hadiah total Rp56 juta.

Ketua Federasi Triathlon Indonesia, Mat Sungkar memuji Walikota Sibolga yang sangat serius terhadap kegiatan triathlon. Mat Sungkar berkomitmen, tiga tahun kedepan akan meningkatkan triathlon Kota Sibolga menjadi tingkat Internasional.

”Tidak ada kata terlambat. Yang membuat kami salut, Pak Wali sangat antusias dan serius dalam melaksanakan kegiatan Triathlon selama ini. Kami yakin kalau ini ditata ulang kembali, insya Allah 3 tahun lagi dimulai dari tahun depan, pesertanya internasional tidak kurang lebih dari 1.000 orang,” kata Mat Sungkar.

Di kesempatan tersebut, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk berjanji meningkatkan lagi dan memperbaiki kekurangan kegiatan lomba Triathlon yang digelar di Kota Sibolga.

“Catatan kita kedepan supaya ini kita selesaikan, keamanan kita tingkatkan, sampah dipantai kita bersihkan. Kemudian soal ketepatan waktu, terus persyaratan harus ditanya betul. Ada saya temukan peserta dibawah 15 tahun, ini tidak boleh, kalau tidak tahun depan kita buat dua kategori, dewasa dan di bawah 15 tahun,” bebernya.

Triathlon Sibolga Nauli 2018 mengajak atlet ke beberapa tempat paling menarik di kota ini. Di antaranya Pulau Pincang Gadang, Pulau Sendok, Pulau Bangke, Pulau Panjang, Pulau Poncan Ketek, Pulau Sarudik, Pantai Ujung Sibolga, Taman Tanggo Daratista, Bukit Pancoran Gerobak, Tor Simarbarimbing, dan Pusat Kota Sibolga.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, event ini mampu memberikan dampak yang signifikan dalam hal pariwisata. Kemenpar mendukung penuh event sport tourism. Karena, memberikan direct impact terhadap kunjungan wisatawan ke Sibolga.

“Triathlon Sibolga Nauli 2018 ini akan menjadi ikonnya Sibolga untuk kedepannya. Triathlon memberikan dampak yang signifikan dalam hal pariwisata. Kementerian akan selalu mendukung,” jelas Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menambahkan, pariwisata Sibolga ke depan akan sangat cerah. Lantaran berdekatan dengan Kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Prioritas dan Kepulauan Nias sebagai KSPN Teluk Dalam dan sekitarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here