INDONESIATRAVEL.NEWS– Tidak usah khawatir kedinginan saat melewati wilayah Wonosobo. Ragam kuliner dengan cita rasa terbaik dalam #PesonaMudik2018 dan #PesonaKulinerLebaran2018 siap menghangatkan pemudik. Dijamin para pemudik akan terkesan dengan keramahan kota ini.

“Selain alamnya, kuliner Wonosobo juga sangat nikmat. Banyak kuliner otentik di sini. Namanya juga unik dan sangat khas. Wonosobo ini memang destinasi wisata besar di Jawa Tengah. Di sini ada dataran Tinggi Dieng yang sangat terkenal,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Minggu (3/6).

Memberikan sensasi lain, masyarakat Wonosobo memang memberi label khas bagi kulinernya. Sebagai contohnya tempe kemul. Kuliner ini di daerah lain familiar sebagai gorengan tempe. Namun demikian, cita rasa tempe kemul sangat khas. Pas dan nikmat untuk dinikmati di udara sejuk Wonosobo. Menpar pun menambahkan, sentuhan khas selalu diberikan di kuliner Wonosobo.

“Selalu ada rasa yang berbeda dari kuliner Wonosobo. Cita rasanya selalu memberikan experience yang berbeda. Hal ini yang selalu membuat wisatawan penasan dan ingin menikmatinya lagi. Pokoknya saat berada di Wonosobo harus menikmati beragam kuliner top khas daerah ini,” lanjutnya.

Bila ada problem menemukan lokasinya, bisa menggunakan Waze atau Google Maps sebagai guidenya. Tinggal klik dari gawai, lalu pemudik akan diantarkan ke lokasi tujuan dengan rute tercepat. Berikut #Top10KulinerLebaran2018 di Kota Wonosobo versi TripAdvisor.

1. Mie Ongklok Longkrang

Kehangatan dan rasa juara siap disajikan Mie Ongklok Longkrang. Lokasinya berada di Jalan Pasukan Ronggolawe, Nomor 14, Wonosobo. Saking istimewanya, TripAdvisor pun memberikan pujian penuh. Sebanyak 31% responden memberi pujian luar biasa, lalu 50% sangat bagus. Pujian yang selaras dengan cita rasa dan aroma yang menggugah selera makan.

Disajikan khas, Mie Ongklok Longkrang direbus menggunakan racikan bumbu rempah khusus. Lalu, dikombinasi dengan kubis, potongan daun kucai, hingga diguyur kuah kental berkanji. Rasanya manis gurih. Menjadi teman pendamping, mie ini bisa dinikmati bersama gorengan atau sate sapi. Harga per porsinya murah hanya Rp7.500. Untuk minumannya disediakan purwoceng yang menghangatkan.

2. Mie Ongklok Muhadi

Menjadi menu khas dan identitas Wonosobo. Ada banyak ragam tawaran menarik kuliner mie ongklok. Menambah warna, tawaran pun diberikan oleh Mie Ongklok Muhadi. Lokasinya ada Jalan Jenderal A Yani, No. 1, Wonosobo. Menjadi rekomendasi TripAdvisor, pujian sempurna juga diberikan bagi Mie Ongklok Muhadi. Sebanyak 50% responden memberi label luar biasa dan 42% sangat bagus.

Mie Ongklok Muhadi bisa disajikan dengan sate ayam dan sate sapi. Di sini juga dikombinasikan dengan tumbukan lombok hijau yang nikmat. Tekstur mienya sangat halus, lalu kuahnya legit dan gurih. Rasanya menjadi lumer di mulut dengan kombinasi daging sate yang empuk. Konon, Mie Ongklok Muhadi ini sudah beroperasi dari tahun 1980-an.

3. Soto EDS

Kombinasi kuliner hangat dan menyegarkan terus dirilis Wonosobo. Kali ini rekomendasinya diberikan Soto EDS. Lokasinya berada di Jalan Jend. A Yani, Nomor 118, Wonosobo. Pujian maksimal juga ikut dilontarkan TripAdvisor. Sebanyak 63% responden sepakat memberi label luar biasa, lalu pujian sangat bagus sebanyak 25%. Semua sepakat menunjuk Soto EDS sebagai rekomendasi utama kuliner di sini.

Ada beberapa varian soto yang ditawarkan. Diantaranya soto ayam dan soto sapi. Rasanya jelas juara dengan komposisi racikan bumbu pas dan sempurna. Tekstur dangingnya juga halus. Rasanya semakin luar biasa karena kuahnya sangat gurih. Selain soto, di sini juga disajikan bakso daging sapi dan bakso ikan. Bagaimana soal harga? Harganya sangat ramah.

4. Asia Restaurant

Melengkapi koleksinya, kuliner cita rasa oriental juga disajikan Wonosobo. Tempaknya berada di Asia Restaurant. Lokasinya di Jalan Angkatan 45, Nomor 43, Wonosobo. Rasa yang ditawarkan sangat enak dengan harga ramah. Di sini juga tersedia beragam menu. Ada sup kepiting hingga gurame asam manis yang juara. Kepiting dan guramenya sangat fresh, lalu dibalur dengan bumbu rempah terbaik.

Selain itu, Asia Restaurant juga memiliki beragam jenis kuliner unggas. Ada ayam goreng dan burung dara goreng. Ayam gorengnya sangat khas dengan aroma wangi dan racikan bumbu terbaik. Lebih unik lagi, di sini juga tersedia bistik sapi dengan cita rasa yummy. Mereka juga menyediakan camilan seperti gorengan, kue mangkok, dan sagon khas Wonosobo.

5. Krishna Resto Garden

Suasana yang dibangun oleh Krishna Resto Garden ini luar biasa. Nuansa hijau tumbuhan demikian dominan sehingga menambah kesegaran. Nuansa taman ini bisa dijumpai Jalan Mayor Muin, Nomor 100, Wonosobo. Kombinasi ini pun semakin menyempurkan beragam kuliner yang disjaikan. Selain beragam, cita rasanya juga luar biasa nikmat.

Menegaskan nuansa Jawa, kuliner terbaik mulai dari aneka nasi goreng, sop, hingga mie pun disajikan. Nasi gorengnya sangat khas dengan nuansa Jawa yang kental. Beragam sop juga menawan dengan kuah gurih dan harum. Untuk mie, kuliner ini menjadi penyempurna nuansa hangat yang terus dibangun. Selain kuliner dan minuman paten, di sini juga disajikan live music.

6. White House Cafe

Suasana kekinian juga dimiliki Wonosobo. Konsep instagramable ini digulirkan oleh White House Cafe. Lokasinya berada di Jalan Sabak Alu, Nomor 121B, Alun-Alun Wonosobo. Menjadi representasi konsep kekinian, apresiasi pun diberikan TripAdvisor. Sebanyak 40% responden memberi label luar biasa, lalu 60% berlabel sangat bagus. Di sini juga disediakan WiFi gratis dengan speed tinggi.

Menggenapi suasana kekinian, kuliner yang ditawarkan juga sangat beragam. Rasanya yang ditawarkan juga juara. Harganya pun sangat ramah bagi kantong. Memberikan nuansa berbeda, aneka camilan dan minuman disajikan. Ada gorengan, purwoceng, olahan jamur, minuman carica, hingga kopo lokal dari Wonosobo yang melegenda.

7. Brother House

Wajah kekinian Wonosobo pun dikuatkan oleh Brother House. Konsepnya sangat instagramable dan menjadi rujukan nongkrong generasi zaman now. Lokasinya juga sangat sangat strategis karena berada di Jalan A Yani, Wonosobo. Mengedepankan konsep modernisasi, pujian diberikan TripAdvisor. Ada 29% pujian luar biasa, lalu 71% sanjungan sangat bagus.

Beragam kuniler modern dari mancanegara di tawarkan. Brother House ini menyajikan sandwich dan pizza. Cita rasa pizza yang ditawarkan sangat identik dengan negara asal. Namun demikian, mereka tetap menyediakan rasa lokal melalui mie ayam. Komposisi mie, bumbu, ayam, dan kuahnya luar biasa nikmatnya.

8. Oemah Juminten

Bila menginginkan masakan Jawa dengan nuansanya yang kental, maka Oemah Juminten tempatnya. Cita rasa dan sensasi yang ditawarkan luar biasa. Kuliner ang disajikan juga sangat beragam. Di sini yang unik adalah Mie Jawanya. Rasa dan tampilannya sangat unik. Mienya memiliki tekstur halus dan bumbu rempah yang menyertainya luar biasa.

Kenikmatan menyantap kuliner di Oemah Juminten pun semakin lengkap. Sebab, di sini juga ada live music yang bisa dinikmati setiap saat. Ornamen detail bangunannya yang khas menjadi sensasi lain dan sangat pas untuk banckground selfie. Biar tidak kehilangan momentum, segera langkahkan kaki menuju Jalan Mayor Kaslan, No. 39, Wonosobo.

9. Warung Api Selere Raja

Menikmati nuansa eksotis Dataran Tinggi Dieng dari sisi lain ditawarkan Warung Api Selere Raja. Di sini pengunjung bisa menikmati nature dan culture beserta cita rasa tinggi kulinernya sekaligus. Sebab, Warung Api Selere Raja berada di kompleks Candi Arjuna, Dieng Kulon.

Memiliki beragam kuliner sajian, namun yang paling banyaak dicari adalah mie ongklok. Kuliner ini pun disajikan sangat khas. Mie dan beragam isiannya juga kuahnya sangat unik dan sedikit berbeda dari tempat lainnya. Kehangatan mie ongklok ini pun semakin lengkap dengan minuman purwoceng.

10. Rumah Makan Dieng

Bukan hanya panoramanya yang sangat eksotis, kawasan Dataran Tinggi Dieng juga memiliki koleksi kuliner luar biasa. Tempatnya adalah Rumah Makan Dieng. Lokasinya berada di Jalan Raya Dieng Kulon, Wonosobo. Karena eksotis, TripAdvisor memberikan pujian paten. Sebanyak 50% responden memberikan suara luar biasa, 33% sangat bagus.

Berada di destinasi terbaik Dataran Tinggi Dieng, rumah makan ini menyajikan beragam kuliner dengan cita rasa juara. Ada ayam goreng yang sangat empuk dan gurih. Di sini juga tersedia beragam olahan lele dan daging sapi. Bagi pecinta nasi goreng, maka Rumah Makan Dieng memang menjadi venuenya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here