Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

www.INDONESIATRAVEL.NEWS//Martapura – Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) Provinsi Sumatera Selatan, sebagai PPIU Kegiatan Integrated Participatory Development And Management Of Irrigation Program (IPDMIP), menyelenggarakan Pelatihan Dasar Rantai Nilai Tahun Anggaran 2020. Kegiatan dilangsungkan di UPTD Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian [BPPP] Provinsi Sumatera Selatan di Martapura Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan, 14 – 17 September 2020.

Pelatihan Dasar Rantai Nilai IPDMIP Tahun Anggaran 2020 diikuti oleh peserta sebanyak 78 orang yang terdiri dari unsur Bappeda, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Staf Lapangan yang dibiayai IPDMIP dari 7 Kabupaten.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pelatihan bagus untuk meningkatkan pengetahuan petani dan penyuluh.

“Kita meminta petani dan penyuluh mengikuti kegiatan ini dengan baik. Karena, salah satu tujuan dari IPDMIP adalah meningkatkan kesejahteraan petani,” katanya.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan tim Rantai Nilai.

“Utamanya tim di Kabupaten dalam melakukan kegiatan pemetaan awal rantai nilai dan workshop validasi rantai nilai,” terang Dedi.

Pelatihan dasar rantai nilai (Basic value chain facilitation training) diselenggarakan oleh PPIU dibantu oleh tim yang terdiri dari konsultan spesialis Rantai Nilai (Value Chain specialist), praktisi dan widyaiswara. Metode pelatihan yang digunakan ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan praktek lapang dengan tetap menjaga Kesehatan dan mematuhi protocol kesehatan (menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan).

Konsultan Rantai Nilai dalam pelatihan ini adalah David Rendall konsultan internasional rantai nilai, kemudian Alimin Yahya konsultan nasional pelatihan IPDMIP, Benny Sullivan Tenaga Ahli Rantai Nilai IPDMIP regional 2 dan Sri Sumaryani, Tanaga Ahli Keuangan Pedesaan IPDMIP regional 2 sebagai narasumber.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Selatan Antoni Alam, mengapresiasi pelaksanaan pelatihan dasar rantai nilai IPDMIP dan mengharapkan dengan mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan tim rantai nilai tingkat kabupaten dan dapat memberikan pemikiran yang cerdas guna mengoptimalkan kinerja penyuluhan dalam mendukung pembangunan pertanian di Provinsi Sumatera Selatan. 14/09/2020. (Dedi/PF/EZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here