JAKARTA – Kurang afdol rasanya jika kita mengunjungi suatu kota tanpa mencicipi makanan legendaris kota tersebut. Apalagi jika melewati Karawang. Kota ini menjadi kota persinggahan para pemudik yang melewati jalur utara Jawa. Nah jika lewat, jangan lupa untuk mencoba beberapa makanan khas Karawang yang sudah melegenda. Soal rasa tak perlu diragukan.

“Karawang sangat strategis sebagai perlintasan para pemudik. Tempat yang pas untuk sejenak melepas lelah sambil menikmati #PesonaMudik2019 makin lengkap,” ujar Menpar Arief Yahya.

Lantas apa saja sih wisata kuliner menarik yang ada di Karawang? Yuk langsung kita intip satu persatu dari #Top10KulinerLebaran2019 yang ada di Karawang.

1. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Kuliner khas Karawang yang pertama adalah ikan gabus bumbu pucung. Bagi penggemar ikan, menu ini wajib dicoba ketika berkunjung ke Karawang. Anda dapat menemukan menu ikan gabus bumbu pucung ini di daerah Rawamerta, tepatnya di Desa Panyingkiran.

Ikan gabus dengan rasa dan bumbu yang sedap ini tepat untuk dijadikan santap siang. Apalagi, kalau sedang lapar-laparnya dan disuguhi dengan nasi hangat. Maknyus!

2. Pepes Walahar Pak Hj. Dirja

Kuliner khas Karawang yang wajib dicoba adalah Pepes Jambal Walahar Haji Dirja, yang terletak dekat Bendungan Walahar. Rumah makan ini menyediakan beragam menu pepes, dan tentunya memiliki menu utama pepes jambal yang digemari banyak orang.

Selain makanannya yang enak dan sedap, tempat ini juga memberikan nuansa nyaman dari desain alaminya sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama disana.

3. Ratu Penyet

Ini dia gudangnya menu penyetan paling mak nyoss di Karawang. Menunya super lengkap. Ada Ayam Penyet, Bebek Penyet, Empal Gepuk Penyet, Iga Penyet sampe Ikan Penyet bisa kamu nikmatin di sini. Pilihan sambelnya jempolan. Ada pilihan sambel XP (Xtra Pedas), Pedas, Sedang dan Tidak Pedas.

Nah yang penasaran silahkan meluncur ke Jalan Kertabumi No. 16, Karawang. Jangan sampai gak mampir biar gak nyesel.

4. Tahu Bambu

Jika Sumedang punya tahu Sumedang-nya yang khas, Karawang punya tahu bumbu Sari Rasa yang tak kalah enak dan gurih.

Anda dapat menemukan tahu ini di Jalan Dewi Sartika, yang mana terdapat kedai tahu bumbu Sari Rasa yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an.

Kedai ini menyajikan tahu bumbu yang banyak digemari orang dan menjaga agar tahu selalu hangat, yaitu dengan menggorengnya terus-menerus pada api yang kecil.

5. Soto Tangkar Mang Nean

Wisata kuliner khas Karawang selanjutnya adalah Soto Tangkar Mang Nean yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, tepatnya di samping Hotel Dewi.

Soto tangkar ini menjadi makanan khas yang wajib dicoba di Karawang karena rasanya yang khas dari bumbu serta resep turun-temurun sejak tahun 1980-an.

Nama Mang Nean sendiri diambil dari nama pemilik dan pendiri warung soto tangkar tersebut, yang kemudian usaha itu dilanjutkan oleh anak-anaknya hingga saat ini.

6. Soto Gempol

Selain soto tangkar, ada juga kuliner soto lainnya yang terkenal di Karawang yaitu Soto Gempol. Dari penampilannya, Soto Gempol ini agak mirip dengan Soto Betawi khas Jakarta. Namun tentunya Soto Gempol ini memiliki cita rasa yang khas dari pendirinya, yaitu H. Abdul Syukur dan Hj. Fatimah.

Kuah Soto Gempol berwarna lebih kekuningan, dan Anda dapat menambahkan bawang serta acar supaya terasa lebih sedap.

7. Lesehan Mang Ajo

Jika Anda hobi memancing, mungkin Anda dapat mencoba mengunjungi Lesehan Mang Ajo yang terletak di Teluk Jambe Barat ini.

Konsep tempat ini adalah pemancingan sekaligus rumah makan yang berbentuk gubuk-gubuk kecil, disertai desain yang natural dan menyatu dengan alam. Ikan hasil pancingan Anda dapat dimasak untuk dimakan langsung atau dibawa pulang, yang biasanya dibandrol sekitar Rp 25.000 per-kilogram.

Rumah makan ini juga tidak hanya menyajikan menu berbahan dasar ikan, namun juga menu lain seperti sop, sate, ayam, nasi goreng, dan lain sebagainya.

8. Es Walikota

Tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Karawang namun tidak bertandang ke tempat yang satu ini. Es Walikota adalah kedai es buah yang memiliki kepanjangan dari namanya yaitu Es Warung Lingkungan Kota. Ini sesuai dengan lokasinya yang berada di daerah kota Karawang.

Pada kedai es ini, Anda dapat memilih sendiri es, buah, roti, maupun snack yang ingin Anda makan dalam ukuran mangkuk tertentu. Sistem swalayan ini ternyata dapat menarik perhatian pengunjung untuk datang dan mencoba berbagai menu pada kedai Es Walikota tersebut.

9. Ayam Panggang M. Ochit

Mungkin ayam panggang memang dapat ditemui dimana-mana, namun berbeda dengan ayam panggang yang satu ini. Ayam panggang M. Ochit merupakan salah satu kuliner khas Karawang yang banyak digemari dan dicari orang, karena rasanya yang khas dan tentu saja lezat. Anda bisa memesan ayam panggang untuk dibawa sebagai oleh-oleh atau makan di kedai tersebut, yang menyediakan menu nasi timbel lengkap dengan lalapan dan sambalnya

Jika Anda tergiur, silakan sambangi kedai Ayam Panggang M. Ochit yang terletak di depan SD Mandalasari, Karawang.

10. Soto Sadang

Soto Sadang aslinya berada di Purwakarta. Tepatnya berada di perbatasan Purwakarta-Karawang.

Soto ini memiliki dua jenis, yaitu soto dengan kuah bening dan kuah santan. Soto bening ini merupakan kuliner dengan kuah kaldu yang berasal dari daging rebus dengan api kecil dalam waktu yang lama. Kuahnya jernih, namun rasanya gurih pekat dengan kaldu. Sementara untuk Soto Santan akan ada irisan lauk, berkuah santan berwarna kuning pucat dan rasanya gurih kuat.

Bagi anda yang mau mencobanya, bisa dateng ke lokasinya langsung di Jl. Veteran No.12, Sadang, Ciseureuh, Purwakarta. Lokasinya persis di samping Jembatan KA, Purwakarta. Tempat makan ini dibuka selama 24 jam, jadi anda tidak perlu khawatir tidak bisa memakannya karena tutup.

Itulah #Top10PesonaKulinerLebaranKarawang yang menyajikan berbagai makanan khas dari Karawang. Sangat menggiurkan dan membuat penasaran bukan? Jadi tidak ada salahnya jika libur Lebaran Anda kali ini diisi dengan berburu kuliner di Karawang yang unik dan enak itu. Selamat mencoba kuliner khas Karawang!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here