INDONESIATRAVEL.NEWS-Melalui program Jogja Surprise, candi-candi warisan dunia versi UNESCO di Jawa Tengah dan Yogyakarta siap dieksplor. Khususnya selama pelaksanaan Asian Games 2018.

Untuk memudahkan wisatawan, paket-paket wisata ramah pun disiapkan. Paket-paket itu dikemas dalam program 3 hari 2 malam.

Menurut Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, Jogja Surprise adalah salah satu program terbaik.

“Penawaran paket wisata Jogja Surprise sangat luar biasa. Wisatawan akan diajak menikmati eksotisnya candi warisan dunia versi UNESCO. Ada Borobudur dan Prambanan. Keduanya sangat terkenal. Juga banyak memberikan inspirasinya bagi dunia,” ungkap Pitana, Kamis (24/5).

Program Jogja Surprise memang mengagendakan kunjungan ke Borobudur dan Prambanan. Kemegahan dan eksotisme dua candi ini sudah tersohor. Borobudur bahkan masuk destinasi prioritas 10 Bali Baru.

Situs dunia ini banyak dikunjungi wisatawan dengan beragam latar belakang. Semuanya menikmati nuansa pluralisme dan toleransinya.

Dengan relief eksotis yang dimilikinya, Candi Borobudur dan Prambanan sering menjadi laboratorium raksasa. Penelitian untuk budaya, konstruksi, arkeologi, juga disiplin ilmu lainnya sering dilakukan di dua tempat ini.

Pitana menambahkan, paket yang ditawarkan, membuat wisatawan juga berkesempatan mengeskplor beberapa candi di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain Borobudur dan Prambanan.

“Candi-candi di sini sangat eksotis. Nilai historisnya sangat tinggi. Dengan daya tarik tersebut, sayang kalau dilewatkan. Sebab, ada paket wisata tiga hari untuk menikmati semua situs budaya ini. Perjalanan ini akan sangat berkesan karena berada di alur budaya terbaik Jawa,” lanjutnya lagi.

Untuk menikmati program Jogja Surprise, wisatawan hanya dikenai bujet minimum USD218 per pax. Dengan program tersebut, wisatawan mendapatkan akomodasi hotel 2 malam. Kamarnya tipe twin hingga bisa untuk 2 orang.

MerekaMereka juga mendapat meals tiga kali sehari, lalu moda transportasi terbaik. Harga paket termasuk tiket masuk destinasi, air mineral, asuransi, hingga 11% pajak plus 10% service charge.

“Harga paket wisata yang ditawarkan tidak mahal. Dengan beragam fasilitas yang didapatkan, bahkan cenderung sangat murah. Sebab, destinasinya besar-besar, terbaik, dan terkenal di dunia,” tutur Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni.

Hanya saja paket USD218 per pax tidak termasuk visa. Wisatawan juga dikenakan tambahan pajak pada setiap flight dan bahan bakar bila keluar dari rute. Untuk menu tambahan juga jadi tanggungan sendiri. Wisatawan juga membayar sendiri untuk berbagai transaksi pribadi lainnya. Ada laundry, telepon, juga layanan kamar hotel atau mini bar.

“Kesempatan ini jangan sampai terlewatkan. Silahkan hubungi Panorama. Sebab, mereka yang kelola di program ini. Yang jelas, kunjungan ke situs candi terbaik di dunia akan memunculkan kesan lain untuk Asian Games kali ini. Memilih program Jogja Surprise pun menjadi opsi bijak,” ujar Sumarni lagi.

Dengan banderol super murah USD218 per pax, program Jogja Surprise siap memuaskan wisatawan. Sebab, rangkaian trip terbaik sudah disiapkan.

Seperti, usai mendarat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, di hari pertama trip, wisatawan langsung diajak mengeksplorasi Candi Borobudur, Pawon, dan Mendut.

KepalaKepala Bidang Area Jawa Kemenpar Wawan Gunawan, wisatawan sudah akan dibuat kagum di hari pertama.

“Agenda perjalanan dibuat sangat menarik. Sebelum ke Borobudur, wisatawan diajak makan di restoran terbaik. Selain Borobudur, wisatawan juga akan menikmati eksotisnya Candi Mendut dan Pawon. Candi ini memiliki karakteristik unik. Yang pasti akan membuat trip lebih berkesan,” katanya.

Menopang kebesaran Borobudur, Candi Mendut pun sarat filosofi. Candi ini memiliki relief Hariti dan simbol kesuburan yang popular. Untuk Candi Pawon, detail arsitektur dan pahatan relief di dindingnya sangat eksotis. Menyimbolkan perpaduan Hindu Jawa dan Seni India.

“Yang jelas, keseruan ini berlanjut di hari ke dua trip. Sesuai nama programnya, ada banyak kejutan dari paket wisata ini,” jelas Wawan.

Melanjutkan hegemoni, menu ‘petualangan’ disajikan pada hari ke dua. Usai sarapan, semua diajak menikmati eksotisme Candi Prambanan dan city tour di Yogyakarta. Untuk city tour, wisatawan diajak berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta plus Tamansari. Wisatawan juga akan diajak membuat batik.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, memuji program Jogja Sunrise.

“Program Jogja Surprise ini akan memberikan pengalaman wisata candi yang luar biasa. Komposisinya sangat lengkap. Wisatawan bisa mendapatkan nilai histori yang lengkap. Dan, inilah wajah cantik dari Indonesia. Belum lagi, Keraton beserta Tamansarinya yang terus eksis sebagai pusat peradaban Jawa. Ini tentu menjadi pengalaman berharga. Ingat, semua ini hanya ada di Indonesia,” tutup Menteri Pariwsata Arief Yahya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here