Jakarta – Penampilan apik dan luar biasa dari dalang cilik zahria Febrianti menyambut kedatangan Menteri Sandiaga Salahudin Uno ke Desa Wisata Buwun Sejati. Dalam pentasnya Zahria mengisahkan tentang kisah religi yang banyak hikmah. Zahria siswa kelas 3 SDN 1 Buwun Sejati tampil secara langsung dihadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Ketua DPRD Lombok Barat Hj Nuhidayah, pejabat kementerian dan kepala OPD dan tamu undangan lainnnya.

Siswa sekolah pedalangan jati suware Desa Buwun Sejati pimpinan Dalang Sukardi ini mempesona Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. Menteri Sandi Uno langsung menghampiri dalang cilik yang masih berusia 10 tahun ini. Menteri Sandi Uno yang akrab dekat dengan Bupati Lombok Barat berdialog langsung dengan dalang cilik Zahria. Dalam dialog tersebut Sandi mengatakan bahwa dalang cilik zahra ini merupakan aset bangsa dan generasi penerus budaya bangsa. Menurutnya perlu ada upaya upaya seperti di Desa Wisata Buwun Sejati untuk melestarikan kelompok dalang sehingga kesenian wayang bisa berkelanjutan. Ia memuji desa wisata Buwun Sejati dan Bupati Lombok Barat yang telah berhasil melahirkan dalang cilik yang merupakan generasi penerus budaya bangsa. “Ini merupakan langkah maju dari desa wisata buwun sejati dan Bupati Lombok Barat yang dapat melahirkan dalang cilik seperti zahria” ujarnya.

Setelah melihat penampilan dalang cilik, menteri Sandi Uno menikmati lomba karapan sapi sawah. Karapan sapi ini merupakan tradisi yang ada di desa buwun sejati dan menjadi daya tarik wisata Desa Wisata Buwun Sejati. Setelah itu Menteri dan rombongan bergerak menuju destinasi wisata pemandian alam aik nyet. Disini menteri sandi menikmati sate bulayak dan duren khas buwun sejati.

Dalam sambutannya Menteri Pariwisata Sandiaga Uno mengatakan bahwa panorama alam di desa wisata buwun sejati ini sangat luar biasa. Hal ini menjadi daya tarik bagi desa wisata untuk mendatangkan wisatawan. Menurutnya pengelolaan desa wisata buwun sejati sudah sangat baik dan ini tentunya dapat melahirkan pariwisata berkelanjutan. Selain itu desa wisata ini juga telah menerapkan digitalisasi dalam pembayaran dan promosi wisata. Sehingga hal ini memberikan peluang bagi desa wisata untuk semakin maju dan berkembang. “Desa wisata Buwun Sejati ini luar biasa dan banyak inovasi inovasi yang telah dilakukan oleh desa wisata ini” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Sandi juga mengatakan bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diarahkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Selain itu sektor ink diharapkan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat tahun ini diperkirakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat membuka 1,1 juta lapangan pekerjaan baru. Sementara hingga tahun 2024 ditargetkan lapangan kerja yang terbuka sebesar 4 Juta dari sektor Pariwisata dan Ekonomi kreatif. “Sektor Pariwisata dan Ekonomi kreatif ini menjadi harapan untuk menggerakkan ekonomi bangsa. Sehingga kita terus untuk berupaya untuk memperluas desa wisata dan destinasi wisata baru sehingga ekonomi masyarakat terus bergerak” ujarnya.

Sementara itu Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyampaikan selamat datang kepada mas menteri di Lombok Barat. Menurut Bupati Fauzan kehadiran mas menteri ke Lombok Barat menjadi motivasi dan inspirasi bagi pariwisata Lombok Barat. Dalam kesempatan tersebut Bupati berharap agar desa wisata buwun sejati dapat memenangkan ADWI 2022. Ia juga mengatakan bahwa Lombok Barat akan terus menata dan mempersiapkan desa wisata Lombok Barat sehingga tahun 2023 desa wisata Lombok Barat dapat masuk dalam 50 besar ADWI 2023. “Kalau tahun 2023 desa wisata Lobar kembali masuk 50 Besar ADWI mas menteri tentu akan kembali ke Lombok Barat lagi. Kami juga berharap agar desa wisata Buwun Sejati dapat menjadi pemenang dalam ADWI 2022 ini” ujarnya.

Dalam kunjungan ke Aik Nyet ini Menteri Sandiaga Uno memberikan bantuan soundsystem kepada Sekolah Dalang Jati Sware yang menjadi tempat belajar dalang cilik Zahria. Selain itu Menteri Sandi juga menandatangani prasasti desa wisata buwun sejati yang masuk dalam 50 besar ADWI. Dalam kesempatan ini juga mas menteri bersama Bupati Lombok Barat saling berbalas pantun yang membuat seluruh rombongan dan wisatawan di Aik Nyet Desa Wisata Buwun Sejati riang gembira. (Diskomimfotik/Tim IKP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here