UBUD – Hampir semua wisatawan mancanegara yang datang ke event Bali Spirit Festival 2019 mengaku sangat senang bisa berkunjung ke Pulau Dewata. Mereka mengakui Bali Spirit Festival memiliki daya tarik yang membuat mereka selalu ingin datang setiap tahun.

Salah satu wisatawan mancanegara yang menyampaikan keinginannya untuk kembali ke Bali adalah Nora Wendel, asal Swiss. Buat peserta Bali Spirit, wajah Nora Wendel tidaklah asing. Karena, wanita ramah ini adalah pengisi konten untuk akun instagram Bali Spirit Festival. Nora kerap melakukan live reporting dan melaporkan berbagai kegiatan dan komentar peserta.

Ditemui di Media Center Bali Spirit Festival, beberapa waktu lalu, Nora mengaku sudah beberapa kali ke Bali dan mengikuti Bali Spirit Festival.

“Ya, saya sudah beberapa kali ke Bali dan mengikuti event ini. Kamu tahu, sangat menyenangkan berada di event ini. Karena banyak aktivitas yang bisa kita lakukan dan mengikuti workshop serta yoga. Dan tentu saja bisa menikmati Bali. Bali akan selalu membuat kita ingin kembali lagi, benar kan?” katanya.

Yang membuat Nora senang, ia juga bisa terlibat dalam akun resmi Bali Spirit Festival. Yang artinya, ia memiliki akses untuk mengikuti semua rangkaian event. Juga berbincang dengan instruktur serta founder. “Saya di sini untuk melaporkan ke instagram Bali Spirit. Sangat menyenangkan melakukan hal ini,” tuturnya.

Pengalaman tidak terlupakan juga didapat Kayleigh Pritchard, wisatawan asal London Inggris yang menetap di Sydney, Australia. Buat Kayleigh, tahun ini adalah tahun pertamanya mengikuti Bali Spirit Festival.

“Saya sangat senang bisa mengikuti event ini. Karena saya bisa mendapatkan banyak sekali teman baru. Saya bertemu dengan orang-orang yang luar biasa. Banyak juga kegiatan yang menyenangkan di Bali Spirit. Saya sangat enjoy berada di sini,” tutur wanita yang berprofesi sebagai hairstylist di Sydney.

Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty mengatakan sejak awal wisatawan mancanegara memang memberikan respon yang sangat positif terhadap pelaksanaan Bali Spirit Festival 2019. Wisatawan terlihat sangat antusias.

“Perhelatan event ini selalu mendapat sambutan. Selalu ditunggu-tunggu oleh wisatawan mancanegara. Karena, event ini kelasnya sudah kelas dunia. Makanya bisa hadir dan berpartisipasi dalam Bali Spirit Festival adalah kebanggaan buat para pelaku yoga mancanegara. Termasuk para instrukturnya,” papar Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata.

Esthy menambahkan, sisi positif dari pelaksanaan event ini adalah bisa menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar venue. Tepatnya, sekitar Yayasan Purnati Center, Ubud.

“Event ini membuat masyarakat berinisiatif membuka warung-warung tenda. Mereka menyediakan makanan yang tidak disediakan di dalam venue. Sebab, sebagian besar kuliner di venue untuk vegetarian. Selain itu, banyak warga yang memanfaatkan event ini menjadi ojek. Mereka mengantarkan wisatawan mancanegara ke hotel. Jadi Bali Spirit benar-benar mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat secara nyata,” paparnya.

Sedangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Bali Spirit adalah salah satu event terbaik dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata.

“Pelaksanaan Bali Spirit Festival sangat konsisten. Dan selalu bisa mendatangkan wisatawan mancanegara dalam jumlah yang besar. Dan jelas impactnya sangat bagus buat pariwisata Indonesia. Bahkan, masyarakat juga bisa merasakan langsung manfaat dari event ini,” paparnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here