BANDA ACEH – Para pelancong dan pecinta kuliner, bersiaplah menyambut Aceh Culinary Festival 2019. Tahun ini, Festival diselenggarakan 5 hingga 7 Juli 2019 di Banda Aceh. Event yang dimulai 2014, diharapkan menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Peran kuliner itu penting. Wisatawan yang hadir pada satu destinasi, pasti berburu kuliner. Oleh karena itu, kuliner tidak bisa dipisahkan dari pariwisata. Justru semakin memperkuat sektor pariwisata yang dampaknya dirasakan langsung masyarakat,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (17/5).

Festival ini diselenggarakan Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Yang dihadirkan bukan hanya kuliner khas dari Bumi Serambi Mekah saja. Pengunjung juga bisa menikmati masakan dari penjuru Indonesia. Bahkan dari berbagai belahan dunia.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin, festival ini menjadi upaya lebih mengembangkan Aceh sebagai destinasi halal.

“Event ini bagian dari kalender event tahunan yang dikemas unik dan menarik. Nuansanya halal,” kata Jamaluddin.

Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata Hariyanto menjelaskan kuliner merupakan salah satu usaha kreatif. Yang memberikan dampak positif perekonomian bagi masyarakat. Kuliner juga menjadi salah satu daya tarik mengundang wisatawan.

Bukan hanya itu, kekayaan kuliner lokal juga ikut memberi inspirasi bagi para pengusaha untuk mengembangkannya di berbagai daerah. Misal saja mie Aceh dan kopi Gayo. “Kini keduanya banyak diperdagangkan hingga ke berbagai pelosok tanah air,” ujarnya.

Festival ini akan diselenggarakan di Taman Sulthanah Safiatuddin Park. Sebuah taman yang mewakili 23 daerah di Aceh dan disana pun terdapat 23 rumah adat yang mewakili tipe restoran aceh. Pengunjung akan merasakan semangat dan getaran dari tradisi Aceh.

Bersiaplah untuk memanjakan selera Anda dengan ribuan suguhan lezat dari 200 stan yang terdiri dari peserta lokal, nasional, dan internasional. Semua 23 kota dan kabupaten di Aceh akan menyajikan menu terbaik mereka yang menampilkan rasa khas Aceh: pedas. Anda juga dapat mencicipi beberapa masakan paling lezat dari berbagai negara termasuk Malaysia, Jepang, Thailand, Turki, dan Italia di festival ini.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here