JAKARTA – Apa yang terlintas di pikiran kamu saat menyebut kabupaten Karawang? Peristiwa Rengasdengklok? Seratus buat kamu. Rengasdengklok itu ada di Karawang. Mungkin saja kalau kedua Proklamator kita nggak diboyong ke Rengasdengklok oleh para pemuda yang gagah berani itu, kita nggak bakal ngerayain kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus.

Tapi Rengasdengklok bukan satau-satunya yang bisa kamu temukan saat menghabiskan liburan #PesonaMudik2019 kamu di Karawang. Banyak spot wisata yang kece di kabupaten itu.

“Karawang menyimpan sejuta pesona. Wisata sejarahnya sudah kita tahu semua, yakni Rengasdengklok. Sementara wisata alamnya tak usah diragukan. Bnayak tempat menarik yang bisa Anda kungjungi,”ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Biar nggak penasaran sama ucapan Pak Menpar, berikut #Top10DestinasiLebaran2019 di Karawang. Kabupaten ini siap menyuguhkan #PesonaDestinasiLebaran2019 yang sayang kamu lewatkan.

1. Curug Cigentis

Curug Cigentis merupakan tempat wisata unggulan di Kabupaten Karawang. Lokasi Curug ini berada di bawah kaki Gunung Sanggabuana. Alam yang asri mengiringi perjalanan kamu menuju tempat ini. Butuh usaha ekstra menuju tempat ini. Itu karena hanya setapak sejauh 2 km untuk kamu lewati. Tapi lelahmu akan dibayar lunas ketika tiba di Curug Cigentis ini. Curug Cigentis terletak di Desa Mekarbuana, Kec. Tegalwaru berjarak sekitar 44 km dari pusat kota Karawang.

2. Candi Jiwa

Candi Jiwa terletak di kompleks percandian Batujaya, tepatnya di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat. Dimana Candi Jiwa merupakan salah satu candi Budha yang bahkan umurnya diprediksi lebih tua daripada Candi Borobudur di Magelang.

Selain Candi Jiwa yang berada di Kompleks ini, juga terdapat 46 titik candi-candi yang tersebar di area percandian Batujaya. Dan, juga ada kemungkinan bertambah lagi, karena masih ada penemuan-penemuan situs-situs baru di sekitar kompleks candi Batujaya. Karena masih ada beberapa candi yang diperkirakan terpendam didalam tanah.

Kebayangkah bertapa megahnya komplek candi ini pada masa lampau.

3. Curug Cikoleangkak

Curug Cikoleangkak merupakan curug yang berada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Curug atau air terjun ini berada sekira 42 km dari pusat kota Karawang.

Air Terjun Cikoleangkak memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Air terjun ini memiliki pemandangan luar biasa indah dan masih sangat asri. Bahkan curug ini masih menjadi wisata tersembunyi di Karawang.

Curug Cikoleangkak dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti kamar mandi, loket untuk karcis, jalan setapak yang mudah untuk dilalui. Selain itu objek wisata di Karawang ini dilengkapi dengan beraneka ragam rambu-rambu lalu lintas, kolam renang alam dan tempat sampah yang mudah ditemui disekitar Curug Cikoleangkak.

4. Monumen Kebulatan Tekad
Rengasdengklok

Masih terkait Peristiwa Rengasdengklok, di Karawang berdiri Monumen Kebulatan Tekad. Tugu ini bekas lokasi markas PETA yang ada di Kampung Bojong Tugu, Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Di belakang tugu ada dinding beton melengkung dengan relief yang menggambarkan peristiwa di sekitar Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

5. Green Canyon

Salah satu destinasi wisata di Karawang yang sedang ramai dibicarakan di media sosial saat ini adalah Green Canyon. Sebuah tempat wisata di Karawang yang keindahan dan keasriannya dapat memukau para pengunjung. Menjadikan salah satu tempat wisata alam Kabupaten Karawang ini ramai dikunjungi ketika libur akhir pekan.

Green Canyon Karawang berbentuk sebuah ngarai yang diapit bukit bebatuan dan rimbunnya pohon hijau alami, yang masih asri panoramanya, karena belum terlalu terekspos. Masuk ke area wisata ini dikenai tarif retribusi sebesar lima ribu rupiah untuk sepeda motor dan sepuluh ribu rupiah untuk mobil, sebagai pemasukan bagi desa setempat.

Untuk menuju lokasi wisata Green Canyon, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja, karena saat ini bias dikatakan tidak ada kendaraan umum dan hanya tersedia ojek dari pasar loji .

Lokasinya berada di berada di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

6. Vihara Shia Jin Ku Po

Vihara Sian Jin Ku Po adalah tempat ibadah umat Budha yang dibangun pada abad ke-17 Masehi. Bangunan yang didominasi warna merah dengan ornament khas ini masih digunakan sebagai tempat sembahyang sampai saat ini. Vihara ini dibangun oleh tiga orang perantau yang bernama Tsee, Kau, dan Lau. Banyak umat Budha dari dalam maupun luar Karawang mengunjungi vihara ini untuk sembahyang.

7. Pantai Tanjung Baru

Pantai ini berlokasi di teluk semenanjung antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Tepatnya di desa Pasir Jaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang.

Di kawasan pantai ini sudah tersedia Warung Makan Tradisional yang menyajikan Menu Ikan Bakar yang bisa dijumpai di disepanjang pantai, tersedia juga sebuah Panggung Hiburan, Pasar Tradisional serta Penginapan dengan fasilitas yang sederhana, tersedia juga penyewaan perahu tradisional dan juga sarana bilas air bersih setelah Anda merasa puas berenang di laut.

8. Danau Cipule

Danau ini merupakan bekas lahan tambang pasir yang berada di tepi Sungai Citarum. Terbentuknya danau ini karena proses tambang yang dilakukan secara terus-menerus sehingga membentuk sebuah cekungan besar. Luas danau ini sekitar 90 hektar dengan kedalaman 2 meter.

Keunikan dari Danau Cipule adalah adanya sebuah pulau seluas 2 kilometer di tengahnya. Pulau ini disebut dengan nama Pulau Cinta dan merupakan daya tarik setiap wisatawan untuk berkunjung ke danau cantik ini. Untuk dapat menikmati keindahan Pulau Cinta ini dapat dijangkau dengan naik perahu. Apabila debit air Danau Cipule sedang tinggi atau naik, maka Pulau Cinta tidak dapat dikunjungi karena tergenang air.

Tak hanya menikmati keindahan Pulau Cinta, di Danau Cipule ini kita juga bisa memancing ikan. Danau cantik ini kaya dengan keanekaragaman ikan yang dibudidayakan. Banyak pemancing yang datang tak hanya penduduk lokal tetapi untuk pemancing dari luar daerah pun dapat kita jumpai disini.

9. Puncak Sempur

Karawang ternyata punya satu destinasi hits, yang pemandangannya juara. Puncak Sempur, jadi lokasi yang pantang dilewatkan bila berkunjung ke Karawang.

Gunung ini terletak di Daerah Loji, Kabupaten Karawang. Rute yang ditempuh yaitu sekitar 1 jam dari Kota Karawang melewati jalur Badami menuju Pasar Loji. Sampai di pertigaan Pasar Loji akan ada papan petunjuk.

Lokasi ini sering dijadikan tempat camping ataupun acara gathering dan tentunya bagi Anda yang suka berselfie di atas puncak. Nah waktu yang tepat mengunjungi destinasi ini adalah pagi hari. Karena udara masih segar dan pemandangan jauh lebih asri.

10. Danau Kalimati

Obyek Wisata Danau kalimati di Walahar Kerawang Jawa Barat adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Danau Kalimati terbentuk dari aliran Kali Citarum yang mengalami perubahan arah, sehingga terjadi semacam bendungan yang kemudian menjadi danau.

Sambil menikmati panorama Danau Kalimati, pejalan bisa duduk mengisi perut di warung-warung makan sederhana yang menawarkan menu Sate Maranggi, bakso dan jenis-jenis makanan lainnya. Ada juga warung makan lesehan menghadap ke danau.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here