www.INDONESIATRAVEL.NEWS//LAMONGAN – Kabupaten Lamongan menjadi salah satu daerah yang paling siap menggelar Sekolah Lapang IPDMIP tahun 2021. Sebanyak 12 pertemuan akan dilakukan untuk memaksimalkan SL IPDMIP 2021.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, SL IPDMIP akan memuat petani menjadi mandiri.

“Sebab, salah satu tujuan SL IPDMIP adalah membangun kemandirian petani dalam pengelolaan proses pembelajaran dari oleh dan untuk petani,” katanya.

Mentan SYL menambahkan, SL IPDMIP akan memberikan banyak pengetahuan untuk petani.

“Ambil dan serap pengetahuan tersebut dan terapkan di lapangan. Sehingga produksi pertanian bisa berjalan maksimal,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, menyambut baik kesiapan Lamongan yang telah menyusun rencana kegiatan Sekolah Lapang IPDMIP 2021.

“Kesiapan Lamongan harus diapresiasi. Karena, tujuan sekolah lapang adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melakukan kegiatan budidaya dan pengelolaan usaha tani,” tutur Dedi Nursyamsi.

Dalam rencana yang dibuat di Lamongan, pelaksanaan sekolah lapang dilakukan dalam satu siklus yaitu pada siklus musim penghujan dan musim kemarau.

“Setiap siklus sekolah lapang dilaksanakan selama 12 kali pertemuan dengan setiap pertemuan dilaksanakan selama setengah hari. Sekolah lapang dilaksanakan di lahan usahatani petani penerima manfaat proyek,” terangnya.

Dedi menjelaskan, pelaksanaan pertemuan pembelajaran SL sebanyak 12 kali untuk setiap siklus SL, baik pada musim penghujan maupun musim kemarau.

metode yang digunakan untuk Sekolah Lapang IPDMIP di Lamongan adalah identifikasi masalah dan kendala yang dihadapi para petani dalam pengelolaan usaha tani

“Penetapan materi pembelajaran SL secara partisipatif antara pemandu dan petani penerima manfaat proyek. Mencakup materi-materi yang relevan dalam satu siklus budidaya padi mulai dari persiapan tanam sampai pasca panen bila memungkinkan baik aspek teknis pembiayaan pengelolaan air dan pasca panen,” kata Dedi Nursyamsi.

Menurutnya, Sekolah Lapang dilaksanakan pada tahun 2021 dari durasi proyek yaitu MP dan MK pada bulan Januari sampai dengan Desember 2021.(EZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here