BATAM – Suksesnya pelaksanaan Batam Trail Run 5K berdampak positif buat pariwisata Kota Batam dan Kepulauan Riau. Sebab, pasca event sejumlah travel agent mulai menebar paket wisata. Tidak tanggung-tanggung, penawarannya dilakukan hingga akhir tahun.

Batam Trail Run 5K sendiri sudah digelar Minggu (7/4), di Sijori Resort & Spa, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. Event ini diikuti 463 peserta domestik dan mancanegara asal Malaysia, Singapura, Kenya, dan Tiongkok. Batam Trail Run 5K juga menyertakan 23 jurnalis dari Malaysia dan Singapura.

Selain meliput event, para awak media itu mereka mengeksplorasi destinasi Bintan melalui Famtrip Media Partner, Sabtu (6/4). Ada destinasi Padang Pasir Busung, Pemancingan Poyotomo, Madu Tiga Beach & Resort, dan Desa Wisata Ekang.

Antusiasnya para peserta dan peliput mancanegara ini, membuat pelaku industri pariwisata Kepulauan Riau membuat paket-paket wisata menarik. Utamanya, paket kunjungan ke Batam dan Bintan. Harga yang ditawarkan sangat ramah dan berlaku hingga akhir tahun

Salah satu travel agent yang menawarkan paket untuk wisatawan adalah PT Windy Berkah Sukses-Win Travel.

“Destinasi Batam dan Bintan ini luar biasa. Ada banyak spot yang bisa dieksplorasi wisatawan. Destinasi yang dikunjungi dalam program famtrip merupakan favorit. Yang jelas ada banyak destinasi yang kami tawarkan melalui paket-paket wisata. Konten-konten ini juga kami sampaikan kepada media Malaysia dan Singapura tersebut,” kata Direktur PT Windy Berkah Sukses-Win Travel Windy Budiarti Soedibyo, Senin (8/4).

Ada beragam paket yang ditawarkan Win Travel. Ada Paket One Day Tour Bintan dengan banderol Rp250 Ribu bagi sedikitnya 6 pax. Destinasi yang ditawarkan ada 7 spot. Ada, Jembatan Barelang, Wolcome to Batam, Masjid Agung Batam, dan Nagoya Lama/Nagoya Hill. Destinasi lainnya Mesjid Cheng Ho, Miniatur Rumah Mini, dan Kedai Oleh-Oleh Batam.

Inisiatif para travel agent membuat Kementerian Pariwisata turut senang. Hal itu tercermin dari pernyataan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

“Batam dan Bintan banyak menawarkan spot terbaik. Singapura dan Malaysia menjadi market potensial. Batam Trail Run 5K memang menjadi event ideal untuk branding. Konsep paket one day tour seperti ini sangat efektif. Pasar Singapura dan Malaysia mayoritas masuk ke Batam di akhir pekan,” tutur Rizki Handayani.

Selain mengekplorasi Batam, wisatawan juga bisa menikmati eksotisnya destinasi dalam waktu singkat. Ada paket One Day Tour Bintan yang dibanderol Rp300 Ribu per orang. Mengambil start dari Pelabuhan Punggur, paket ini sudah termasuk transportasi kapal menuju Bintan. ada juga fasilitas makan, tiket, lalu guide.

Dijelaskan Rizki. Paket Batam-Bintan sangat menarik untuk wisatawan. Sebab, jarak tempuh kedua kota itu relatif dekat.

“Paket-paket yang ditawarkan oleh industri di Batam sangat menarik. Dengan hanya waktu sehari, ada banyak experience yang didapatkan mereka. Meski stay di Batam, wisatawan bahkan bisa menikmati view indah di Bintan. Waktu tempuhnya kompetitif, bahkan bila memakai Kapal Ro-Ro wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan keramahan warga di sana,” lanjut wanita yang biasa disapa Kiki itu.

Di Bintan, ada 5 destinasi yang dikunjungi. Wisatawan bisa mengeksplorasi Padang Pasir Busung atau Telaga Biru Bintan. Ada juga Lagoi Bay, Treasure Bay, dan Ikon Patung Penyu. Untuk Padang Pasir Busung, destinasi ini menjadi rujukan utama para wisman karena unik. Buktinya, dari rentang Januari hingga Maret 2019, kawasan ini sudah dikunjungi 35.128 wisatawan.

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menerangkan, Batam dan Bintan menjadi destinasi terbaik bagi wisatawan.

“Batam dan Bintan destinasi terbaik. Ada banyak cara untuk mengekplorasi eksotisnya destinasi ini dan spot lainnya. Bagaimanapun, crossborder Kepri memiliki banyak destinasi eksotis lainnya. Paket-paket yang ditawarkan juga sama menariknya,” terang Dessy.

Penawaran bagi wisman semakin berwarna dengan paket One Day Tour Kepri Coral. Paket ini berlaku bagi sedikitnya 10 orang. Banderol paket dewasa Rp700 Ribu per pax, lalu anak-anak dikenai tarif Rp500 per pax. Start perjalanan menuju Kepri Coral dari Pelabuhan KPC, Jembatan 6, Galang Baru. Ada banyak fasilitas yang dinikmati wisatawan.

Di Kepri Coral, ada 19 wahana yang bisa dinikmati wisatawan. Sebut saja, Snorkling, Undersea World, Kayak, Sepeda Laut, Fish Feeding, juga Shark Feeding. Ada juga Tarzan House, Swimming Pool, Luncuran & Papan lompat Laut, Volly Pantai, dan Soccer. Optional berbayar seperti, Watersport Jetski, Quadski, Hovercraft, hingga Banana Boat.

“Kami harap wisatawan bisa memanfaatkan paket-paket ini untuk mengeksplorasi Kepri. Pastikan akhir pekan nanti, beragam paket menarik ini sudah dimiliki. Silahkan berkunjung ke Batam dan wilayah Kepri lainnya,” tegas Dessy.

Memberikan space eksplorasi lebar, paket Mini Cruise MV Sea View pun ditawarkan. Agenda rutinnya pada Sabtu dan Minggu. Paket ini dibanderol Rp500 Ribu per pax dewasa, lalu anak-anak sekitar Rp350 Ribu per pax. Experiennya menarik karena mengeksplorasi 11 pulau. Ada Pulau Nipah, Tonton, Akar, Aur, Panjang Selatan, dan lainnya. Di perjalanan ada hiburan sulap, tari tradisional, dan live music.

“Kepri selalu menawarkan konten terbaik sebagai pengisi liburan. Paket-paket wisatawanya selalu unik dan harganya sangat ramah. Kami tunggu Anda semua di sana. Silahkan pesan paketnya, lalu mulailah berpetualang menikmati keindahan Batam, Bintan, dan wilayah Kepri lain,” papar Kabid Pengembangan Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang.

Untuk konfirmasi pemesanan paket menarik ini bisa melalui nomor +6281372203070. Informasi lainnya bisa disimak melalui Facebook Windy Wara Wiri atau Instagram Windywarawiri.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menerangkan, Batam dan Kepri banyak menawarkan paket-paket menarik. Durasi waktu ekplorasinya juga sesuai dengan kebutuhan wisatawan.

“Kawasan Batam, Bintan, dan Kepri ini sangat bagus. Ada banyak experience yang ditawarkan dengan alam dan budayanya yang luar biasa. Selain one day tour, ada paket wisata dengan durasi lebih lama. Semuanya untuk mendukung aktivitas wisata sehingga liburan wisatawan semakin efektif,” tutup Menpar. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here